IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 “Perkembangan Teknologi Transportasi”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 dengan kajian tentang Perkembangan Teknologi Transportasi.

Bayangkan, kamu harus pergi jauh. Kamu bisa berjalan kaki, tetapi butuh waktu lama. Apa yang dapat kamu lakukan?

Kamu dapat menggunakan alat transportasi. Yaitu, alat yang digunakan untuk mengangkut barang atau manusia dari satu tempat ke tempat lain. Alat transportasi apa saja yang sudah kamu ketahui?

Mari, kita bersenang-senang belajar tentang alat transportasi di modul online tema 7 ini!

 

Alat Transportasi

Kakek Udin bercerita tentang bermacam-macam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita.

Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel.

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh.

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut.

Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan kapaal feri atau kapal pesiar.

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara.

Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

 

Pengertian Transportasi

TRANSPORTASI adalah kegiatan pemindahan penumpang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain. Transportasi timbul karena adanya proses pemenuhan kebutuhan. Perkembangan transportasi awalnya menggunakan teknologi yang sangat sederhana, yang didasarkan kepada pengamatan-pengamatan yang alamiah.

Filosofi dasar pengembangan teknologi transportasi adalah usaha meningkatkan kinerja pergerakan penumpang dan barang dengan berpatokan pada indikator jenis dan karakteristik teknologi transportasi. Kendala yang dihadapi di dalam transportasi : keterbatasan muatan dan jarak tempuh.

Sampai saat ini, belum dihasilkan suatu bentuk teknologi transportasi yang benar-benar mampu memenuhi setiap aspek di atas, yaitu kapasitas angkut, jarak tempuh, kecepatan  pergerakan, kenyamanan dan keringanan biaya transportasi.

 

Perkembangan Teknologi Transportasi (IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4)

Transportasi untuk memindahkan objek dilakukan pertama kali dengan menggunakan tenaga manusia seperti menjinjing, memikul. Karena keterbatasan kemampuannya, manusia mulai menggunakan rakit atau perahu untuk memindahkan objek dengan bantuan tenaga manusia lalu digantikan oleh angin (Pengamatan alamiah di air) setelah roda ditemukan.

Manusia mulai membuat alat transportasi (sarana) dengan menggunakan tenaga hewan untuk memindahkan objek. Daya angkut dan jarak tempuh menjadi bertambah. Tantangan tersebut dapat di pecahkan pada “era revolusi industri” pada tahun 1829 mesin uap ditemukan, tenaga-tenaga hewan sebagai tenaga gerak mulai digantikan oleh tenaga mesin uap dan setelah era mesin uap, tenaga gerak digantikan oleh mesin-mesin bakar.

Gambaran perkembangan teknologi transportasi secara singkat dapat di jelaskan sebagai berikut :

 

Transportasi Darat

Perpindahan dengan tenaga manusia (menjinjing , memikul). Karena keterbatasan daya angkut, mulai digunakan tenaga hewan untuk memindahkan objek (kapasitas angkut masih terbatas).ditemukan roda, selanjutnya dihasilkan berbagai ukuran dan tipe kendaraan: kuda/pedati.

Sejalan dengan perkembangan teknologi automotif, metal, elektronika dan informatika manusia berhasil memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk menciptakan berbagai jenis dan ukuran kendaraan bermotor serta lokomotif yang semuanya berhasil menjawab tuntutan akan kapasitas angkut, jarak tempuh, kecepatan pergerakan dan kenyamanan serta keselamatan.

 

Transportasi Laut

Sebelum mampu memanfaatkan tenaga angin , rakit dan sampan merupakan pilihan utama untuk angkutan penumpang dan barang. Transportasi laut untuk komersial atau niaga dimulai sejak 3000 tahun sebelum Masehi oleh bangsa Yunani sekitar 800 tahun sebelum Masehi.

Pada abad ke – 18 kapal yang digerakkan dengan mesin uap sudah beroperasi menggantikan kapal layar. Tahun 1916 sistem transportasi laut yang teratur / schedule pertama kali dilakukan dengan rute Liverpool – New York.

 

Transportasi Udara

Belajar dari kemampuan alamiah burung merpati untuk dapat terbang di angkasa raya , manusia mengembangkan teknologi automotif, elektronika , mekanika ,di dalam usaha mewujudkan suatu bentuk teknologi.

Transportasi yang mampu secara cepat , nyaman memindahkan penumpang dan barang dalam jumlah yang lebih banyak hingga ke tempat – tempat yang jauh.

Secara historis sistem transportasi udara merupakan moda transportasi yang berkembang belakangan di banding dengan moda transportasi lainnya.

Pada tahun 1903 , pesawat terbang untuk pertama kalinya berhasil diterbangkan. Pada tahun 1914 , mulai di perkenalkan angkutan penerbangan yang sifatnya komersial yang terjadwal. Pada tahun 1969 manusia sudah bias mendarat di bulan.

 

Fungsi Transportasi Dalam Perekonomian

Transportasi dapat di artikan perpindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Dalam transportasi terdapat 3 hal berikut, yaitu:

  • Ada barang atau orang yang akan pindah atau dipindahkan
  • Ada kendaraan sebagai sarana transportasi.
  • Ada jalan (prasarana) yang di lalui.

Transportsi dikatakan sebagai kebutuhan turunan (derived demand) karena keperluan akan jasa transportasi bertambah dengan meningkatnya kegiatan ekonomi dan berkurang jika terjadi kelesuan ekonomi.

Jadi dalam hal ini fungsi transportasi adalah sebagai sektor penunjang pembangunan dan pemberi jasa bagi perkembangan ekonomi.

 

Pergi dengan Alat Transportasi (IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4)

Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.

Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersama-sama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta.

Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor.

Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi.

Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakan alat transportasi umum bus dan kereta.

 

Alat Transportasi Khusus

Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat transportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk.

Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkut orang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat-alat kesehatan.

Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba di tempat yang dituju.

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene.

Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat. Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. Pelajari lagi macam-macam alat transportasi khusus.

Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orang-orang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.

 

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 “Perkembangan Teknologi Transportasi”

https://www.youtube.com/watch?v=0Zz26CH1b5Y

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 tentang Perkembangan Teknologi Transportasi di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

 

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 “Perkembangan Teknologi Transportasi”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 tentang Perkembangan Teknologi Transportasi di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5eacc8a9458ed6001c6121bd/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 “Perkembangan Teknologi Transportasi”

Demikianlah modul online Materi IPA Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 tentang Perkembangan Teknologi Transportasi yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

 

 

Loading...

Tinggalkan Balasan