materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 dengan kajian tentang Medan Magnet

Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 “Medan Magnet”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 dengan kajian tentang Medan Magnet. Magnet adalah benda yang mempunyai medan yang mampu menarik dan juga sebaliknya, mampu menjauhkan benda lain. Magnet memiliki dua buah ujung yang berlawanan. Ujung magnet tersebut disebut sebagai kutub.

Nah, dua kutub magnet yang saling berlawanan disebut sebagai kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Jika didekatkan, antara kutub yang sama dan kutub yang berbeda bisa menghasilkan reaksi yang berbeda karena adanya medan magnet.

Konsep Medan Magnet

Medan magnet adalah ruang / daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet tersebut. Medan magnet digambarkan dengan garis–garis gaya magnet, dan dinyatakan dengan anak panah.

konsep Medan Magnet

Hal-hal yang perlu diperhatikan tentang garis-garis gaya magnet adalah:

  • Garis-garis gaya magnet tidak pernah saling berpotongan.
  • Garis-garis gaya magnet selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet.
  • Tempat yang garis-garis gaya magnetnya rapat menunjukkan medan magnetnya kuat, sebaliknya tempat yang garis-garis magnetiknya renggang menunjukkan medan magnetnya lemah.

Besarnya medan magnet

Besarnya medan magnet pada suatu titik dipengaruhi oleh :

  • Besarnya  gaya magnet yang dialami oleh titik tersebut.
  • Berbanding  terbalik dengan jarak titik terhadap sumber magnet.

Gaya Magnet

Mari kita lanjutkan materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 dengan membahas apa itu gaya magnet? gaya magnet adalah bentuk gaya yang memiliki kemampuan menarik benda berbahan khusus yang ditimbulkan akibat adanya magnet di dalamnya. Magnet  memiliki kemampuan untuk menolak benda sekaligus bisa menarik dan mempertahankan benda lain tersebut tetap menempel.

Magnet akan menarik benda magnetis, sedangkan benda yang tidak dapat ditarik adalah benda tidak magnetis atau juga disebut dengan diamagnetik.

Gaya magnet merupakan salah satu bagian dari gaya elektromagnetik, dimana empat gaya lainnya menjadi gaya dasar alam yang disebabkan oleh gerakan- gerakan muatan. Karena magnet hanya menarik benda khusus, maka magnet juga bisa tidak bekerja atau tidak bergaya sama sekali, atau bahkan bisa terjadi penolakan pada beberapa benda khusus pada magnet. Dalam hal ini akan terjadi Tarik menarik jika mengandung muatan dengan arah gerak yang sama.

Sedangkan akan bergerak berlawan arah jika memiliki gaya tolak diantara dua benda tersebut. Hal ini dianggap sebagai bentuk energi Tarik dan tolak yang ada di antara kutub magnet dan partikel gerak yang bermuatan listrik. Muatan gerak ini kemudian akan menciptakan medan magnet yang berinteraksi untuk menimbulkan magnet.

Sifat Gaya Magnet

Berikut ini adalah sifat-sifat gaya magnet:

  1. Memiliki Medan Magnet
  2. Dapat Menembus Benda
  3. Memiliki Gaya Tolak dan Gaya Tarik
  4. Hanya Menarik Benda Tertentu Di sekitarnya
  5. Sifat Kemagnetan Dapat Melemah

Video Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 “Medan Magnet”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 5 tentang Medan Magnet di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema “Medan Magnet”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 tentang Medan Magnet di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5db905814e9074001a66a54c/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 “Medan Magnet”

Demikianlah modul BDR online pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 tentang Medan Magnet dari kami. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan