Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 “Jenis jenis dan Sifat Magnet”

Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 “Jenis jenis dan Sifat Magnet”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 dengan kajian tentang Jenis-jenis dan Sifat Magnet.

Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus. Setiap magnet mempunyai sifat kemagnetan. Sifat kemagnetan adalah kemampuan benda dalam menarik benda-benda lain di sekitarnya.

Jenis jenis Magnet

Ada beberapa jenis magnet yang ada di muka bumi ini. Jenis-jenis magnet ini bermacam-macam. Berikut ini adalah penggolongan jenis-jenis magnet berdasarkan asal, bahan, cara membutanya dll.

Jenis magnet berdasarkan asalnya

Berdasarkan asalnya, magnet dibedakan menjadi dua yaitu magnet alami dan magnet buatan.

a. Magnet Alami

Magnet ini sudah memiliki sifat kemagnetan dari semenjak ditemukan. Biasanya magnet alami berupa batu-batuan. Magnet alami juga mempunyai ciri khas, yaitu bersifat permanen. Karena itulah kemagnetan magnet alam lebih susah untuk hilang.

Jadi, magnet ini saat ditemukan sudah memiliki kemampuan untuk menarik benda di sekitarnya tanpa mendapatkan campur tangan manusia atau terbentuk alami.

b. Magnet Buatan

Berdasarkan kebutuhan yang semakin lama semakin meningkat, maka buatlah magnet. Maka seiring perkembangan jaman, manusia pun mulai mampu membuat magnet buatan.

Tidak semua benda bisa dibuat menjadi magnet. Benda yang memiliki magnet elementer lah yang bisa dibuat menjadi magnet.

1). Magnet buatan berdasarkan lamanya kekuatan magnet

  • Magnet tetap. Magnet buatan memiliki kemagnetan tetap jika domain atau magnet elementernya teratur tetap. Contohnya pada baja
  • Magnet Sementara. Magnet buatan memiliki kemagnetan sementara jika domain atau magnet elementernya hanya bisa teratur sebentar kemudian tak lama berserakan atau acak-acakan lagi. Misalnya besi.

2). Berdasarkan bahannya, magnet buatan dibedakan menjadi 3 kelompok

  • Feromagnetik. Ferromagnetik adalah bahan yang jika dibuat menjadi magnet maka sifat kemagnetannya sangat kuat. Contoh dari feromagnetik adalah besi, baja, nikel, dan kobalt.
  • Paramagnetik. Paramagnetik adalah bahan yang jika dibuat menjadi magnet maka sifat kemagnetannya lemah, dan tak bisa dibuat magnet. Contoh dari feromagnetik adalah aluminium dan platina.
  • Diamagnetik. Diamagnetik adalah bahan yang tidak dapat dibuat menjadi magnet.

Jenis Magnet berdasarkan Bentuknya

Ayo kita lanjutkan Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 ini dengan membahasa bentuk bentuk magnet. Bentuk-bentuk magnet diantaranya :

  1. Magnet batang. Magnet batang adalah magnet yang bentuknya batang atau seperti balok atau kubus yang kecil. Magnet ini biasanya dipakai untuk kunci pintu pada lemari kaca dan kayu. Selain itu juga bisa dipakai sebagai penutup benda lain, seperti kotak pensil, kotak hadiah, dan lain-lain
  2. Magnet ladam. Magnet ladam dikenal juga dengan nama magnet tapal kuda. Mengapa? Karena memang bentuknya menyerupai tapal yang digunakan sebagai alas kaki kuda. Kegunaan magnet u atau magnet tapal kuda adalah untuk mengangkat benda-benda magnetik.
  3. Magnet jarum. Magnet jarum memiliki bentuk magnet ini pipih, memanjang, dan ada ujung yang lancip. Magnet jarum biasanya dipakai untuk membuat kompas berfungsi sebagai penunjuk arah mata angin.
  4. Magnet silinder. Magnet silinder memiliki bentuk silinder ,bentuknya bulat dan pipih. Kegunaan magnet silinder sebagian besar serupa dengan kegunaan magnet batang. Magnet ini digunakan untuk kunci pintu pada lemari kaca dan kayu.
  5. Magnet cincin. Namanya juga magnet cincin jadi magnet cincin bentuknya menyerupai cincin. Magnet ini memiliki bentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya. Magnet cincin digunakan untuk pembuatan pengeras suara, seperti speaker di radio, bioskop, ataupun ponsel. Magnet cincin juga dapat dimanfaatkan pada mesin motor listrik.

Sifat sifat Magnet

Mari kita lanjutkan bahasan materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 ini dengan membahas apa saja sifat-sifat magnet. Ada beberapa sifat unik yang dimiliki magnet yang tidak dimiliki oleh benda lain, yaitu :

1. magnet bisa menarik benda tertentu

Magnet hanya menarik benda tertentu di sekitarnya, jadi tidak semua benda bisa ditarik magnet meskipun benda tersebut ada di sekitarnya.

Ada bahan-bahan tertentu yang bisa ditarik magnet . Bahan-bahan tersebut jenis logam. Tapi, tak semua logam bisa ditarik magnet, tergantung jenisnya. Kemudian ada logam yang tertarik begitu kuat , namun ada juga yang lemah.

2. Magnet memiliki dua kutub

Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kedua Kutub letaknya di ujung. Di situlah kekuatan magnet begitu kuat. Kutub utara magnet akan selalu menghadap ke arah utara bumi, dan kutub selatan magnet akan selalu menghadap ke arah selatan bumi.

3. Kutub yang berbeda akan saling menarik, kutub yang sama akan saling menolak.

Jika kutub sejenis didekatkan maka akan terjadi gaya tolak menolak, sementara jika kutubnya berlawanan akan terjadi tarik menarik. Misalkan kita dekatkan kutub utara dengan utara, maka kedua magnet akan saling menolak. Namun jika kita dekatkan kutub utara dan selatan, maka akan terjadi gaya tarik menarik.

4. Gaya magnet bisa menembus penghalang.

Magnet memiliki gaya yang dapat menembus benda. Jadi meskipun ada logam yang terhalang oleh kaca atau kertas, namun logam tersebut tetap terkena gaya magnet.

5. Memiliki Medan magnet

Magnet memiliki medan magnet yang akan mengeluarkan gaya magnet. Gaya magnet magnet akan semakin rapat jika di dekat medan magnet, namun akan menjauh jika jaraknya juga menjauh dari medan magnet.

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 “Jenis-jenis dan Sifat Magnet”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 tentang Jenis-jenis dan Sifat Magnet di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 “Jenis-jenis dan Sifat Magnet”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 tentang Jenis-jenis dan Sifat Magnet di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e791cc9484e6c001b28f278/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 “Jenis-jenis dan Sifat Magnet”

Demikianlah modul BDR online pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 tentang Jenis-jenis dan Sifat Magnet dari kami. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan