Tips Membersihkan Sayuran Dari Ulat

Tips Membersihkan Sayuran Dari Ulat

Loading...

Tips Membersihkan Sayuran Dari Ulat – Masa Pandemi Corona memang menjadi momok menakutkan sepanjang tahun ini. Banyak orang di seluruh dunia sudah terinfeksi virus ini, jumlahnya puluhan juta. Untuk itulah kita sangat perlu membekali diri dengan asupan gizi yang baik dengan makan makanan sehat yang cukup. Salah satu sumbernya adalah berasal dari sayur-sayuran.

Sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, sawi dan semacamnya sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh saat menghadapi berbagai virus dan penyakit. Namun ada satu masalah yang membuat orang jadi ragu memakan sayur. Terkadang dalam sayuran terdapat ulat. Biasanya ulat ini tersembunyi di dalam batang serta disela-sela dedaunan sehingga sulit untuk dilihat.

Sulitnya lagi sering kita temui ulat sudah dalam keadaan mati ketika sayuran berada dalam genggaman kita, jadi kita lebih sulit mengetahuinya karena tidak ada pergerakan. Dan sebagian besar ulat punya warna yang hampir sama dengan makanannya seperti warna hijau atau putih kekuningan.

Nah, ada beberapa cara yang ternyata efektif untuk membuat sayuran bersih dari ulat. Dengan mengikuti langkah berikut ini, kita bisa membersihkan sayuran dari ulat lebih cepat dan mudah:

Mencuci Sayur Dengan Air Mengalir

Tips paling aman dalam membasmi ulat pada sayuran adalah dengan membersihkannya dengan air mengalir. Dengan menggunakan air mengalir, kotoran dan hewan-hewan hama seperti ulat bisa hilang dari bagian sayur. Jangan membersihkan sayuran dengan cara direndam, ini tidak akan efektif membersihkan sela-sela bagian sayur.

Perhatikan kebersihan sayur terutama yang mempunyai rongga yang besar, karena rawan dijadikan tempat berkembang biak ulat. Memang perlu sedikit kesabaran dan ketelitian.

Bersihkan rongga sayuran

Sayuran seperti brokoli, kangkung, kembang kol sangat disukai ulat dalam menyimpan telurnya. Sifat tumbuhannya yang Berongga membuat ulat suka menyimpan telurnya pada sayuran tersebut.

Maka dari itu sebelum mengonsumsinya, kita bisa membersihkannya secara teliti pada bagian rongga-rongga karena bagian ini memang terkenal sulit dijangkau. Kalau perlu gunakan cream pencuci sayuran agar sayur lebih higienis.

Cuci Sayuran dengan air garam

Bila tak sempat mencuci sayuran di air mengalir kita bisa merendamnya pada air garam. Air garam sangat ampuh untuk melepaskan ulat dari sayuran. Air garam bersifat pekat dan akan bereaksi bila terkena ulat.

Garam bisa menyerap kelembaban ulat dan mengganggu metabolismenya, jika terlalu lama ulat akan segera mati. Rendam sayuran dengan air garam dalam beberapa menit. Kotoran serta ulat akan mengambang pada permukaan air.

Jangan lupa untuk membilasnya di air mengalir untuk hasil maksimal. Juga agar sayuran tidak terasa terlalu asin bila garam terlalu banyak.

Rendam sayuran dengan backing soda

Backing soda bukan hanya dikenal sebagai bahan pengembang makanan. Backing soda juga bisa digunakan untuk membersihkan sayuran dari ulat. Sifatnya yang melarutkan membuat kotoran dan hewan pada sayuran segera terangkat.

Backing soda mampu membersihkan pada bagian-bagian yang sulit dijangkau bahkan mampu meresap hingga bagian dalam sayuran. Sediakan dua sampai 3 sendok backing soda pada baskom, kemudian rendam sayuran, tunggu beberapa menit hingga kotoran larut di permukaan, terakhir bilas sayuran dengan air mengalir.

Membersihkan sayur dengan air cuka

Bahan terakhir yang bisa gunakan untuk membersihkan sayur dari ulat adalah memakai air cuka. Air cuka mampu mengeluarkan ulat serta membersihkan sayuran dari pestisida beracun.

Untuk caranya ambil 2 – 3 sendok air cuka ke dalam baskom, masukan sayuran dan tunggu beberapa menit, terakhir bilas sayuran dengan air mengalir.

Begitulah beberapa tips dari kami tentang cara membersihkan sayuran dari ulat. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan