Muatan IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 “Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem”

Muatan IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 “Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem”

Loading...

Modul BDR online ini mengangkat materi IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 dengan kajian Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem. Setiap makhluk hidup memiliki ketergantungan terhadap makhluk hidup lain. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan hewan juga memerlukan manusia. Makhluk hidup juga memerlukan tanah, udara, dan matahari untuk mendukung kehidupannya.

Rantai Makanan

Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.

rantai makanan

Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.

Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut.

Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya. Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.

Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.

Contoh Rantai Makanan

Keterangan tentang rantai makanan di atas sebagai berikut.

  1. Tumbuhan memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Jenis makanan yang diproduksi oleh tumbuhan berupa gula. Oleh tumbuhan, makanan dapat disimpan dalam bentuk biji, batang, buah, dan akar.
  2. Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Makanan yang dimakan hewan tersebut akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. Contoh: konsumen tingkat I adalah tikus.
  3. Konsumen tingkat II merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Jadi, konsumen tingkat I merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II agar dapat bertahan hidup. Contoh: hewan konsumen tingkat II adalah ular.
  4. Konsumen tingkat III memakan konsumen tingkat II. Contoh: hewan konsumen tingkat III adalah burung elang.
  5. Pada saat konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi tumbuhan, seperti rumput.

Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Semua makhluk hidup memiliki ketergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan hewan juga memerlukan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya. Di sekeliling kita, dijumpai banyak bentuk saling ketergantungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan, juga dengan komponen tak hidup lain.

Di dunia, terdapat berbagai jenis ekosistem, baik ekosistem air maupun ekosistem darat. Di dalam ekosistem, terjadi interaksi atau hubungan yang saling membutuhkan antarmakhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan komponen tak hidup.

Pada rantai makanan terjadi proses memakan dan dimakan oleh berbagai makhluk hidup yang ada pada sebuah ekosistem. Pada gambar di atas, terlihat tumbuhan hijau menghasilkan makanan yang akan dikonsumsi oleh hewan konsumen tingkat pertama.

Lalu, hewan konsumen tingkat pertama dimakan oleh hewan konsumen tingkat kedua. Begitu seterusnya hingga hewan tingkat tertinggi mati dan diuraikan oleh pengurai.

Selain ketergantungan makhluk hidup melalui rantai makanan, banyak makhluk hidup lain yang berhubungan dengan cara yang khas.

Hubungan dua makhluk yang berbeda dan sangat erat kaitannya disebut simbiosis. Terdapat tiga jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

Contoh simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh: Hubungan antara burung jalak dan kerbau.

Kerbau mendapatkan keuntungan karena kutunya berkurang, sedangkan burung jalak mendapatkan makanan.

Contoh simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup, dimana salah satu makhluk hidup mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lainnya tidak dirugikan.

Contoh: Hubungan antara tumbuhan anggrek dan pohon yang ditumpanginya.

Tumbuhan anggrek mendapat keuntungan karena dapat menumpang hidup pada pohon, dan selama menumpang tersebut, anggrek tidak merugikan pohon yang ditempelinya.

Contoh simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup, dimana salah satu makhluk hidup mendapatkan keuntungan, sedangkan sebaliknya, makhluk hidup yang lain mendapatkan kerugian.

Contoh: Hubungan antara pohon mangga dan benalu.

Benalu dapat hidup subur karena menghisap zat makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya sehingga pohon mangga lama-lama akan menjadi kurus dan lambat laun bisa mati.

Video Materi IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 “Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 tentang Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih macam-macam media belajar sesuai dengan gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 “Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 tentang Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan aplikasi interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5dd614b0c9fe3e001b598552/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 “Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem”

Demikianlah Modul BDR online materi IPA Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 dengan kajian Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan