Cara Agar Cepat Pintar Pelajaran Matematika

Cara Agar Cepat Pintar Pelajaran Matematika

Loading...

Kali ini saya mau mengajak sobat buat belajar bagaimana tips dan cara agar cepat pintar dalam pelajaran matematika. Yang mana pelajaran ini dianggap sebagai pelajaran yang mengerikan bagi sebagian siswa di sekolah. Padahal sebenarnya matematika adalah sebuah pelajaran yang sangat bermanfaat buat hidup kamu di masa depan.

Cara agar pintar dalam pelajaran matematika tentu tidak bisa didapatkan tanpa usaha sama sekali. Harus melalui beberapa tahapan penting yang bisa mendukung kamu menjadi seorang ahli matematika di kelas.  Baiklah langsung saja berikut adalah tips agar cepat pintar dalam pelajaran matematika, antara lain:

1. Cintai pelajaran matematika

Sebuah pelajaran akan lebih mudah masuk ke dalam otak apabila kamu menyukai pelajaran tersebut.  Siapa tahu kamu sudah memiliki pelajaran favorit sekarang?  Lebih mudah kan mempelajarinya. Padahal matematika sama dengan pelajaran lain yang kamu sukai tersebut.  Hanya saja kamu tidak menyukai matematika sehingga pelajaran matematika terlihat sulit.

Kalau ga percaya coba mulai sekarang kamu sukai pelajaran matematika. Kamu enjoy dan senang ketika jam matematika di mulai. Dan lihat efeknya, tiba-tiba kamu akan lebih mudah sekali paham materi yang disampaikan, serta pintar matematika secar lebih cepat.

2. Jadi guru yang mengajar matematika sebagai guru favorit

Ada sebuah kendala bagi seorang murid dalam menangkap materi belajar,  salah satunya karena tidak suka dengan gurunya.  Entah itu karena penampilan atau metode mengajar yang diberikan. 

Sebenarnya ini tanggung jawab dari guru juga agar bagaimana murid menjadi nyaman dan cocok dengan guru tersebut. Namun kamu sebagai murid,  tugasmu adalah menyukai guru tersebut.  Cobalah lihat dari sisi positifnya karena setiap orang pasti punya kelebihan.  Dan ketika kamu menyukai guru matematika di kelasmu,  maka penjelasan darinya pun akan menjadi lebih mudah untuk diterima.

Banyak sekolah yang mencoba mencari guru matematika yang energik dan menyenangkan.  Alasannya tadi kalau murid sudah suka, pelajaran jadi mudah diterima, sehingga siswa banyak yang pintar matematika.

3. Jangan malas untuk praktik dan tidak usah pusing menghafal rumus matematika

Cara yang lain adalah dengan banyak melakukan praktik. Misalkan saja praktik menghitung, praktek mencoba rumus baru dan sejenisnya. Semakin sering kamu praktik, otak akan semakin terasah kemampuan matematikanya. 

Tidak usah pusing menghafal rumus, mending kamu praktek saja satu rumus secara berulang kali. Sebenarnya ini sesuai dengan salah satu prinsip pembelajaran yaitu prinsip pengulangan. Juga amat terkait dengan prinsip proses mental aktif.

Carilah banyak soal-soal matematika dan cobalah kamu selesaikan. Semakin banyak kamu praktik menyelesaikan soal maka semakin baik.  Di waktu yang akan datang ketika menemukan soal yang sama,  tiba-tiba saja Anda akan teringat dan bisa mengerjakan soal tersebut.

4. Mencoba mengerjakan pelajaran matematika dengan cara kamu sendiri

Cobalah berkreasi dengan cara kamu sendiri dalam mengerjakan soal. Misalkan menemukan soal baru yang belum tahu rumusnya. Kamu kerjakan saja sebisanya, buatlah coret-coret semampumu.  Intinya jangan langsung menyerah ketika menemukan soal baru. Tapi coba dulu sebisamu. 

Percaya gak percaya,  jika hal ini terus kamu lakukan setiap menemukan soal.  Suatu saat bisa saja memecahkan soal-soal matematika dengan cara kamu sendiri karena otak kamu sudah banyak berkembang.

Selain sesuai dengan proses mental aktif di atas, bila kamu mencoba berkreasi dalam mengerjakan soal, serta mencoba untuk mencari kaitannya dalam kehidupanmu sehari-hari, maka kamu akan lebih menikmati latihanmu. Sebenarnya ini juga sesuai dengan prinsip pembelajaran bermakna.

Tidak hanya itu, ketika kamu menemukan pentingnya memecahkan masalah kamu sehari-hari menggunakan matematika, maka kamu akan lebih menyukai lagi pembelajaranmu. Ini adalah salah satu cara agar cepat pintar dalam hal matematika.

5. Memperbanyak aktivitas menghitung dalam sehari-hari

Orang yang sering menghitung lama-lama akan pandai di luar kepala.  Jadi jika ada kesempatan menghitung dalam keseharian,  maka manfaatkan dengan baik. Cobalah untuk menghitung secara cepat. Setelah ketemu hasilnya baru kamu koreksi.

Kamu bisa buktikan sendiri. Misalkan saja menghitung uang kembalian saat belanja, menghitung jumlah benda-benda yang kamu lihat dan yang lainnya. Hitung saja secepat mungkin, dan lama2 otak kamu akan menjadi sangat responsif dalam melihat angka-dalam pelajaran matematika.

6. Jangan peduli soal nilai, yang penting kamu sudah berusaha mengerjakan sendiri

Yang terakhir adalah selalu mandiri dalam mengerjakan soal. Alias tidak mencontek. Gak papa nilai sedikit tapi hasil kerjamu sendiri. Dengan begitu otak kamu terus berkembang dalam kemandirian mengerjakan soal tersebut.

Mandiri di sini adalah tidak mencontek ya. Kalau untuk bertanya soal rumus kepada teman yang kamu anggap lebih pintar sih boleh-boleh saja. Asalkan tidak bertanya langsung jawabannya.

Dan ketika kamu nanti mengalami peningkatan nilai pelajaran matematika, maka akan ada kepuasan tersendiri selama kamu mengerjakan soal pelajaran sendiri.

Demikian sobat,  materi kali ini mengenai tips agar cepat pintar dalam matematika. Selama kamu terus berlatih, maka tidak ada yang tidak mungkin, siapa tahu kamu akan jago pelajaran matematika di kemudian hari nanti.

Semoga bisa memberikan manfaat dan Terima kasih (maglearning.id). 

Loading...

Tinggalkan Balasan