IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 “Keajaiban Perubahan Wujud”

IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 “Keajaiban Perubahan Wujud”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 dengan kajian tentang Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku.

Setiap hari terjadi perubahan alam di sekitar kita. Perubahan wujud adalah contohnya.

Hujan terjadi karena perubahan wujud. Makanan menjadi nikmat karena adanya garam yang diperoleh dari perubahan wujud. Perhatikan kebesaran Tuhan yang Maha Kuasa melalui perubahan wujud di sekitar kita.

Dapatkah kamu mengamati peristiwa perubahan wujud dalam keseharian kita?

Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda

Bentuk benda dapat berubah jika suhunya berubah. Benda padat dapat berubah menjadi benda cair jika dipanaskan.

Benda cair dapat berubah menjadi gas jika dipanaskan. Sebagai contoh, bongkahan es akan berubah menjadi air jika dipanaskan, dan air tersebut akan berubah menjadi uap jika terus dipanaskan.

Sebaliknya, gas dapat berubah menjadi benda cair jika suhunya diturunkan atau didinginkan. Benda cair dapat berubah menjadi benda padat jika didinginkan.

Sebagai contoh, uap air akan menjadi air jika suhunya turun. Air akan berubah menjadi es jika didinginkan (misalnya, dimasukkan ke dalam lemari es).

Perubahan seperti di atas disebut perubahan fisika. Perubahan fisika adalah perubahan sementara.

Benda yang mengalami perubahan fisika akan berubah kembali ke bentuk semula jika suhunya dikembalikan ke suhu semula.

Perubahan yang terjadi pada suatu benda, menunjukkan ada sesuatu yang mengenai atau terjadi pada benda tersebut. Sesuatu yang mengenai atau terjadi merupakan suatu proses atau kejadian dengan hasil tertentu. Proses perubahan pada suatu benda dapat terjadi secara cepat ataupun perlahan-lahan.

Perubahan sifat benda karena dibakar

Pernahkah kamu membakar sampah di kebun? Ada berapa macam sampah di sana? Berbagai jenis bahan terkandung dalam sampah. Misalnya daun, kertas, kain, dan plastik.

Sebelum dibakar sampah terdiri banyak warna. Ranting berwarna coklat dan plastik berwarna hitam. Daun berwarna coklat dan kain berwarna putih.

Sampah yang sudah lama berbau busuk. Sampah busuk dibakar. Setelah dibakar sampah berwarna hitam menjadi abu. Ketika dibakar muncul asap mengepul dan berbau.

Benda yang dibakar mengalami perubahan sifat. Sifat benda mudah kita amati. Misalnya warna, bentuk, dan baunya.

Terdapat beberapa benda jika dibakar hilang. Hal ini terjadi pada berbagai jenis bahan bakar. Misalnya bensin, minyak tanah, batu bara, dan parafin. Sebetulnya bahan bakar tidak hilang. Tetapi mengalami perubahan wujud.

Apabila dibakar bahan bakar menjadi gas. Ketika dibakar terbentuklah asap. Ini juga salah satu perubahan sifat benda.

Bertani Garam (IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4)

Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam membuat ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut.

Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak memiliki banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di daerah Nusa Tenggara.

Bagaimana proses menghasilkan garam?

Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di dalam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan.

Setelah tambak garam dibuat, lalu diisi air laut dengan kedalaman tertentu.

Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam.

Untuk mendapatkan lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk menggantikan air laut yang menguap.

Setelah sekitar 210 hari atau setelah musim kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen.

Memanennya jangan menunggu musim hujan tiba. Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus.

Garam-garam setelah dipanen lalu dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerah-daerah.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 “Keajaiban Perubahan Wujud”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 tentang Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 “Keajaiban Perubahan Wujud”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 tentang Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e73346336fc70001b4164df/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 “Keajaiban Perubahan Wujud”

Demikianlah materi Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku muatan IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 4 untuk belajar secara hybrid yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan