Tips menjadi Reseller dan Dropshipper

Tips menjadi Reseller dan Dropshipper

Loading...

Tips menjadi Reseller dan Dropshipper – Dulu, dulu sekali, sistem berbelanja harus dilakukan secara manual. Semua orang diharuskan berbelanja secara langsung ke pasar, toko, atau swalayan. Hal ini harus dilakukan agar semua kebutuhan di rumah terpenuhi.

Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan sekarang ya. Karena kini, semua orang yang ingin berbelanja tidak harus keluar rumah, bahkan hanya dengan bermodal ponsel, paket data, dan sambil duduk santai saja sudah bisa berbelanja.

Betapa, cangihnya teknologi telah mengubah sistem atau cara belanja kita sekarang, yang awalnya memakan waktu banyak menjadi sangat efisien. Salah satu cara berbelanja yang kerap dilakukan banyak orang adalah dengan memanfaatkan e-commerce marketplace. Pernah mendengar istilah ini?

Nah, kalau kamu sering mendengar istilah tadi, kamu juga tentu sudah tidak asing dengan istilah reseller dan dropshipper. Hal ini karena memang kedua istilah ini terbilang sangat umum dan memang sering digunakan dalam transaksi jual beli secara online. Selama ini, ada banyak yang menganggap bahwa keduanya sama, padahal beda loh. Kita bahas satu-satu ya, siapa tahu ini adalah salah satu jalan untuk menjadi menjadi Reseller dan Dropshipper yang sukses.

Pengertian Reseller dan Dropshiper

Jika kamu ingin memulai bisnis online, maka kedua istilah ini adalah istilah yang akan terus kamu temui. Tentu saja, bisnis dengan menjadi reseller dan dropshipper merupakan bisnis yang sangat mudah dilakukan, simpel, dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Biasanya, barang-barang yang dijual oleh seorang reseller dan juga dropshipper hanya seputar barang kecantikan, pakaian, obat, perabotan rumah tangga, dan makanan. Di luar itu juga ada kok, hanya saja tidak begitu banyak diminati ya.

Reseller adalah orang yang menjual barang dari seorang distributor atau supplier. So, reseller bukanlah supplier ya. Hal ini karena kamu meski nyetok barang dahulu dari supplier, itu artinya, kamu harus memiliki sejumlah modal. Agar bisa membeli barang dari supplier. Intinya, kamu harus punya barang dalam bentuk fisik nih. Nah, hal inilah yang membedakan antara reseller dengan dropshipper. Jadi, reseller itu tidak gratis alias tidak tanpa modal.

Kalau dropshipper adalah orang yang menjualkan barang dari pihak supplier tanpa harus nyetok barang, yang berarti dia tidak harus nyetok barang, tidak harus ngeluarin modal. Keren ya. Seorang dropshipper hanya perlu menjual barang dalam wujud gambar atau foto saja ke berbagai media social yang dimilikinya. Itu saja, bahkan deskripsi dan foto produk bisa minta ke pihak supplier loh.

Jadi, kalau reseller butuh modal, maka dropship tanpa modal, alias jadi dropship itu gratis. Nah nanti, jika ternyata ada yang tertarik untuk membeli barang, maka seorang dropshipper harus menyalurkan barang yang akan dibeli tadi dari pihak supplier ke konsumen yang akan membelinya.

Antara reseller dan dropshipper tentu memiliki kelebihan dan kekurangan ya. Kamu tinggal memilih saja, makan kiranya yang paling kamu minati. Sebagai gambaran, berikut ini kami informasikan beberapa keuntungan menjadi reseller dan dropshipper. Siapa tahu ini adalah jalan kesuksesan kamu.

Keuntungan dan Kelebihan Menjadi Seorang Reseller

Kelebihan yang paling utama dengan menjadi reseller adalah kamu bisa bebas nyetok barang, tergantung dengan modal yang kamu miliki. Nah, hal inilah yang kemudian bisa membuat kamu mengetahui semua kualitas barang.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh keuntungan maksimal, karena bisa menentukan presentase sendiri. Apalagi nih biasanya, supplier bakalan ngasih harga yang lebih murah loh ke reseller mereka.

Keuntungan dan Kelebihan Menjadi Dropshipper

Keuntungan yang paling utama menjadi seorang dropshipper adalah kamu nggak perlu repot-repot nih buat nyetok barang. Kan jadi dropship itu gratis tanpa modal. So, kalau saat ini kamu mau mulai bisnis ini, yaudah sok, bisa sekarang juga tanpa harus pergi ambil barang, kirim uang, dan sebagainya. Kamu Cuma perlu menawarkan barang ke media sosial yang kamu miliki.

Jadi gimana, mau milih jadi reseller atau dropshipper nih. Ya bebas ya, pilihlah yang memang kamu rasa kamu nyaman, enjoy ngejalaninnya. Karena kan setiap orang punya pilihan dan berbagai pertimbangannya masing-masing.

Tips Menjadi Seorang Reseller yang Sukses

Salah satu agar bisa sukses di dunia bisnis adalah mengetahui dan memiliki tips sukses, tak terkecuali menjalani bisnis menjadi reseller ya.

Tentukan Harga Jual yang Bersaing

Ketika menjadi reseller, kamu memang mempunyai kewenangan menentukan persentase keuntungan, tapi, cobalah untuk tidak mengambil keuntungan terlalu besar. Tentukan saja harga barang sesuai dengan pasaran.

Dengan menjadi reseller, kamu harus punya kemampuan matematika yang keren ya, paling tidak, standar lah. Hal ini karena kamu meski menghitung dengan baik selisih harga beli dan harga jual, dan akan dikurangi dengan biaya transfer misalnya.

Pilih Supplier yang Sudah Besar

Pilihlah supplier yang memang sudah besar ya. Karena dengan memilih supplier yang sudah besar, tentu kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Dengan memilih supplier yang sudah besar, tentu ada berbagai keuntungan lain yang akan kamu peroleh selain sekedar keuntungan.

Pemasaran Online di Medsos

Jika sudah memilih reseller, maka kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai media marketing. Jangan lupa untuk melakukan pemasaran secara intens ya. Ya karena semakin intens kamu melakukan marketing, maka keuntungan yang kamu peroleh juga semakin besar.

Tips Menjadi Dropshipper yang Sukses

Memperhatikan Branding Bisnis

Yang namanya bisnis, tentu perlu branding ya. Nah, branding adalah hal yang memang nggak bisa dilepaskan dari bisnis ya. Karena dengan adanya aktivitas ini bisa membuat produk atau bisnis kamu bisa dijangkau dan memiliki kesan bagi semua pelanggan.

Buat website

Agar bisnis dropshipper yang kamu jalankan bisa sukses, maka cobalah untuk membuat website. Website seharusnya bukan menjadi pilihan ya, tapi keharusan. Karena dengan adanya website, semua pelanggan bisa memilih barang yang akan mereka beli di sana.

Memang, membuat website membutuhkan modal, tapi modal tersebut akan terbayar kok. Agar website bisnis yang kamu buat bisa menghasilkan banyak pengunjung, maka akan sangat baik jika kamu mempercayakan pembuatan website ke jasa yang memang sudah ahli saja.

Sebenarnya ada juga website yang gratis, misalnya yang disediakan oleh blogger.com atau wordpress.com. keduanya menyediakan layanan web yang gratis. Juga masih ada yang juga tak kalah keren tapi gratisan yaitu Google Site. Contohnya website coba-coba mageducation ini.

Kalau ingin yang lebih keren, kamu bisa pasangin domain bisnis pada blog kamu. Jadi hanya butuh biaya beli domain aja tiap tahunnya, murah kok, cuma ratusan ribu aja atau bahkan ada yang Cuma puluhan ribu per tahun tergantung ekstensi domain yang kamu pilih. Misalnya blog watahu.com dan bisnisan.id yang kami modali hanya di nama domain aja tanpa harus beli hosting.

Memilih Produk dan Partner/ Supplier yang Tepat

Kedua hal ini sangat penting kamu lakukan ya, karena bisnis dropshipper kamu hanya bisa sukses dengan dimulai dari pemilihan produk dan supplier yang tepat. Carilah toko yang memang memberikan berbagai pelayanan terbaik, salah satunya adalah fast respons.

Menjadi Spesialis

Menjadi dropshipper atau menjalani bisnis dropshipper terbilang sangat mudah ya, maka jangan menyepelekannya ya, sebab biasanya, karena menganggap bisnis ini terlalu mudah, tak sedikit yang malah tidak fokus, alias hanya menjadikan bisnis satu ini seperti sampingan, padahal agar bisnis satu ini bisa sukses kamu jalankan adalah dengan menjadi spesialis loh. Dengan menjadi spesialis, maka bisnis kamu bisa dijadikan sebagai rujukan banyak orang ketika akan berbelanja.

Nah, alangkah lebih baik jika kamu mencoba untuk menjadi spesialis, karena menjadi spesialis tentu akan membuat kamu dijadikan rujukan ketika pembeli akan berbelanja.

Oke, sekian pembahasan seputar tips menjadi reseller dan dropshipper. Pilih yang memang kamu sukai, dan sesuaikan dengan budget. Jika memang memungkinkan, dan kamu memiliki modal yang cukup, reseller bisa menjadi pilihan yang tepat ya. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan semoga sukses (maglearning.id).

Loading...

5 comments

Tinggalkan Balasan