Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 “Manfaat Hewan dan Tumbuhan”

Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 “Manfaat Hewan dan Tumbuhan”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 dengan kajian tentang Manfaat Hewan dan Tumbuhan. Kelestarian tumbuhan dan hewan sangat penting karena berguna bagi kehidupan manusia.

Salah satu contoh tumbuhan yang bermanfaat adalah beluntas. Beluntas adalah tumbuhan semak. Tumbuhan ini bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu banyak.

Beluntas dapat tumbuh di daerah kering, tanah keras, dan berbatu. Tingginya bisa mencapai tiga meter.

Dengan habitat dan ciri fisiknya tersebut, beluntas banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Banyak rumah-rumah menggunakan beluntas sebagai pagar hidup. Daun beluntas juga bisa dimasak untuk dimakan atau dibuat untuk obat herbal.

Contoh lain misalnya adalah tutut. Keong sawah atau tutut hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur. Keong sawah banyak hidup di sawah, rawa-rawa, pinggir danau, dan pinggir sungai kecil.

Keong sawah berguna untuk membersihkan lumut di kolam ikan. Keong membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air.

Berikut ini rangkuman IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 dengan kajian tentang Manfaat Hewan dan Tumbuhan selengkapnya.

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan

Berikut ini adalah beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan

  1. Bahan makanan. Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah batang, daun, bunga, buah, dan biji.
  2. Bahan sandang. Serat kapas dapat dimanfaatkan untuk membuat kain katun.
  3. Bahan bangunan. Kayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan untuk bahan bangunan.
  4. Bahan obat. Banyak tanaman dimanfaatkan untuk obat.
  5. Jahe untuk mengobati batuk.
  6. Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal.
  7. Daun jambu biji untuk mengobati diare.
  8. Bahan baku industri. Industri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan manusia.
  9. Getah karet digunakan dalam pembuatan ban.
  10. Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat.
  11. Kayu pinus digunakan dalam industri kertas.
  12. Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.
  13. Bahan pewarna alami. Tanaman dapat digunakan sebagai pewarna: sawi dan pandan untuk warna hijau, wortel pewarna jingga, dan kunyit pewarna kuning.
  14. Menjaga kualitas air. Tanaman bakau menjadi penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.

Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan

Berikut ini adalah beberapa manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan

  1. Penghasil bahan pangan. Manusia memanfaatkan hewan untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.
  2. Penghasil bahan sandang. Hewan memiliki manfaat terkait kebutuhan sandang, seperti kain sutra yang berasal dari serat kepompong ulat sutra. Domba dapat menghasilkan wol. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.
  3. Penghasil bahan kerajinan. Kulit sapi dan kerbau dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan wayang kulit. Selain itu, bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok.
  4. Penghasil pupuk organik. Kotoran berbagai jenis hewan, seperti sapi dan kambing dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan.
  5. Penghasil tenaga. Tenaga gajah dimanfaatkan untuk mengangkut kayu. Tenaga kuda dimanfaatkan untuk menarik delman. Tenaga kerbau dimanfaatkan untuk membajak sawah.

Jenis Hewan yang Diburu Manusia

Banyak jenis hewan yang diburu dan dibunuh manusia dengan berbagai alasan. Ada yang diburu untuk diambil dagingnya, tetapi ada juga hewan yang diburu hanya diambil bagian-bagian tertentu.

Walaupun hanya mengambil bagian tubuh tertentu, terpaksa manusia harus membunuh hewan tersebut, atau mungkin pengambilan bagian tubuh tersebut berakibat pada penderitaan hewan sehingga mati.

Badak bercula satu, hanya diambil culanya untuk bahan obat-obatan. Pada saat cula badak tersebut diambil berarti badak tersebut dibunuh atau di bius dahulu supaya tidak sadar. Hal ini berlangsung terus menerus sehingga keberadaan badak semakin langka. Padahal kemampuan berkembang biak badak tersebut sangat rendah. Belum tentu setahun sekali beranak.

Begitu juga dengan gajah. Hewan ini diburu bukan untuk diambil dagingnya tetapi hanya diambil gadingnya. Orang mengambil gading gajah harus membius gajah tersebut atau menembak sampai mati.

Masih banyak lagi hewan-hewan yang diburu manusia hanya diambil bagian-bagian tubuhnya. Selain gajah dan badak, beberapa jenis ular dan buaya sering diburu untuk diambil kulitnya.

Kulit hewan tersebut digunakan untuk membuat tas, ikat pinggang, sepatu. Di negara-negara Afrika, orang memburu hewan buas seperti harimau untuk diambil kulitnya. Kulit hewan ini digunakan untuk membuat mantel atau selimut.

Jenis Tumbuhan yang Dimanfaatkan Manusia

Banyak jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia. Selain sebagai sumber penghasil makanan dan oksigen, tumbuhan juga dimanfaatkan manusia untuk bahan bangunan, bahan obat, meja, kursi, almari dan peralatan rumah tangga lain.

Bila pengambilan tumbuhan tersebut tidak terkendali maka tumbuhan tertentu akan mengalami kelangkaan dan akhirnya punah.

Tumbuhan yang sering digunakan oleh manusia sehingga mengarah pada pemusnahan jenis tumbuhan tertentu, contohnya adalah pohon jati dan pohon cendana.

Pohon jati memiliki tekstur kayu yang sangat bagus sehingga sangat disukai untuk pembuatan mebel. Sedangkan kayu cendana memiliki kelebihan karena dapat mengeluarkan bau yang sangat harum. Sehingga orang banyak menggunakannya untuk pigura, kipas, hiasan dinding atau untuk bahan baku pembuatan sabun dan minyak wangi.

Karena kedua tumbuhan tersebut banyak diburu maka jumlahnya di alam semakin sedikit. Lama kelamaan bila tidak dikendalikan maka akan musnah.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 “Manfaat Hewan dan Tumbuhan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 tentang Manfaat Hewan dan Tumbuhan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 “Manfaat Hewan dan Tumbuhan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 tentang Manfaat Hewan dan Tumbuhan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d8049a1a1cf9a001be97601/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 “Manfaat Hewan dan Tumbuhan”

Demikianlah modul online pembelajaran individu Materi IPA Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 tentang Manfaat Hewan dan Tumbuhan yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan di mana saja dan kapan saja (maglearning.id).

Loading...

2 comments

Tinggalkan Balasan