IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 “Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia”

Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 “Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 dengan kajian tentang Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia. Tuhan menciptakan beragam jenis tumbuhan.

Tumbuhan bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan. Manfaat tumbuhan di antaranya sebagai sumber makanan, bahan baku industri, peralatan rumah tangga, bahan pakaian, pewarna alami, dan kesehatan.

Dapatkah kamu bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di sekitar kita? Misalnya pohon cemar. Pernahkah kalian melihat pohon cemara?

Cemara memiliki banyak manfaat bagi manusia. Salah satunya kayu cemara digunakan untuk membuat perabot rumah tangga.

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan tujuan tertentu. Setiap makhluk hidup bermanfaat untuk makhluk hidup lainnya. Tumbuhan bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Indonesia Kaya Akan Tumbuhan

Tuhan menciptakan banyak tumbuhan. Kita harus mensyukuri anugerah yang diberikan Tuhan. Semuanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.

Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan. Ada berbagai jenis sayuran, buah, tanaman obat, dan tanaman hias.

Tanaman hias terdiri dari berbagai jenis tanaman berbunga maupun tanaman tidak berbunga. Tanaman hias dimanfaatkan untuk penghias taman-taman, rumah, kantor, dan tempat umum.

Penggolongan Tumbuhan

Jenis tumbuhan di bumi ini bermacam-macam. Agar lebih mudah mempelajarinya, maka tumbuhan sebagaimana hewan, perlu untuk digolongkan.

Penggolongan tersebut berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki tumbuhan. Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan bentuk daun, bentuk batang, dan warna bunga.

1. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Daun

Daun merupakan salah satu bagian terpenting dari tumbuhan. Letaknya di bagian atas tumbuhan serta berfungsi menghasilkan zat makanan dan sebagai alat pernapasan.

Berdasarkan bentuk daunnya, tumbuhan dapat dibedakan menjadi beberapa golongan, sebagai berikut.

  1. Menyirip, antara lain, daun mangga, daun jambu, daun nangka, dan daun jati.
  2. Melengkung, antara lain, daun waru, daun sirih, daun telinga gajah, daun genjer, dan daun gading.
  3. Menjari, antara lain, daun pepaya, daun kapuk randu, daun singkong, dan daun jarak.
  4. Sejajar, antara lain, daun tebu, daun jagung, daun padi, daun pandan, dan daun nanas.

^p

2. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Batang

Batang pada umumnya berdiri tegak di atas tanah. Namun, batang ada yang melilit, ada yang merambat, ada juga yang tumbuhnya mendatar di atas tanah.

Batang berfungsi sebagai tempat tumbuh tunas, daun, bunga, dan buah; serta sebagai pengangkut air dan zat-zat mineral dari akar ke daun. Selain itu, batang pada beberapa tumbuhan tertentu juga berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan cadangan. Misalnya, batang tumbuhan tebu.

Berdasarkan jenis batangnya, tumbuhan dapat digolongkan, sebagai berikut.

  1. Tumbuhan Berbatang Rumput. Tumbuhan dikatakan berbatang rumput bila batangnya mempunyai ruas-ruas yang nyata dan biasanya berongga. Misalnya, tumbuhan padi dan jagung.
  2. Tumbuhan Berbatang Basah. Tumbuhan berbatang basah memiliki batang yang lunak dan berair. Misalnya, tumbuhan bayam dan pacar cina.
  3. Tumbuhan Berbatang Kayu. Tumbuhan berbatang kayu memiliki batang yang keras dan berkayu. Misalnya, pohon mangga dan jeruk.

3. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Warna Bunga

Bagian tumbuhan yang sangat menarik adalah bunga. Bunga mempunyai warna yang beraneka ragam. Ada yang putih, merah, kuning, ungu, dan bahkan ada juga yang berwarna hijau seperti warna daun.

  1. Kuning, antara lain, bunga mawar, bunga matahari, dan bunga kenanga.
  2. Hijau, antara lain, bunga anggrek, bunga bugenvil, bunga pacar, dan bunga aster.
  3. Putih, antara lain, bunga melati, bunga mawar, bunga iris, bunga kantil, bunga kol, bunga pepaya, bunga tebu, bunga jambu, bunga teratai putih, dan bunga jeruk.
  4. Merah, antara lain, bunga mawar, bunga sepatu, bunga belimbing, dan bunga flamboyan.
  5. Ungu, antara lain, bunga pisang, bunga mangga, bunga kedondong, dan bunga violet.

Video Pembelajaran Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 “Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 tentang Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 “Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 tentang Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d8049a1a1cf9a001be97601/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 “Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia”

Demikianlah modul BDR Online IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 tentang Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan