Prospek Kerja Kuliah Jurusan Hukum

5 Prospek Kerja Kuliah Jurusan Hukum

Loading...

5 Prospek Kerja Kuliah Jurusan Hukum – Jurusan Hukum bisa menjadi pilihan study kuliah lho. Peluangnya tidak cuma jadi pengacara saja. Lulusan jurusan ini juga punya peluang besar berkarir di bidang yang lain. Setiap tahunnya, jurusan hukum juga banyak peminatnya.

Faktor bayaran yang tinggi serta peluang yang luas, menjadi alasan kenapa banyak calon mahasiswa berlomba-lomba masuk jurusan hukum. Jadi teman-teman harus menyiapkan diri sebaik mungkin, agar bisa diterima pada jurusan ini.

Berikut ini adalah prospek kerja lulusan mahasiswa yang kuliah jurusan hukum:

Hakim

Yang pasti seorang lulusan hukum memiliki kompetensi tuk jadi hakim. Hakim adalah orang yang memimpin jalannya persidangan dan menjadi orang terakhir yang menjatuhkan keputusan dari sidang tersebut. Hakim merupakan profesi terpandang, memiliki penghasilan besar dan dihormati orang banyak.

Namun jalan untuk menjadi hakim tidak mudah. Hakim harus memiliki budi pekerti yang baik, berkredibilitas dan profesional. Tugas hakim juga tidak mudah karena harus memutuskan kasus. Bukan hanya bertanggungjawab pada manusia tapi juga pada Tuhan.

Jaksa

Jika kamu bercita-cita jadi jaksa, pilihan kuliah di jurusan hukum adalah tepat. Jaksa dan pengacara sebenarnya memiliki tugas yang sama. Yang membedakan adalah statusnya, jaksa merupakan aparatur sipil negara dan diangkat oleh pemerintah sementara pengacara berkerja secara swasta.

Peran jaksa dalam persidangan pidana adalah pelaksana putusan pengadilan, sementara pada persidangan perdata bisa mewakili Lembaga dalam menghadapi sebuah kasus. Jaksa juga bisa mewakili seseorang yang tidak mampu membayar pengacara. Tentunya menjadi jaksa harus mengikuti berbagai Seleksi, mengingat tugas yang diberikan sangat besar.

Pengacara

Ada banyak sekali lulusan hukum yang terjun jadi pengacara, salah satunya Hotman Paris Hutapea dan Oc Kaligis. Pengacara bisa bekerja secara mandiri atau tergabung dengan lembaga hukum. Pengacara mempunyai kewenangan untuk memberikan jasa konsultasi hukum.

Dalam persidangan, pengacara juga berhak mewakili kuasa clientnya. Pengacara bisa memberi pandangan, mencari dokumen pendukung untuk membantu clientnya menempuh jalur hukum.

Notaris

Bercita-cita jadi Notaris ? Pilihlah jurusan hukum dan lanjutkan hingga jenjang magister dengan mengambil konsentrasi “kenotariatan” . Profesi ini lebih fleksibel bila dibanding profesi hukum lainnya. Kamu bisa membuka kantormu sendiri tanpa terikat Lembaga hukum.

Tugas utama notaris adalah mengurus pembuatan dokumen seperti akta perjanjian dengan ketetapan hukum yang berlaku. Notaris akan melakukan pembuatan hingga menyimpan kutipan akta.

Staf Korporasi

Seorang lulusan ilmu hukum juga bisa bekerja di perusahaan dengan menjadi staf korporasi. Profesi ini sangat diperlukan karena perusahaan memerlukan seseorang yang paham hukum.

Staff corporate memiliki wewenang Mengurusi aset perusahaan, membuat surat perjanjian, dan mengelola dokumen-dokumen penting lainnya. Peluang jadi staff corporate ini juga cukup luas. Bisa berkerja di rumah sakit, bank hingga instansi pemerintahan.

Staf Bank

Selain menjadi tenaga ahli hukum perusahaan wisudawan lulusan ilmu hukum juga sangat berpeluang menjadi staf perbankan. Perbankan nasional maupun internasional sangat memerlukan keahlian staf lulusan bidang hukum. Banyak sekali bidang kerja yang memerlukan sentuhannya. Misalnya untuk urusan kerja sama, perjanjian, keamanan investasi dan lain sebagainya.

Sekian dulu bahasan kami tentang prospek kerja lulusan kuliah jurusan ilmu hukum yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di lain bahasan. Terimakasih….. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan