Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 “Cuaca, Musim, dan Iklim”

IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 “Cuaca, Musim, dan Iklim”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 dengan kajian tentang Cuaca, Musim, dan Iklim.

Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa bumi. Musim di negara kita hanya ada 2 jenis, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda musim kemarau sedang berlangsung. Sesekali cuaca berawan.

Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tanda musim hujan telah tiba. Jika cuaca cerah dan hujan datang silih berganti, itu pertanda sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba.

Saat seperti ini cuaca cepat berubah, mulai dari cuaca cerah, berawan, mendung, lalu hujan.

Iklim, Cuaca, dan Perubahannya

Cuaca merupakan suatu gejala alam. Cuaca dapat terjadi dan berubah dalam waktu singkat. Perubahan cuaca dapat dirasakan dari menit ke menit atau jam ke jam. Iklim adalah lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu. Iklim biasanya diamati dalam waktu lama, dari bulan ke bulan.

Iklim menyebabkan adanya musim. Contoh: musim dingin, panas, semi, gugur, hujan, dan kemarau. Iklim dipengaruhi letak suatu negara di Bumi. Oleh karena itu, beberapa negara memiliki musim yang berbeda. Ada negara yang memiliki 4 musim. Contohnya negara Jepang. Ada juga yang memiliki 2 musim.

Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator. Iklim di Indonesia disebut iklim tropis dan memiliki 2 musim. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober – Februari. Musim kemarau terjadi pada bulan Maret–September.

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Definisi Cuaca

Cuaca adalah keadaan udara di tempat tertentu. Cuaca diamati dalam waktu yang singkat. Keadaan cuaca mudah berubah-ubah.

Contohnya: Pada pukul 07.00 WIB, keadaan cuaca di Kota Bandung cerah. Angin bertiup cukup kencang. Udara terasa sejuk. Akan tetapi pada pukul 14.00 WIB keadaan cuacanya berubah. Udara makin panas dan angin bertiup tidak terlalu kencang.

Definisi Iklim

Iklim adalah keadaan cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim ditentukan dalam waktu yang lama (sekitar 11-30 tahun). Iklim bersifat stabil dan tidak mudah berubah.

Iklim di suatu tempat dipengaruhi letak tempat tersebut di bumi. Iklim yang berbeda menimbulkan musim yang berbeda.

Perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim

Mari kita lanjutkan belajar IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 dengan membahas perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim. Kita sering mendengar orang menyebutkan istilah cuaca, musim, dan iklim. Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaannya.

Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat.

Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah. Cuaca harian biasanya dilambangkan dengan simbol berikut.

simbol simbol cuaca

Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan.

Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan musim hujan.

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun.

Cuaca dan Kegiatan Manusia

Kegiatan manusia dipengaruhi oleh cuaca. Terutama kegiatan petani dan nelayan. Menentukan jenis tanaman harus mengerti cuaca. Para petani harus mengerti informasi cuaca.

Misalnya petani menanam padi di musim hujan. Sedangkan memanen pada musim panas. Karena menjemur padi dibutuhkan panas yang cukup.

Padi ditanam pada musim hujan. Padi membutuhkan air yang banyak. Pertumbuhan padi menjadi baik karena air. Jika kekurangan air tanaman tidak subur. Padi akan mati jika tanahnya kering.

Para petani garam juga harus mengetahui cuaca. Membuat garam dilakukan pada musim panas. Pembuatan garam memerlukan banyak panas. Hal itu dimaksudkan untuk penguapan air. Semakin banyak panas maka semakin baik.

Ada kegiatan lain yang menghasilkan uang. Yaitu membuat genting dan batu bata. Mereka melakukan kegiatannya ketika cuaca panas. Kegiatan ini membutuhkan panas yang banyak. Untuk mengeringkan batu bata harus sabar. Karena membutuhkan waktu yang lama.

Teknologi dapat memudahkan menjalankan kegiatan. Kegiatan dikerjakan tanpa memperhatikan musim. Misalnya pengairan yang terencana. Dengan cara membuat sistem irigasi yang baik, menanam tanpa harus menunggu musim hujan.

Ada juga yang membuat pengeringan buatan. Dengan pengeringan ini lebih memudahkan petani. Misalnya pengeringan gabah atau garam. Mengeringkan genting tanpa panas matahari. Karena manusia memiliki peralatan yang modern.

Dengan teknologi dapat meningkatkan hasil panen sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan penghasilan. Hasil panen yang baik menyejahterakan petani. Petani sejahtera kehidupannya akan semakin maju.

Ada kegiatan yang dilarang di musim tertentu. Walaupun teknologi semakin maju. Kegiatan ini membutuhkan fisik yang kuat. Misalnya kegiatan mendaki gunung. Pada musim hujan dilarang mendaki di kaki gunung. Saat itu kabut tebal menyelimuti gunung. Kabut dapat menghalangi pandangan mata. Karena ketebalan kabut pendaki dapat tersesat.

Informasi cuaca sangat diperlukan para nelayan. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan jadwal melaut. Tujuan nelayan melaut adalah mendapatkan ikan.

Cuaca dapat menentukan hasil penangkapan. Cuaca baik hasil tangkapan juga banyak. Cuaca buruk biasanya nelayan tidak melaut. Karena ombak dan tiupan angin besar. Hal ini berakibat mereka dapat tenggelam. Saat cuaca seperti itu nelayan tidak boleh pergi ke laut.

Cuaca sangat mempengaruhi pakaian yang dikenakan. Pada saat panas tubuh kita berkeringat. Saat itu kita memakai pakaian tipis. Yaitu pakaian yang dapat menyerap keringat. Misalnya kaos atau pakaian santai.

Memakai baju tebal jika musim dingin datang. Baju tebal dipakai saat cuaca dingin. Atau pada saat suhu udara rendah. Misalnya memakai jaket atau wol. Pakaian wol dipakai pada musim salju. Jaket biasa dipakai saat cuaca dingin.

Jas hujan dipakai saat hujan datang. Jika tidak ada jas hujan memakai payung. Jas hujan dan payung terbuat dari plastik. Pakaian dari plastik tidak tembus air. Memakai payung dan jas hujan badan jadi aman. Pakaian kita tidak bisa basah.

Dalam bidang perhubungan informasi cuaca sangat diperlukan. Terutama untuk perhubungan udara dan laut. Misalnya di bandara udara atau pelabuhan. Cuaca buruk mengakibatkan penundaan jadwal penerbangan pesawat. Atau penundaan jadwal pemberangkatan kapal.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 “Cuaca, Musim, dan Iklim”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 tentang Cuaca, Musim, dan Iklim di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 “Cuaca, Musim, dan Iklim”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 tentang Cuaca, Musim, dan Iklim di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5eff0773e0beb0001d3f3cbf/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 “Cuaca, Musim, dan Iklim”

Demikianlah modul BDR online materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 dengan kajian tentang Cuaca, Musim, dan Iklimini kami sajikan untuk belajar menyenangkan, kapan pun dan dimana pun. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

2 comments

Tinggalkan Balasan