Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 “Penemu yang Mengubah Dunia”

Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 “Penemu yang Mengubah Dunia

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 dengan kajian tentang para penemu yang telah berhasil mengubah dunia melalui temuan-temuan yang bermanfaat. Yuk kita mulai…

Michael Faraday Penemu Listrik

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris.

Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus. Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik.

Arus listrik di rumah kita dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel.

James Naismith penemu olahraga bola basket

James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket.

Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin.

Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu Pijar

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah.

Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan.

Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.

Mari kita lanjutkan materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 “Penemu yang Mengubah Dunia” dengan materi ilmu pengetahuan alam, khususnya tentang listrik.

Listrik Statis

Listrik sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupannya. Secara garis besar, energi listrik dibedakan menjadi dua, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Kedua jenis listrik tersebut menghasilkan energi listrik. Energi listrik dihasilkan oleh sumber energi listrik.

Setiap benda mempunyai ribuan muatan listrik. Muatan listrik ada dua macam, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron).

Benda dengan jumlah proton dan elektron sama disebut benda netral. Ada pula benda bermuatan positif maupun bermuatan negatif. Benda bermuatan positif jika jumlah proton lebih banyak daripada elektron. Benda bermuatan negatif jika jumlah elektron lebih banyak daripada proton.

Ketika kalian menggosokkan penggaris ke rambut. Sejumlah elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya, jumlah elektron pada penggaris bertambah. Penggaris menjadi bermuatan negatif.

Perbedaan jumlah muatan pada penggaris ini menimbulkan gejala kelistrikan. Muatan pada penggaris bersifat diam (statis). Karenanya, gejala kelistrikan yang terjadi disebut listrik statis. Gejala listrik statis inilah yang menyebabkan rambut tertarik ke penggaris. Begitu pula dengan serpihan kertas.

Bagaimana jika dua benda bermuatan saling didekatkan? Ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu tarik-menarik atau tolak-menolak.

  1. bila dua benda bermuatan senama saling didekatkan. Hasilnya, kedua benda tolak-menolak.
  2. bila dua benda bermuatan tidak senama saling didekatkan. Hasilnya, kedua benda tarik-menarik.

Listrik Dinamis dan Rangkaian Listrik

Kalian tentu sering menyalakan dan mematikan lampu listrik di rumah. Mengapa lampu bisa menyala dan juga bisa kita matikan menggunakan saklar? Karena saklar itu adalah terminal penghubung dan pemutus arus listrik di rumah kita dengan lampu.

Lampu menyala karena adanya aliran elektron. Elektron mengalir berarti elektron tersebut dapat bergerak, dengan demikian dinamakan listrik dinamis.

Dalam rangkaian listrik dikenal adanya rangkaian seri dan rangkaian paralel. Apa itu rangkaian seri dan paralel.

Rangkaian seri merupakan rangkaian listrik yang hambatannya disusun secara bersebelahan/sejajar. Contohnya, rangkaian pada gambar berikut:

Rangkaian seri merupakan rangkaian listrik yang hambatannya disusun secara bersebelahan/sejajar.

Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang hambatannya disusun secara bertingkat/bercabang. Perhatikan gambar berikut:

Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang hambatannya disusun secara bertingkat/bercabang.

Untuk penjelasan lebih detailnya silakan simak video berikut ini

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 “penemu yang mengubah dunia”

  

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 tentang penemu yang mengubah dunia di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 “penemu yang mengubah dunia”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 tentang penemu yang mengubah dunia di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

Kuis Para Penemu

https://quizizz.com/join/quiz/5f6e9dfed666c3001fc1a845/start

Kuis Para Penemu Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 “penemu yang mengubah dunia”

Kuis Rangkain Listrik

https://quizizz.com/join/quiz/5d8dafa3cc5fc5001b037e83/start

Kuis Rangkain Listrik Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1

Demikianlah Materi IPA Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 tentang penemu yang mengubah dunia yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan