Promosi Tanpa Biaya yang Banyak

Promosi Tanpa Biaya yang Banyak !

Loading...

Promosi Tanpa Biaya yang Banyak ! – “Andi Lau”, antara dilema dan galau. Kondisi “Andi Lau” ini sebenarnya sering dialami oleh pelaku usaha yang masih merintis atau kita sebut UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Antara dilema dan galau menjadi istilah yang sering dialami UKM saat menjalankan bisnis di masa-masa “perjuangan”, yaitu di masa-masa awal dan masa-masa kritis penurunan di siklus roler coaster.

Dilema memilih menggunakan modal untuk mengembangkan produk atau promosi, galau menggunakan strategi yang mana karena dana masih terbatas. Yupp, keterbatasan dana menjadi salah satu alasan mengapa UKM kesulitan melakukan promosi bisnisnya.

Dari deskripsi di atas, mari kita cari solusi apa yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan bisnis kita ketika dana kita masih terbatas. Mari kita simak beberapa cara promosi yang bisa kita lakukan meski dana kita masih sangat terbatas.

1. Bekerja sama dengan Endorser atau Influencer

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk promosi saat dana kita terbatas adalah bekerja sama dengan endorser atau influencer. Influencer di sini adalah orang yang memiliki massa atau setidaknya orang yang populer. Cara mudah mengetahuinya bisa dilihat dari akun sosial media. Jika follower atau fansnya cukup besar maka dia memiliki massa yang cukup banyak.

Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan produk gratis ke orang tersebut. Namun tidak cuma memberikan produk, kita juga meminta si influencer untuk menginfokan bahwa produk kita digunakan oleh beliau. Jika kita beruntung, maka produk kita akan dipromosikan di akun sosial media orang tersebut. Lumayan, dengan modal memberikan produk, kita bisa dapat promo gratis.

2. Gunakan Sosial Media

Salah satu cara yang cukup sering digunakan oleh UMKM untuk promosi tanpa biaya yang besar adalah menggunakan sosial media seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Cara ini memang bagus untuk berpromosi, namun jika kita tidak tahu caranya tetap saja tidak akan menghasilkan.

Sosial media marketing adalah media promosi yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk kita. Namun perlu strategi yang tepat agar yang kita lakukan bisa menghasilkan.

Di dalam strategi sosial media marketing setidaknya kita perlu menetapkan target, target misal penambahan follower/fans, karena follower atau fans ini adalah calon konsumen kita. Langkah selanjutnya adalah kita perlu buat perencanaan konten. Sering kali kendala UMKM dalam menggunakan sosial media adalah tidak konsisten dalam konten. Konten ini penting untuk meningkatkan follower dan fans kita, karena follower dan fans akan memfollow suatu akun yang mempunyai konten yang menarik serta bermanfaat.

3. Bekerja sama dengan Reseller

Buatlah skema reseller, skema ini adalah cara ampuh promosi tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Reseller adalah orang-orang yang bermitra dengan kita untuk membantu mendistribusikan produk atau menjualkan barang. Reseller nantinya akan menjualkan produk kita ke konsumen dengan memperoleh komisi atau pembagian profit.

Bagian kita sebagai pemilik bisnis adalah membuat skema harga yang menguntungkan bagi si reseller. Misalnya kita memberikan keuntungan dari setiap produk yang terjual 15-30%. Tidak hanya pembagian keuntungan, kita juga harus memonitor dan membantu setiap reseller sehingga bisa menjalankan tugas sebagai reseller dengan baik. Tujuan dari strategi ini semoga produk kita bisa terjual lebih banyak tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk promosi.

4. Iklan Internet dan Media Sosial

Iklan di dunia digital terutama di internet saat ini sudah semakin murah dan bisa menjadi salah satu media promosi tanpa biaya yang besar. Kita bisa dengan mudah menentukan kata kunci yang dekat dengan konsumen potensial (buying keyword) sekaligus menargetkan segmentasinya.

Untuk urusan biaya juga bisa kita atur dengan mudah. Kita bisa membuat estimasi anggaran harian sesuai dengan kemampuan finansial kita. Selain itu kita juga bisa mengintip anggaran iklan pesaing kita.

Nah itu tadi beberapa langkah dan pilihan promosi tanpa biaya yang besar, bahkan bisa jadi tanpa biaya sama sekali. Tergantung keahlian Anda dalam melihat peluang, tapi jangan lupa selalu untuk melakukan evaluasi setiap penerapan program promosi Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan informasi-informasi penting untuk perancangan strategi di masa yang akan datang. Selamat mencoba dan semoga bisnis Anda semakin berkembang (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan