Macam Macam Garam Mineral Dalam Tubuh

Macam Macam Garam Mineral Dalam Tubuh

Loading...

Yang akan kita bahas di tulisan ini adalah Jenis Jenis atau Macam Macam Garam Mineral yang ada di dalam tubuh manusia, apa saja sih jenis jenis garam yang ada di dalam tubuh itu, nah untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita langsung saja membahasnya di tulisan ini.

Garam mineral di perlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit, di dalam saluran pencernaan, garam mineral tidak mengalami proses pencernaan, baik secara kimiawi maupun secara mekanik. karena dia mudah larut maka garam mineral mudah di serap oleh sel-sel jonjot usus.

Garam mineral di perlukan oleh tubuh, Baik secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan antar unsur. Bila kekurangan unsur-unsur yang penting maka tubuh akan mengalami gangguan yang di sebut penyakit difisiensi. Banyak unsur yang di perlukan tubuh manusia. namun secara garis besarnya dapat di bedakan menjadi dua yakni, Makroelemen dan Mikroelemen.

Makroelemen adalah unsur-unsur yang di perlukan tubuh manusia dalam jumlah besar. Misalnya Natrium (Na), Kalsium (Ca), Kalium (K), Fosfor (P), Magnesium (Mg), Klor (CI), dan Belerang (S). Na, K, Ca, dan Mg, bersifat alkali, sedangkan P, CI, dan S bersifat asam.

Sedangkan Mikroelemen adalah unsur-unsur yang di perlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit, misalnya saja, Mangan, Kromium, kobalt, molebdium, dan selenium.

Jenis Jenis Garam Mineral dalam Tubuh

Berikut ini Macam Macam Garam Mineral dalam Tubuh manusia, berserta pengertian secara singkatnya.

  1. Zat Kapur atau Kalsium (Ca). Zat kapur di peroleh dari makanan, zat ini di timbun dalam tulang, khususnya tulang spon. Bahan pangan mengandung banyak zat kapur adalah susu, keju, kuning telur, mentega, udang, kerang, biji-bijian dan sayur-sayuran.
  2. Fosfor (P). Kadar Fosfor dalam darah diatur oleh kelenjar anak gondok atau parathormon. Keperluan zat fosfor dalam tubuh adalah 1 mg setiap hari. Bahan makanan yang merupakan sumber fosfor adalah ikan, jagung, dan kacang-kacangan.
  3. Zat Besi atau Ferum (Fe). Setiap hari tubuh memerlukan 15-30 mg zat besi, bahan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah sayur-sayuran, buah-buahan, sercalia, kentang, daging, susu dan kuning telur. Penyerapan zat besi oleh sel-sel jonjrot usus di permudah oleh asam klorida dalam lambung, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.
  4. Flour (F). Flour Berperan penting dalam Menguatkan gigi.
  5. Youdium (I). Yodium merupakan komponen penyusun hormon Trioksin. Membantu fungsi kelenjar tiroid. Kekurangan zat ini akan memberikan beberapa gangguan fungsi organ tubuh.
  6. Natrium (Na). Kekurangan unsur natrium dalam tubuh akan mengakibatkan turunnya nilai osmotik cairan eksternal, akibatnya regulasi cairan tubuh akan terganggu sehingga suhu tubuh akan meningkat, gangguan pada jantung dan ginjal.
  7. Klor (CI). Klor merupakan komponen penting untuk membentuk HCI (asam Klorida).
  8. Kalium (K). Kekurangan zat K dapat mengakibatkan gangguan pernapasan, kelemahan otot, dan denyut jantung tidak normal.
  9. Zat Belerang (S). Belerang atau sulfur (S) banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, telur, daging, susu, keju, dan makanan mengandung protein.
  10. Unsur Magnesium (Mg). Unsur ini banyak terdapat pada tumbuhan padi-padian, serealia, daging, dan susu.
  11. Unsur Seng (Zn). Unsur seng banyak terdapat pada makanan yang berasal dari laut, hati, daging, telur, susu dan biji gandum.
  12. Unsur Tembaga (Cu). Zat ini banyak terdapat pada kacang, padi-padian, polong, kerang, ginjal, dan hati.

Demikianlah bahasan sederhana kami mengenai jenis jenis atau macam macam garam mineral yang diperlukan oleh tubuh. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan selamat belajar, sehat selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan