Jenis Jenis Bioteknologi, Pengertian, dan Penjelasannya

Jenis Jenis Bioteknologi, Pengertian, dan Penjelasannya

Loading...

Jenis Jenis Bioteknologi, Pengertian, dan Penjelasannya – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Materi biologi, khususnya mengenai Bioteknologi. Nah Pada artikel ini akan di bahas mengenai Pengertian Bioteknologi, Jenis-Jenis Bioteknologi, dan Dampak Bioteknologi bagi kehidupan manusia, Baiklah dari pada sobat penasaran, alangkah lebih baik jika sekarang kita langsung saja ke materi pembahasannya di bawah ini.

Apa itu bioteknologi?

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.

Contoh Penerapan Bioteknologi

Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh, di bidang teknologi pangan adalah pembuatan tempe, roti, maupun keju yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian, serta pemuliaan dan reproduksi hewan.

Di bidang medis, penerapan bioteknologi pada masa lalu dibuktikan antara lain dengan penemuan vaksin, antibiotik, dan insulin walaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat proses fermentasi yang tidak sempurna. Perubahan signifikan terjadi setelah penemuan bioreaktor oleh Louis Pasteur. Dengan alat ini, produksi antibiotik maupun vaksin dapat dilakukan secara massal.

Jenis jenis bioteknologi

Jika kita berbicara mengenai jenis-jenis dari Bioteknologi ini, maka kita akan menemukan beberapa jenis atau macam yang bisa kita pelajari. Nah, setelah mengetahui pengertian bioteknologi dan sedikit sejarahnya, kita akan membahas tentang jenis-jenis bioteknologi dan berikut ini adalah beberapa jenis bioteknologi antara lain:

  • Bioteknologi konvensional, pemanfaatan makhluk hidup untuk dikembangkan demi kemajuan hidup manusia
  • Bioteknologi modern, cabang ilmu yang sudah menggunakan alat-alat modern dalam pengaplikasiannya
  • Bioteknologi pertanian, cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai kejadian di sekitar pertanian
  • Bioteknologi pangan, akan mengajarkan kita mengenai beberapa hal yang sudah maju dan berguna dalam dunia pangan

Berbicara mengenai bioteknologi, pastinya tidak akan lepas dari beberapa hasil yang sudah dihasilkan yang melalui hasil itu sudah menjadi kemajuan pesat. Ada banyak orang yang sudah memanfaatkan hasil ini demi kelangsungan hidup mereka.

Pada prinsipnya, bioteknologi mengandalkan beberapa makhluk hidup yang memang masih sangat awam bagi kita seperti jaringan, sel, DNA dan juga bakteri. Ini akan sangat bisa dimanfaatkan jika kita mengetahui secara pasti memanfaatkannya. Dan, hasil dari bioteknologi ini, yang sangat dekat dengan kita adalah, kita akan melihat bagaimana dampak positifnya bagi kehidupan kita.

Dampak positif Bioteknologi

Berbicara mengenai sebuah teknologi baru ini, pastinya akan ada dampak yang bisa Anda rasakan dari teknologi ini. Sama halnya seperti bioteknologi yang juga memiliki dampak positif bagi kehidupan kita. Berikut ini adalah dampak positif yang bisa dirasakan antara lain:

  • Bisa membantu manusia untuk menemukan bahan pangan baru.
  • Bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang penyembuhannya menggunakan bakteri.
  • Menghilangkan beberapa racun yang ada pada tubuh kita.

Dengan adanya manfaat positif bagi penggunanya ini maka kita bisa merasakan hal yang berbeda dengan sebelumnya. Kita bisa merasakan bahwa ilmu alam bisa menjadi sebuah ilmu yang akan sangat membantu dan juga memberikan kita pelajaran yang baik dalam kehidupan. Pelajaran yang memajukan pemikiran dan berdampak baik dalam kehidupan kita.

Demikianlah bahasan sederhana kami mengenai jenis jenis bioteknologi, pengertian, dan penjelasannya. Semoga bisa diambil manfaatnya. Sampai jumpa lagi dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan