Materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”

IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 dengan kajian tentang Listrik Statis dan Listrik Dinamis.

Listrik sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupannya. Secara garis besar, energi listrik dibedakan menjadi dua, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Kedua jenis listrik tersebut menghasilkan energi listrik.

Energi listrik dihasilkan oleh sumber energi listrik. Contohnya, air, angin, sinar matahari, dan bahan kimia. Dalam pemakaiannya, energi listrik mengalami perpindahan dan perubahan bentuk. Perpindahan dan perubahan bentuk energi listrik terjadi pada alat listrik yang terhubung dengan sumber listrik. Penjelasannya dapat kalian temukan pada modul online ini.

Listrik Statis

Dekatkan tangan kalian ke layar televisi yang baru dimatikan. Amatilah rambut pada tangan kalian tersebut. Apa yang terjadi? Rambut di tangan kalian tampak berdiri, bukan? Peristiwa itu terjadi karena adanya gejala listrik statis. Gejala listrik statis juga terjadi pada penggaris mika.

Sobeklah kertas menjadi serpihan kecil. Gosokkan penggaris plastik ke rambut kering selama 2 menit. Dekatkan penggaris ke serpihan kertas. Apakah yang terjadi pada kertas?

Kalian melihat serpihan kertas mendekati penggaris. Bahkan, ada yang menempel di penggaris. Demikian pula ketika penggaris didekatkan ke tangan. Rambut di tangan berdiri dan tertarik ke penggaris, bukan? Bagaimanakah hal itu terjadi?

Setiap benda mempunyai ribuan muatan listrik. Muatan listrik ada dua macam, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron). Benda dengan jumlah proton dan elektron sama disebut benda netral. Ada pula benda bermuatan positif maupun bermuatan negatif.

Benda bermuatan positif jika jumlah proton lebih banyak daripada elektron. Benda bermuatan negatif jika jumlah elektron lebih banyak daripada proton.

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik.

Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar.

Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Perubahan Energi Listrik (IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2)

Energi listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi lain menggunakan alat-alat listrik. Kalian akan memahaminya setelah mencermati uraian berikut.

1. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas

Energi listrik dapat diubah menjadi panas. Ada banyak alat yang dapat mengubahnya. Contohnya, setrika listrik, kompor listrik, dispenser, dan solder. Di dalam alat-alat tersebut terdapat elemen pemanas. Ketika dialiri arus listrik, elemen pemanas menjadi panas.

2. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya

Dahulu, malam hari terasa gelap gulita. Orang hanya menggunakan lampu minyak sebagai penerangan. Cahaya lampu minyak redup sehingga keadaan di sekitar tidak jelas terlihat.

Sekarang, orang sudah mengenal lampu listrik. Lampu listrik mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Dengan lampu listrik, malam hari menjadi terang benderang. Kalian pun dapat belajar dengan nyaman.

3. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Kalian masih ingat dengan mobil-mobilan baterai, bukan? Mobil-mobilan baterai bergerak dengan memanfaatkan baterai.

Roda mobil dapat berputar karena terhubung dengan motor listrik. Motor listrik inilah yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Ada banyak peralatan rumah yang memiliki motor listrik.

Adanya motor listrik membuat peralatan tersebut dapat menghasilkan energi gerak. Contohnya, kipas angin, blender, mesin cuci, dan pengering rambut.

4. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi

Adakah televisi atau radio di rumah kalian? Radio, televisi, handphone (hp), dan bel listrik merupakan penghasil bunyi. Namun, alat itu tidak berfungsi jika tidak ada listrik. Dengan demikian, alat-alat tersebut mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 tentang Listrik Statis dan Listrik Dinamis di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 tentang Listrik Statis dan Listrik Dinamis di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/602d322fbeeded001bef5e3b/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”

Demikianlah modul online Materi IPA Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 tentang Listrik Statis dan Listrik Dinamis ini kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan