Taman Batu Padalarang, Destinasi Bersejarah di Padalarang

Taman Batu Padalarang, Destinasi Bersejarah di Padalarang

Loading...

Taman Batu Padalarang, Destinasi Bersejarah di Padalarang – Padalarang menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Salah satu destinasi yang layak diberikan spot light adalah Taman batu yang merupakan tempat bersejarah yang tersusun dari bukit-bukit kapur.

Ada penelitian yang menyatakan Tempat ini dulunya adalah sebuah laut dangkal namun karena perubahan iklim membuatnya mengering. Di tempat ini juga ditentukan fosil-fosil koral yang berumur ribuan tahun.

Destinasi wisata berada pada ketinggian 709 mdpl dan berada pada kawasan wisata gunung Pawon. Pengunjung bisa menikmati relief pasir yang terdapat pada taman batu ini.

Sejak tahun 2014 Taman Batu Padalarang sudah menjadi pilihan beberapa masyarakat seperti orang Bandung dalam menghabiskan waktu liburan.

Daya tarik Taman Batu Padalarang

Saat berada d isini kita seakan berada didunia lain, seakan kita berada pada masa zaman prasejarah. Karena hamparannya didominasi dengan batuan-batuan yang berserakan. Sekilas mirip pemandangan yang ada di film Jurassic Park.

Ada bekas danau yang bisa dieksplorasi, meskipun sudah tak berair lagi tapi bisa dijadikan bukti bahwa ribuan tahun yang lalu pernah ada ekosistem bahari di tempat ini.

Taman Batu Padalarang juga disebut mirip dengan Christmas Island yang ada di Australia. Bentuk geografisnya bisa dikatakan identik. Daripada pergi jauh-jauh ke luar negeri, lebih baik berwisata di negeri sendiri yang pesonanya tak kalah indah.

Karena berada di kawasan gunung Pawon, membuat pengunjung bisa melihat pemandangan kota Padalarang dari atas. Dan tentunya bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan foto.

Selain danau, ada sebuah gua berusia ribuan tahun yang masih terjaga kelestariannya. Bahkan kita juga bisa menemukan fosil manusia purba di sana. Tak perlu takut untuk menyusurinya karena disediakan pemandu yang siap membantu kita.

Gua gunung Pawon juga memiliki nilai estetik yang membuatnya cocok dijadikan spot foto.

Letaknya yang berada di ketinggian bisa dimanfaatkan untuk melihat sunset dan sunrise. Kondisi awan yang bersih dari polusi. Membuat langit nampak begitu cerah dan sejuk.

Taman Batu Padalarang ini semakin lama semakin banyak pengunjungnya, dikarenakan keunikannya yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Mengunjunginya kita bisa merasakan kehidupan dari masa prasejarah dilengkapi dengan kondisi lingkungannya yang masih lestari.

Alamat Taman Batu Padalarang

Alamat Taman Batu Padalarang berada di Citatah, Padalarang, Gunung Masigit, Kabupaten Bandung Barat. Jika mengambil jalan dari arah karang Hawu diperlukan waktu kurang lebih 20 menit karena berjarak 8 Kilometer saja.

Jika mengambil arah dari pusat Padalarang, kita perlu waktu 15 menit saja via kendaraan bermotor.

Bagi yang berasal dari Jakarta bisa menuju jalan tol Padalarang. Jika berasal dari kota Bandung bisa menuju jalan tol Cipularang.

Untuk harga tiketnya bisa dikatakan terjangkau hanya Rp 3000 rupiah saja per orang. Jika mengunjungi gunung Pawon ada tambahan lagi jadi 6000 rupiah. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

So, selamat berlibur untuk melepaskan penat sejenak (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan