Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 “Sumber Energi Listrik Alternatif”

Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 “Sumber Energi Listrik Alternatif”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 dengan kajian tentang Sumber Energi Listrik Alternatif. Di era globalisasi ini, semakin banyak teknologi canggih yang ditemukan.

Hampir seluruh penemuan tersebut menggunakan energi, khususnya listrik. Namun, akhir-akhir ini pasokan listrik semakin berkurang akibat semakin menipisnya sumber energi untuk memproduksi listrik seperti minyak bumi, gas, batu bara, dan panas bumi.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mencari sumber energi alternatif yang bersih, aman, bebas polusi, dan selalu tersedia tanpa batas. Salah satu bentuk energi alternatif tersebut adalah sel surya.

Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara merupakan negara kaya potensi sumber energi alternatif terbarukan, khususnya tenaga surya. Namun potensi pemanfaatan tenaga surya tersebut belum optimal.

Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut diberi muatan positif dan muatan negatif. Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik.

Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil seperti pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah yang masih sulit dijangkau oleh jaringan listrik.

Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat lempengan silikon cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.

Cara kerja panel surya

Amati cara proses kerja panel listrik tenaga surya berikut:

Amati cara proses kerja panel listrik tenaga surya berikut:

Energi yang berasal dari matahari berupa cahaya juga mengantarkan panas. Energi panas matahari yang disebut juga energi surya ini dapat diubah menjadi energi listrik melalui panel surya (solar cell). Untuk menangkap atau menampung energi matahari, panel surya dipasang menghadap matahari.

Pada panel surya terdapat dua lapisan semikonduktor. Pada bagian atas bermuatan positif, sementara pada bagian bawah bermuatan negatif. Bagian negatif inilah yang berfungsi untuk menangkap sinar matahari. Setelah ditangkap oleh bagian negatif.

Energi matahari tersebut kemudian dilepaskan ke bagian positif. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan tegangan. Perbedaan tegangan menciptakan arus listrik, mengalir dari tegangan yang lebih tinggi ke tegangan yang lebih rendah.

Arus listrik yang tercipta karena perbedaan tegangan ini akan distabilkan oleh alat konversi atau sering disebut dengan electric box system. Setelah tegangan distabilkan oleh alat konversi maka, listrik siap digunakan.

Dari electric box system ini listrik siap disalurkan ke berbagai perangkat elektronik yang kita gunakan. Seperti lampu, televisi, dan lain-lain.

Penggunaan Sumber Energi Listrik Alternatif Panel Surya (IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3)

Seiring perkembangan teknologi serta globalisasi, pemanfaatan panel surya dalam kehidupan sehari-hari sering sekali kita jumpai. Berikut ini beberapa contoh penggunaan panel surya dalam kehidupan sehari-hari;

Penggunaan panel surya di rumah

Banyak rumah-rumah modern yang telah memasang panel surya di atap rumahnya. Hal ini bertujuan untuk melakukan penghematan energi listrik yang berasal dari PLTA. Penggunaan panel surya pada atap rumah juga dapat mencukupi sebagian kebutuhan energi listrik pada rumah tersebut.

Penggunaan panel surya pada lampu jalan

Penggunaan panel surya pada lampu jalan sangat efektif dan efisien. Selain tidak menggunakan kabel dan mengalami ketergantungan pada energi fosil. Energi surya yang tertampung pada panel surya juga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik lampu tersebut.

Panel surya pada lampu jalan biasanya juga diimbangi dengan sensor cahaya. Sensor cahaya berfungsi menghidupkan lampu jalan ketika cahaya sudah mulai redup.

Panel surya pada lampu lalu lintas

Sama dengan prinsip penggunaan panel surya pada lampu jalan. Penggunaan panel surya pada lampu lalu lintas juga bertujuan untuk menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu penggunaan panel surya pada lampu lalu lintas juga sangat efektif.

Lampu lalu lintas biasa akan padam bila aliran listrik terputus. Namun dengan penggunaan panel surya pada lampu lalu lintas, maka lampu lalu lintas itu memiliki sumber energi sendiri.

Panel surya pada power bank

Manusia modern tidak dapat lepas dengan gawai yang juga membutuhkan sumber energi listrik. Hal ini juga yang mendorong manusia untuk berinovasi dengan membuat power bank dengan panel surya. Power bank panel surya tidak perlu di charge dengan energi listrik, namun cukup menjemurnya di bawah sinar matahari.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 “Sumber Energi Listrik Alternatif”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 tentang Sumber Eneergi Listrik Alternatif di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 “Sumber Energi Listrik Alternatif”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 tentang Sumber Energi Listrik Alternatif di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan contoh latihan soal online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e867c79af1d14001b2c7b73/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 “Sumber Energi Listrik Alternatif”

Demikianlah bahan ajar online Materi IPA Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 tentang Sumber Energi Listrik Alternatif yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan