Individu Populasi Komunitas dan Ekosistem

Individu Populasi Komunitas dan Ekosistem

Loading...

Individu Populasi Komunitas dan Ekosistem belajar biologi memang tidak pernah ada habisnya, setiap hari ada saja ilmu-ilmu baru yang di dapatkan, maka tidak heran jika banyak di antara siswa yang lebih menyukai pelajaran biologi jika di bandingkan dengan pelajaran lainnya, oleh karena itu di kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk membagikan materi biologi mengenai individu populasi komunitas dan ekosistem.

Materi ini akan kita rangkum menjadi satu, dengan singkat padat dan jelas dan tentu saja tidak mengurangi dari materi yang di sampai kan. Yuk kita langsung ke pembahasan materi yang satu ini.

Individu, populasi, komunitas, dan ekosistem adalah unsur-unsur yang tak bisa terlepaskan dalam kehidupan makhluk hidup. Keempatnya memiliki keterkaitan tingkat organisasi kehidupan. Lalu apa itu individu, populasi, komunitas, dan ekosistem? Kali ini kita akan membahas tentang pengertian individu, Populasi, komunitas, dan ekosistem. Kita mulai dari unsur terkecil dan tunggal dahulu, yaitu individu.

Pengertian individu

Individu adalah organisme tunggal. Organisme yang hidupnya berdiri sendiri, secara fisiologi ia bersifat bebas dan tidak mempunyai hubungan organik dengan sesamanya.

Pengertian Populasi

Dalam biologi populasi adalah sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama(spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya. Populasi suatu spesies adalah bagian dari suatu komunitas.

Pengertian Komunitas

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak.

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Ekosistem adalah penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.

Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup.

Komponen Komponen Ekosistem

Secara garis besar ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen biotik, dan komponen abiotik

a. Komponen biotik

Komponen biotik adalah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup yang ada di bumi. Komponen biotik dibedakan lagi ke dalam dua macam, yaitu:

  1. Komponen autotrof, adalah organisme uniseluler dan multiseluler yang dapat berfotosintesis. Seperti tumbuhan berbiji, fitoplankton, ganggang, tumbuhan paku, dan tumbuhan lumut.
  2. Komponen fotoautotrof, yaitu organisme yang dimanfaatkan bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai bahan makanan.

b. Komponen abiotik

Komponen abiotik adalah suatu komponen fisik dan kimiawi yang ada pada suatu ekosistem sebagai medium atau substrak untuk berlangsungnya suatu kehidupan.

  1. Air, adalah kebutuhan setiap makhluk hidup
  2. Garam mineral, mempengaruhi kesetimbangan air dalam organisme melalui osmosis.
  3. Sinar matahari, adalah sumber energi dari seluruh kehidupan yang ada di bumi.
  4. Tanah
  5. Suhu, adalah derajat energi panas yang sangat mempengaruhi kehidupan

Pada ekosistem terdapat beberapa individu organisme yang membentuk populasi dan hidup/beraktivitas dalam suatu komunitas.

Jadi kesimpulannya, Individu adalah satuan makhluk hidup/organisme tunggal. Populasi adalah kumpulan individu sejenis dalam satu wilayah tertentu. Komunitas adalah kumpulan populasi makhluk hidup yang hidup pada suatu daerah tertentu. Ekosistem adalah satu kesatuan komponen dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Dengan demikian, secara berturut-turut tingkat organisasi kehidupan pada suatu ekosistem dari satuan terkecil adalah individu organisme, populasi, dan komunitas.

Demikianlah bahasan kami mengenai Individu Populasi Komunitas dan Ekosistem. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan