Bisnis online untuk pelajar

Tiga Bisnis Online untuk Pelajar

Loading...

Tiga Bisnis Online untuk Pelajar – Bisnis merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin mendulang keuntungan yang sangat tinggi. Hal ini karena memang keuntungan dalam berbisnis terbilang sangat fantastis, terutama jika bisnis yang kamu kelola sudah berkembang.

Namun, perkembangan sebuah bisnis tentu bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dengan instan. Ada waktu yang panjang yang harus kamu lewati dan berbagai masalah dan rintangan yang kamu hadapi. Sehingga akan sangat baik jika kamu memulai bisnis sejak kecil, sejak menyandang gelar ‘pelajar’ misalnya.

Dengan memulai bisnis sejak dini, ke depan kamu hanya perlu menikmati hasilnya saja. Jika saat ini pernah terbesit ingin berbisnis, tapi bingung hendak bisnis apa, jangan khawatir, karena di zaman yang serba digital ini sudah banyak sekali jenis bisnis yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah bisnis online. Berikut ini beberapa bisnis online untuk pelajar yang bisa kamu pilih.

Bisnis Online Bagi Kamu Pelajar

Berbisnis adalah aktivitas, kegiatan, atau pekerjaan yang dapat dilakoni siapa pun, termasuk ya pelajar tadi. Bisnis besar yang saat ini kamu temukan di berbagai tempat merupakan bisnis hasil rintisan bertahun-tahun ke belakang. Maka, waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah ketika kamu menjadi pelajar.

Sudah ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu ambil, terutama bagi kamu yang memiliki skill di atas rata-rata. Sayang banget kan kalau skill kamu harus dipendam sendiri dan nggak menghasilkan apa pun, mending dijadikan ‘cuan’.

Bisnis Desain Grafis

Bisnis online untuk pelajar yang pertama adalah bisnis desain grafis. Kamu punya skill desain? Atau punya minat di bidang ini? Kalau ya, sudah saatnya kamu menjadikan desain grafis sebagai bisnis. Karena saat ini, nyaris seluruh perusahaan, UMKM, pebisnis kecil, besar, sekolah, dan sebagainya membutuhkan jasa desain grafis. Hal ini karena mereka membutuhkan berbagai desain yang kece bagi bisnis mereka agar bisa mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

Dengan demikian, bisnis satu ini terbilang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat bagus. Apalagi, penghasilan seorang desain grafis biasanya akan disesuaikan dengan tingkat kesulitan sebuah desain yang kamu dapatkan. Ia kan? Itu artinya, semaki tinggi tingkat kesulitannya, maka cuan yang kamu dapat akan semakin banyak. Keren. Sayang banget kan kalau kamu biarkan bakat dan skill ini dipendam?

Banyak yang ingin menjalankan bisnis online untuk pelajar satu ini, tapi belum punya skill, atau masih belajar, coba deh untuk memperdalam, karena nggak ada ruginya memperdalam skill kece satu ini. Nah, mungkin selama ini kamu kepikiran untuk menjadikan skill desain menjadi bisnis, cuman, terkendala bingung akan memulainya dari mana.

Ia kan? Jika ya, maka kamu bisa memulainya dengan membuat portofolio. Buatlah portofolio sekeren mungkin. Portofolio ini berguna untuk menarik para pelanggan. Kamu bisa membuat portofolio di berbagai media, di Facebook, membuat website, blog, atau di Instagram. Jika sudah, kamu bisa menawarkan jasa desain kamu ke berbagai media, salah satu media yang sangat menguntungkan adalah Facebook.

Yap, aplikasi yang dikatakan sebagai ‘aplikasi orang tua’ ini tetap masih sangat empuk untuk dijadikan sebagai target bisnis. Bergabunglah ke berbagai grup desain, di sana kamu bisa memasarkan kebolehan desain kamu. Jangan lupa untuk menulis copywriter yang keren, dan mencantumkan portofolio yang sudah kamu buat. Lengkap dengan kontak kamu yang bisa dihubungi.

Done. Tunggu beberapa saat, akan ada pesan-pesan yang masuk. Kuncinya satu, kamu sering promosi. Ya namanya bisnis tentu membutuhkan promosi toh?

Bisnis Dropshipper

Bisnis online untuk pelajar yang kedua adalah bisnis dropshiper. Bisnis online untuk pelajar satu ini adalah jenis bisnis yang paling diincar oleh banyak orang, khususnya para ibu-ibu dan mahasiswa. Maka, kamu juga bisa mengincar bisnis ini ya. Alasan terbesar mengapa bisnis dropshiper ini digemari banyak orang adalah karena kamu sudah bisa memulai bisnis tanpa harus memiliki modal.

Yap, kamu tidak membutuhkan modal finansial yang berarti, kamu juga tidak perlu menyediakan toko. Sesimpel itu. Sehingga sangat cocok kamu pilih, apalagi sistem kerjanya terbilang santai, atau fleksibel. Meski santai dan fleksibel, tapi kamu juga harus menyempatkan untuk mengurus bisnis ini ya, karena yang namanya bisnis tentu harus bisa dikerjakan secara terus menerus.

Selama ini, banyak sekali yang berpendapat, bahwa dropshipper sama dengan reseller, padahal sebenarnya beda ya. Perbedaan yang paling mendasar ya dari segi modal. Jika ingin menjadi reseller, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk modal, sementara droshipper tidak. Kamu hanya butuh hp dan paket data, itu saja.

System kerja menjadi dropshipper juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mempromosikan produk ke berbagai media social yang kamu miliki, atau bisa juga kamu tawarkan ke berbagai market place. Nah, jika sudah menawarkannya, kamu bisa memberikan data pesanan ke pihak toko. Kalau kamu malas desain, foto-foto, ngerangkai kata-kata untuk promosi, gampang, kamu bisa menggunakan foto atau desain dari pihak toko loh. Gimana, gampang kan?

Bisnis Kuliner

Bisnis online untuk pelajar berikutnya adalah bisnis kuliner. Jika kamu adalah seorang pelajar yang up to date, kamu tentu tahu, bahwa saat ini, dunia kuliner di Indonesia sangat pesat. Ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang muncul ke permukaan dengan berbagai inovasi terbaru. Hal ini karena jika seorang pebisnis kuliner tidak bisa menginovasi produknya, tentu akan kalah saing dengan pebisnis yang lain.

Bisnis online untuk pelajar

Ada yang menawarkan kuliner jadul yang diinovasi, kuliner luar negeri, kuliner unik, dan sebagainya. Seluruh kuliner mulai memadati pasar kuliner di Indonesia. Hal ini tentu sejalan dengan tingginya peminat kuliner di Indonesia. Sudah banyak sekali orang-orang yang berbondong-bondong ingin menjadi seorang food vloger. Di mana, dengan keberadaan food Vloger, tentu ada banyak sekali jenis kuliner yang harus dicicipi.

Nah, jika kamu memiliki skill memasak, tak ada salahnya untuk menjalani bisnis untuk pelajar satu ini loh. Bisnis online untuk pelajar satu ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Memulainya dari mana? Tenang. Caranya gini, untuk langkah pertama, kamu harus menentukan kuliner apa dulu nih yang akan kamu tawarkan. Ketika memilih jenis kuliner, jangan lupa untuk survey pasar dulu ya, misalnya dengan baca-baca tentang kuliner yang digemari banyak orang, dan sebagainya.

Jika sudah menemukan jenis kuliner, kamu bisa menginovasinya sedikit saja. Lalu, pasarkan dagangan kamu dengan sistem pre-order. Kenapa sih harus pre-order? Ya, pilihan pre-order adalah pilihan yang sangat cerdas jika kamu memiliki modal yang pas-pasan, karena dengan sistem ini, kamu bisa menekan angka pengeluaran, terutama jika ternyata ada beberapa makanan kamu yang tidak laku. Dan kalau tidak dipasarkan secara online, tentu namanya tidak lagi ‘bisnis online untuk pelajar’. Ia kan?

Gimana bisnis online untuk pelajarnya, gampangkan? Itulah dia tiga bisnis online untuk pelajar yang harus kamu tahu. Kamu bisa memilih salah satu di antara bisnis online untuk pelajar di atas. Temukan dulu minat dan bakat kamu, kemudian tentukan pilihanmu. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan