Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 “Perubahan Cuaca”

Modul IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 “Perubahan Cuaca”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 dengan kajian tentang Perubahan Cuaca.

Pagi ini, cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. Siti dan teman-teman berbaris mengikuti upacara bendera.

Saat istirahat, cuaca berawan. Mereka pun bermain di halaman sekolah dengan nyaman. Mereka bermain tapak gunung dan lompat tali.

Namun, saat pulang sekolah, cuaca berubah mendung. Tanda sebentar lagi akan turun hujan.

Siti dan teman-teman segera pulang ke rumah. Ketika mereka tiba di rumah, hujan pun turun.

Ternyata cuaca dapat berubah-ubah. Amati cuaca di sekitar tempat tinggalmu. Apakah cuacanya juga berubah-ubah?

Hubungan antara keadaan langit dan cuaca

Sebelum melakukan kegiatan terkadang seseorang bertanya mengenai keadaan cuaca hari itu. Cuaca adalah keadaan udara dalam wilayah tertentu dan terjadi dalam jangka waktu terbatas.

Sedangkan iklim adalah keadaan udara dalam wilayah yang luas dan berlangsung lama. Ada beberapa kondisi cuaca antara lain, cuaca berawan, cuaca panas, cuaca cerah, cuaca dingin, dan cuaca hujan.

Cuaca di daerah satu dengan daerah yang lain berbeda. Misalnya cuaca berawan adalah langit diliputi awan. Sinar matahari tidak bisa sampai ke bumi, karena terhalang oleh awan. Sehingga udara saat itu tidak panas.

Cuaca panas artinya matahari bersinar terang dan udara sangat panas. Pengaruh suhu udara yang tinggi membuat kulit seperti terbakar. Saat itu cahaya matahari menyilaukan mata dan panas tinggi.

Cuaca cerah artinya langit terang, tidak berawan, dan udara terasa hangat. Pada sat itu sinar matahari bersinar dengan terang. Cuaca dingin artinya keadaan udara terasa dingin.

Jika akan hujan suhu udara sangat rendah. Suhu udara saat itu berbeda, tidak seperti biasanya. Cuaca hujan artinya titik-titik air hujan berjatuhan ke bumi.

Macam macam Awan dan Cuaca

Kita akan lanjutkan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 ini dengan membahas tentang macam-macam awan dan apa hubungannya dengan cuaca. Bagaimanakah proses terbentuknya awan?

Matahari tidak pernah berhenti bersinar. Matahari memanaskan sungai, lautan , tanah, hutan, dan udara di bawahnya. Panas matahari dapat menguapkan air sungai dan air laut. Air yang naik ke atas udara disebut uap.

Uap air yang naik ke atas berkumpul menjadi banyak. Karena udara di langit dingin, uap air yang terkumpul membentuk awan. Untuk membentuk awan, dibutuhkan butiran uap air yang banyak.

Setelah terkumpul dalam waktu lama, butiran awan bertambah banyak. Butiran awan menggumpal dan saling bertabrakan. Awan yang tebal membentuk tetesan air. Hal ini terjadi karena panas matahari dari atas.

Tetesan air terjadi terus-menerus semakin banyak. Bila tetesan air cukup besar, maka akan jatuh ke bumi. Jatuhnya air dari awan di udara disebut hujan.

Kondisi awan sangat berpengaruh terhadap cuaca. Keadaan awan dalam suatu daerah dapat menentukan cuaca. Misalnya untuk mengetahui cuaca hari mendatang. Awan terbagi menjadi tiga macam. Yaitu awan sirus, awan kumulus, dan awan stratus.

Awan sirus mengambang paling tinggi di awan. Awan sirus berbentuk serabut-serabut halus. Awan sirus memiliki warna putih. Awan sirus merupakan tanda-tanda cuaca cerah akan berakhir. Matahari akan kelihatan dikelilingi lingkaran cahaya. Adanya awan sirus bertanda akan hujan.

Awan kumulus berbentuk gumpalan putih. Pada bagian dasarnya sama rata. Awan kumulus mengambang di bawah awan sirus. Awan ini merupakan awan yang amat tebal. Dengan bagian atas menyerupai bunga kol.

Awan kumulus terbentuk pada cuaca panas. Adanya awan kumulus menandakan cuaca panas. Cuaca hari itu akan panas dan kering. Awan tampak terang jika dihadapkan matahari. Cahaya sebagian menyebabkan awan berwarna kelabu.

Ada jenis awan kumulus yang lain. Awan ini berbentuk gumpalan-gumpalan hitam. Awan ini menandakan cuaca akan hujan. Hujan deras disertai angin dan petir.

Awan stratus berbentuk lembaran berlapis-lapis. Lapisannya melebar seperti kabut. Awan berada di bawah ketinggian 1000 meter. Awan mengambang dekat dengan permukaan bumi. Ketika dilihat awan ini berwarna abu-abu. Adanya awan stratus menyebabkan hujan gerimis.

Simbol Cuaca

Cuaca diberitakan di televisi dan media cetak. Cuaca sering digambarkan berupa simbol-simbol. Hal ini diberitakan dalam surat kabar. Di bawah ini beberapa simbol tentang cuaca.

simbol simbol cuaca

Cuaca dan Perubahannya IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2

Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan.

Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.

Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.

Cuaca dan Kehidupan Manusia

Saat cuaca cerah, kamu dapat membantu ibu menjemur pakaian basah. Matahari yang panas akan mengeringkan pakaian basah.

Begitu pula dengan perajin kerupuk. Saat cuaca cerah, mereka dapat menjemur kerupuk hingga kering. Kerupuk pun siap digoreng.

Saat cuaca berawan, kamu akan nyaman bermain di lapangan bersama teman-teman. Kamu dapat bermain layangan, sepeda, dan sepak bola.

Saat cuaca mendung, kamu dapat mengajak temanmu bermain di teras rumah. Jika hujan, bantulah ibu mengangkat jemuran. Hujan membuat petani senang karena sawah tidak akan kering.

Saat hujan deras terus-menerus, kita harus waspada. Jika saluran air tersumbat, banjir dapat melanda lingkungan rumah kita. Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan agar lingkungan kita menjadi nyaman.

Dampak Perubahan Cuaca

Akhir-akhir ini cuaca seakan-akan tak menentu. Suhu udara pada siang hari terasa sangat panas. Namun, pada malam hari, suhu udara terasa dingin. Keesokan harinya, hujan pun turun.

Perubahan cuaca yang sangat cepat disebut cuaca ekstrem. Cuaca ini dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit. Penyakit yang biasa muncul pada cuaca ekstrem, antara lain.

  1. Flu. Jika kondisi tubuh lemah atau kurang sehat, orang dapat terserang flu.
  2. Mimisan. Jika udara terlalu panas, orang akan mudah mimisan.
  3. Sesak napas. Suhu udara yang berubah cepat dapat menyebabkan sesak napas.

Penyakit-penyakit seperti ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Berikut cara-cara agar terhindar dari penyakit akibat cuaca yang ekstrem.

1. Menjaga Kebugaran Tubuh Berolahraga yang cukup dapat menjaga kebugaran tubuh.

2. Hindari Kontak Langsung Sinar Matahari Gunakan pakaian lengan panjang. Hal ini agar kulit terlindung dari sinar matahari langsung, kecuali pada jam-jam tertentu yang kaya vitamin E.

3. Gunakan Masker. Di sekitar kita banyak debu. Sebaiknya, kita menggunakan masker. Khususnya pengendara roda dua.

Nah, untuk itu kita harus selalu waspada. Macam-macam penyakit dapat muncul karena cuaca ekstrem.

Pengaruh Cuaca terhadap Kesehatan dan Perilaku

Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia. Pengaruhnya adalah sebagai berikut.

1. Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

Udara yang sejuk, tidak terasa panas. Angin berhembus dengan lembut. Kita pun dapat tidur dengan nyenyak. Kebalikannya, udara yang panas membuat kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman.

2. Hujan dapat membuat alergi kian parah.

Banyak orang yang pilek karena alergi. Salah satunya karena cuaca dingin. Saat cuaca hujan, udara menjadi lebih dingin. Alergi pun dapat bertambah parah.

3. Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati.

Saat cuaca cerah, langit terlihat biru. Kicauan burung-burung pun terdengar. Suasana ini dapat membuat hati bahagia sepanjang hari.

Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar. Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.

Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal agar tubuh tidak kedinginan.

Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 “Perubahan Cuaca”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 tentang Perubahan Cuaca di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 “Perubahan Cuaca”

SeSetelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 tentang Perubahan Cuaca di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5ebaab57fbeb9a001b674139/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 “Perubahan Cuaca”

Demikianlah materi Perubahan Cuaca IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 untuk belajar secara hybrid yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan