Cara Menjalankan Bisnis Dropshipping

Cara Menjalankan Bisnis Dropshipping yang Islami

Loading...

Cara Menjalankan Bisnis Dropshipping yang Islami – Di tengah perekonomian yang tak tentu karena kondisi pandemik Covid-19 yang belum juga berakhir, semua orang meski bekerja lebih keras, mencari tambahan penghasilan ke mana-mana agar tetap bisa melanjutkan hidup, memenuhi segala kebutuhan. Di balik sulitnya mencari pekerjaan sampingan, ada loh kegiatan yang bisa kamu lakukan di tengah pandemik, bahkan bisa kamu lanjutkan meski pandemik sudah berakhir.

Namanya adalah bisnis atau usaha jual beli, juga bisa penyediaan jasa. Mungkin selama ini kamu pernah berpikir akan berbisnis, namun ragu karena modal, nggak yakin, hingga mental yang masih belum kuat, ia kan?

Nggak usah khawatir, karena modal untuk berbisnis itu nggak hanya dalam bentuk uang kok, yang terpenting adalah, kamu menyiapkan niat, nekat, sungguh-sungguh, dan keseriusan, dengan modal itu saja kamu sudah bisa mulai berbisnis. Caranya adalah dengan berbisnis menggunakan metode dropshipping. Bisnis satu ini bisa kamu jadikan sebagai bisnis yang Islami loh.

Oke, sebelum kita jelaskan kenapa bisa dijadikan sebagai bisnis islami dan bagaimana cara menjalankan bisnis dropshipping yang Islami ini, kita bahas dulu tentang dropshipping nya dahulu, agar jika berminat, kamu bisa mulai action….

Apa Sih Bisnis Dropshipping itu?

Nah, bisnis yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang sangat memungkinkan dijalankan oleh siapa pun dengan berbagai keuntungan, salah satu keuntungan menjalankan bisnis dropshipping yang tidak akan kamu temukan dengan bisnis lain adalah sistemnya yang mudah dan tanpa modal. Bagaimana bisa?

Ya, karena jika kamu memutuskan mengambil bisnis dropshipping, maka kamu tidak membutuhkan modal yang berarti untuk memulainya, karena kamu hanya perlu memasarkan barang saja ke semua media sosial yang kamu miliki, tanpa modal, tanpa nyetok barang, dan tanpa menyediakan gudang atau tempat.

Yang akan memroses pesanan adalah pihak toko. Kamu bisa mulai mencari tempat-tempat yang memang menyediakan bisnis dropshipping ya.

Bagaimana Caranya Menjalankan Bisnis Dropshipping yang Islami?

Bagi seorang muslim, berbisnis bukan hanya soal hitung-hitungan untung dan rugi ya. Maka, apa pun kegiatan yang kamu lakukan meski dilandaskan dengan aturan (syariah) yang telah ditetapkan oleh Islam, tanpa alasan apa pun, termasuk jika kamu berbisnis dropshipping ini. Jangan mengira, bahwa ketika menjalankan bisnis ini kamu bisa bebas melakukan apa pun, tidak ya, sebab aturan Islam berlaku, apa pun kegiatan yang kamu lakukan.

Nah, agar bisnis dropshipping yang kamu jalankan berlandaskan Islam, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu tempuh.

Pertama, pilihlah barang-barang yang halal lagi baik. Tentukan terlebih dahulu jenis barang yang akan kamu jual, carilah barang yang memang halal dan jelas kehalalannya, seperti barang-barang kosmetik halal, pakaian syar’i, perlengkapan masak, dan sebagainya. Bisnis ini menjadi bernilaikan Islam, jika kamu memilih barangnya dengan benar, asal niatnya untuk beribadah juga ya.

Kedua, cari reseller atau supplier yang menyediakan barang tadi. Kedua, kamu meski mencari supplier atau reseller yang memang menyediakan barang-barang yang akan kamu jual tadi. Pilihlah tempat yang memang memberikan kejelasan terhadap transaksi yang akan di jalan. Jalinlah kesepakatan yang baik dan sesuai syariat di sana.

Ketiga, jual barang dengan baik. Bagaimana sih cara berjualan yang baik itu? Jawabannya sederhana, yakni seperti berjualannya Rasulullah. Rasulullah berjualan dengan hatinya, mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan Allah, yakni jujur dalam berdagang, ramah melayani pelanggan, dan menentukan keuntungan sewajarnya.

Hal yang paling penting adalah jujur. Kamu meski bisa jujur ketika memang kondisi barang sedang tidak baik-baik saja. Berikan penjelasan akan kondisi barang yang memang cacat misalnya. Jangan sampai, sudah tahu cacat, tapi kamu malah bersikap tidak acuh, seolah tak peduli.

Demikian informasi seputar bagaimana cara menjalankan bisnis dropshipping yang Islami yaitu sesuai dengan aturan (syariah) Islam. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan