Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Hindu

Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Hindu, Buddha dan Islam

Loading...

Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Hindu, Buddha dan Islam – Masyarakat Indonesia sejak dulu mewarisi agama secara turun-temurun, yaitu Hindu, Buddha dan Islam. Masuknya agama-agama tersebut berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Indonesia.

Proses masuknya pengaruh budaya Hindu dan Buddha ke Indonesia terjadi karena adanya hubungan dagang antara Indonesia dan India. Kebudayaan yang datang dari India mengalami proses penyesuaian dengan kebudayaan asli Indonesia.

Sejak ribuan tahun yang lalu, penduduk India telah melakukan perdagangan dengan bangsa-bangsa lain di Asia melalui celah sempit yang ada di antara Pegunungan Himalaya yang dikenal dengan celah Kaibar. Celah Kaibar ini merupakan satu-satunya jalur yang sering digunakan oleh para pedagang untuk keluar masuk India. Sehingga dalam perkembangannya, berkembanglah peradaban Hindu dan Budha di India, tepatnya di daerah-daerah sungai, seperti Sungai Indus dan Sungai Brahmaputra.

peta Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Hindu


Kegiatan ekonomi terus berkembang diikuti dengan persebaran agama hindu-budha. Kegiatan ekonomi yang muncul yaitu berupa kegiatan perdagangan. Barang-barang yang diperdagangkan biasanya berasal dari hasil kekayaan alam dan dapat juga berupa produk olahan masyarakat. Untuk alat pembayaran sudah menggunakan uang-uang logam dalam memudahkan kegiatan ekonomi.

Negara Indonesia sendiri telah mengenal sistem pelapisan sosial sejak berabad-abad yang lalu di mulai dari masa pra-sejarah, masa kerajaan hindu, kemudian masa penjajahan dan masa sekarang ini, walaupun Indonesia menjunjung tinggi persamaan derajat namun sistem pelapisan sosial ini tidak bisa lepas karena sistem sosial ini memegang peranan dalam menjaga keseimbangan peran masing-masing.

Indonesia sendiri telah mengenal sistem pembagian kerja dimana pihak pria yang berburu dan mencari makan sedangkan pihak wanita yang bertugas mengurus urusan rumah tangga seperti memasak dan menjaga anak, lambat laun terjadi perkembangan dimana dibentuknya undagi atau kelompok yang ahli dibidangnya dan diiringi dengan kepala suku serta skeanggotaannya untuk mengatur kelancaran sistem bermasyarakat.

Ketika masa kerajaan Hindu masuk di Indonesia diketahui abad ke-4 dimana terdapat bukti sejarah yaitu berdirinya kerajaan Hindu tertua yaitu Kutai. Pada masa Hindu inilah berkembang sistem kasta yang berdasarkan kepada kekuasaan dan kewenangan. Kehidupan masyarakat Indonesia masa hindu ini saat ini sudah tidak begitu membekas.

Masa Penjajahan dimulai dari masa kolonialisme Belanda dimana terdapat 3 golongan yaitu orang Belanda dan Eropa yang merupakan golongan kelas satu, kemudian di kelas dua, ada golongan Indo-Eropa dan Asia timur, yang terdiri dari China, India atau arab. Dan terakhir adalah Golongan Bumi putra yaitu orang Indonesia yang merupakan pegawai pemerintahan maupun petani dan pedagang.

Sistem stratifikasi sosial berkembang hingga masa modern ini yang dimulai dari bagian terkecil yaitu masyarakat terdapat tokoh agama, tokoh yang disegani, pihak RT dan RW, kelurahan, kecamatan dan lainnya. Kemudian berkembang dalam sistem pemerintahan Negara dimana masing-masing telah memiliki peranan sosial yang harus dijalani, stratifikasi sosial tidak bisa hilang dan berdasarkan pada keterampilan, kekayaan, kekuasaan, serta tingkat popularitas.

peta persebaran Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Hindu

Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 sampai dengan 13 M dibawa oleh orang-orang muslim dari Arab, Persia, dan India (Gujarat dan Benggala). Adapun golongan pembawa agama Islam tersebut adalah melalui jalur perdagangan karena rempah-rempah pedagang dari berbagai negeri berlomba-lomba untuk mendapatkan monopoli perdagangan di Indonesia.

Pada saat mereka datang, karena pulang dan perginya menggunakan tenaga angin muson barat dan timur, maka mereka menetap di Indonesia dalam waktu kurang lebih 3 sampai dengan 5 bulan. Dalam waktu itulah terjadi interaksi sosial antara penduduk pribumi dengan pendatang.

Demikianlah bahasan kami mengenai Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Hindu, Buddha dan Islam yang bisa kami sampaikan. Kurang lebihnya kami mohon maaf dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan