Apa Saja Manfaat Reboisasi dan Penghijauan Bagi Lingkungan

Apa Saja Manfaat Reboisasi dan Penghijauan Bagi Lingkungan

Loading...

Apa Saja Manfaat Reboisasi dan Penghijauan Bagi Lingkungan – Dunia yang kita tempati bersama ini semakin kekurangan pohon dan banyak pohon yang ditebangi untuk keperluan manusia. Semakin banyak pohon yang berkurang, semakin banyak pula polusi dan akibat lain yang lebih parah akibat tindakan manusia yang sering merusak alam.

Yang paling berbahaya adalah pemikiran yang memanfaatkan alam demi kebaikan manusia namun ternyata tidak berpikir jauh ke depan. Kualitas hidup manusia meningkat dalam jangka pendek karena meningkatnya kemampuan perekonomian dan bertambahnya fasilitas.

Namun, di balik semua itu ada kualitas lingkungan hidup yang terus merosot akibat terus berkurangnya lahan terbuka hijau dan menurunnya kuantitas dan kualitas pohon.

Berikut ini akan kami uraikan mengenai reboisasi dan penghijauan agar kita paling tidak mendapatkan sudut pandang sebagai langkah untuk mengembalikan bumi menjadi hijau kembali. Nah untuk meringkas artikel ini, bagai mana jika sekarang kita langsung saja membaca penjelasan tentang apa saja manfaat reboisasi dan penghijauan bagi lingkungan di bawah ini, Langsung di simak ya Sob.

Pengertian Reboisasi

Reboisasi adalah penghijauan kembali yang dilakukan untuk mengembalikan alam yang hijau, misalnya dalam satu lokasi hutan yang sudah kehilangan banyak pohon dilakukan penanaman kembali sehingga membuat pohon dihutan kembali normal dan berfungsi sebagai pelindung manusia dalam menyediakan udara, air dan mencegah banjir.

Pengertian Penghijauan

Penghijauan sebenarnya hampir mirip dengan reboisasi hanya saja sistem dalam penghijauan berbeda dengan reboisasi. Jadi penghijauan adalah usaha untuk menanam pohon dan tumbuhan di tempat yang dianggap bisa menjadi tumbuh kembang si tumbuhan tersebut. Gerakan penghijauan bisa dimulai dari rumah kita sendiri.

Apa saja Manfaat Reboisasi dan Penghijauan

Nah setelah mengetahui pengertian dari dua istilah reboisasi dan penghijauan di atas, berikut ini adalah daftar apa saja manfaat reboisasi bagi lingkungan.

Manfaat Reboisasi

Adapun manfaat reboisasi adalah untuk menjaga keseimbangan alam karena alam butuh penyeimbang agar manusia hidup dengan baik, selain itu reboisasi bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir, akar dari pohon akan melindungi tanah dan menahan air agar tidak turun ke bawah dan menyebabkan banjir, serta mampu mencegah adanya global warming.

Manfaat Penghijauan

Ada banyak manfaat penghijauan yang kita peroleh diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Manfaat secara hidrologis

Manfaat penghijauan yang pertama adalah mampu menjaga keseimbangan sistem air dialam, dengan adanya banyak pohon yang ditanam itu berarti kita sedang mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Akar pohon sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan air dalam tanah.

2. Manfaat secara orologis

Penghijauan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah yang dapat menimbulkan bencana alam tanah longsor.

3. Manfaat secara ekologis

Dan penghijauan mampu menjaga lingkungan menjadi lebih asri, nyaman serta menjadi tempat tinggal yang layak bagi tanaman dan hewan di dalamnya. Dengan begitu alam pun akan selaras dan menghasilkan apa yang dibutuhkan oleh manusia.

4. Manfaat secara klimatologis

Yang terakhir adalah manfaat klimatologis dimana penghijauan bisa berguna untuk mencegah polusi dan pemanasan global yang sudah terjadi di dunia ini. Konsentrasi karbondioksida yang cukup tinggi dalam dunia ini mengurangi jumlah oksigen. Sedangkan pohon atau tumbuhan menghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan dibumi.

Jadi sudah jelas bahwa adanya reboisasi dan penghijauan adalah langkah tepat untuk mengembalikan bumi kita menjadi lebih seimbang. Dengan memiliki banyak tumbuhan dan melindungi hutan tempat penyimpanan air tanah dan unsur tanah, hidup kita akan jauh lebih baik.

Cukup jelas ya Sob artikel kali ini tentang apa saja manfaat reboisasi dan penghijauan bagi manusia dan lingkungan. Kami harap tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu pembaca. Samai jumpa lagi dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan