5 Manfaat Perkembangan Teknologi bagi UMKM

Loading...

5 Manfaat Teknologi Bagi UMKM – UMKM merupakan singkatan dari (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), di mana usaha ini sudah memiliki izin menurut peraturan perundang-undangan. Dengan perkembangan teknologi digital dan internet saat ini memberikan peluang yang lebih besar bagi banyak pelaku bisnis dan pemilik UMKM.

Dengan teknologi, kita tidak hanya bisa bersosialisasi dengan orang yang jauh tetapi juga bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah. Dengan tersedianya teknologi maka segala aktivitas masyarakat saat ini sangat bergantung pada teknologi, baik itu bekerja maupun sekedar untuk hiburan. Nah, berikut manfaat teknologi bagi UMKM, di antaranya meliputi :

1. Mempermudah Anda untuk memasarkan bisnis Anda

Sebelum berkembangnya teknologi internet, pemasaran suatu bisnis membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih besar seperti penyebaran brosur atau iklan di radio atau televisi. Namun saat ini yang menggunakan perkembangan teknologi banyak sekali platform online yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan bisnis Anda, mulai dari iklan online, website, media sosial, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, kini terdapat berbagai platform yang dapat membantu Anda memasarkan bisnis dengan lebih tepat. Misalnya, sekarang ada alat yang dapat mengukur keefektifan strategi pemasaran yang sedang diterapkan atau membantu Anda menghasilkan desain yang lebih menarik. Dengan memanfaatkan alat dan platform yang ada, Anda dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen dengan lebih cepat dan tepat.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Jika dalam beberapa tahun terakhir semuanya harus dilakukan secara offline yang mengharuskan Anda bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Maka dengan teknologi internet Anda dapat melakukan berbagai hal tanpa harus berpindah tempat.

Mulai dari menempatkan pesanan, mendelegasikan tugas dan berkomunikasi dengan tim, memesan stok, menghubungi klien, dan masih banyak lagi, Anda dapat melakukan semuanya melalui perangkat seluler atau komputer.

Selain menghemat waktu, keberadaan teknologi juga membantu Anda menghemat biaya. Dengan fleksibilitas dan kepraktisan yang ditawarkan platform online, Anda dapat menyesuaikan berbagai kebutuhan bisnis Anda dengan lebih efisien baik dari segi biaya maupun waktu.

3. Meningkatkan Produktivitas

Usaha kecil dan UMKM untuk dapat bersaing dengan usaha lain yang lebih besar dengan lebih gesit dan merespons perubahan lebih cepat. Saat ini, teknologi dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang  sepele melalui proses automasi menggunakan komputer.

Dengan berbagai software yang dapat membantu urusan administrasi, Anda bisa lebih fokus mengembangkan strategi bisnis dan tim Anda untuk fokus melakukan hal-hal penting. Dengan demikian, produktivitas tim bisa lebih ditingkatkan.

4. Manajemen Tim yang Lebih Mudah

Manfaat teknologi bagi UMKM berikutnya selain dari segi produktivitas, komunikasi internal juga penting untuk menjaga kelangsungan bisnis. Dengan adanya teknologi, komunikasi antar tim bisa menjadi lebih mudah, misalnya melalui aplikasi chat seperti Whatsapp atau platform manajemen tugas. Anda akan mengurangi tingkat miskomunikasi dan akan lebih mudah bagi Anda untuk memantau kemajuan dan kemajuan setiap tim.

5. Meningkatkan Layanan

Meskipun teknologi tidak dapat sepenuhnya menggantikan manusia, namun teknologi dapat membantu Anda meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Dengan berbagai platform online, Anda dapat melacak transaksi, pesanan, dan bukti pembayaran dengan lebih cepat dan mudah dengan menggunakan alat teknologi seperti smartphone.

Selain itu, komunikasi dengan konsumen juga semakin dipermudah dengan berbagai platform dan fitur yang tersedia. Seperti DM dan komentar Instagram, email, live chat, dan lain sebagainya.

Ini termasuk pengiriman juga, sekarang ada platform yang dapat Anda gunakan untuk memberikan pengiriman yang lebih andal. Dengan layanan pengiriman barang yang dapat Anda akses melalui aplikasi atau website, Anda dapat melakukan pengiriman dengan lebih efisien.

Berbagai fitur serta harga yang relatif murah dan siap mendukung pengiriman untuk UMKM dan bisnis Anda. Selain itu, beberapa layanan pengiriman yang sesuai dengan permintaan memiliki fitur pelacakan waktu nyata. Sehingga Anda dapat memperbarui informasi pengiriman ke konsumen agar dapat menerima barang dengan lebih cepat.

Demikian yang beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai manfaat perkembangan teknologi bagi UMKM. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat (ia-education).

Loading...

Tinggalkan Balasan