Pengertian Pemodelan Proses Bisnis

Pengertian Pemodelan Proses Bisnis, Apa Itu ?

Loading...

Kali ini kita akan mencoba lagi update tentang Materi Ekonomi yang tentu saja sobat akan senang untuk mempelajarinya, Dan topik yang kita ambil kali ini adalah Pengertian Pemodelan Proses Bisnis. tentu sobat banyak yang bertanya apa sih Arti dari Pemodelan Proses Bisnis. nah di kesempatan inilah saya akan mencoba untuk menjawabnya yang semoga nantinya sobat akan puas ya, silakan langsung disimak di bawah ini ya sob.

Pemodelan proses bisnis menjadi penting bagi mereka yang belajar tentang pajak, manajemen, keuangan dan hal yang masih bersangkutan dengan pemodelan. Yuk simak beberapa penjelasan mengenai pemodelan proses bisnis, khususnya untuk pemula karena materi yang kami sampaikan masih sangat dasar.

Beberapa Pengertian Pemodelan Proses Bisnis

Pemodelan proses bisnis adalah diagram umum yang bisa mewakili urutan kegiatan. Jadi pemodelan proses bisnis secara tersirat justru fokus pada proses atau pekerjaan. Sumber daya yang dideskripsikan dalam pemodelan proses bisnis bisa menunjukkan bagaimana hal itu diproses.

Pengertian lain dari pemodelan proses bisnis adalah merupakan sebuah lintas fungsional yang menggabungkan pekerjaan dan beberapa dokumen dalam satu lembaga. Karena situasinya cukup rumit maka pemodelan proses bisa dimasukkan pada proses eksternal dalam organisasi dengan sistem yang dimasukkan pada proses utama.

Dengan begitu data bisa dianalisis dan dipresentasikan secara lebih detail pada lembaga tersebut dengan skala dan kelengkapan yang lebih besar. Nah ada juga yang mendefinisikan pemodelan proses bisnis sebagai istilah modern yang berkembang melalui beberapa tahapan yang dimulai dari pembagian kerja pada suatu perusahaan.

Adanya manfaat pemodelan proses bisnis yaitu mampu memudahkan pemahaman alur dari proses secara terintegrasi. Sedangkan tujuan dari pemodelan proses bisnis adalah mampu mendefinisikan langkah yang perlu diambil untuk mencapai suatu tujuan bisnis.

Selain pemodelan proses bisnis dikenal juga diagram pemodelan proses bisnis yang berguna sebagai alat untuk mencapai tujuan, hal ini bukanlah hasil kerja dari sebuah proses. Hasil akhir dari diagram pemodelan proses bisnis bisa melakukan perbaikan dengan proses bisnis yang masih bekerja.

Sedangkan fokus dari pemodelan proses bisnis terletak pada nilai plus yang bisa membuat layanan pelanggan menjadi lebih baik dan mengurangi waktu yang tidak penting.

Dalam pemodelan proses bisnis terdapat dua jenis, yaitu model awal dan situasi baru yang memiliki prospek dan dapat difungsikan untuk menganalisis, menguji, serta menerapkan proses.

Nah dari sekian banyak pengertian dan hal yang berkaitan dengan pemodelan proses bisnis, berikut adalah hasil dari proses pemodelan proses bisnis.

  1. Membuat pelanggan menjadi lebih senang
  2. Mengurangi biaya perusahaan dan mendatangkan peningkatan keuntungan.

Selain itu juga ada tiga jenis pemodelan proses bisnis yaitu proses manajemen, proses operasional dan proses pendukung yang saling berkaitan untuk membuat pemodelan proses bisnis menjadi lebih baik lagi.

Demikian adalah pengertian, tujuan, hasil dan beberapa jenis pemodelan proses bisnis, semoga apa yang disampaikan mudah dipahami dan bisa menjadi bahan belajar kalian. Apa pun itu bila dipelajari dengan otak terbuka akan lebih mudah paham, intinya Anda harus mau membuka pikiran untuk menerima berbagai informasi dan teori, selanjutnya proseslah dalam pemikiran kognitif Anda.

Sekian dulu ya sob tulisan ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan