pengusaha yang malas belajar

Jika Anda Pengusaha Yang Malas Belajar, Ini Akibatnya!

Loading...

Pengusaha yang malas belajar dapat mengakibatkan usahanya sulit berkembang. Walaupun saat ini usahanya sudah berhasil namun di masa yang akan datang sangat rentan dari ancaman pesaing. Sudah banyak contoh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maupun di dunia yang tumbang karena tergilas perubahan dan terlambat meresponsnya.

Demi perkembangan usaha yang dijalankan maka seorang pengusaha atau wirausaha diharuskan meningkatkan kemampuan diri dalam segala hal. Jika seorang pengusaha malas untuk belajar maka akan menimbulkan banyak akibat yang buruk terjadi. Seperti halnya zaman terus berkembang, ketika pengusaha tidak belajar maka sudah pasti akan tertinggal dengan perkembangan tersebut.

Lalu bagaimana dengan Anda saat ini? Apakah anda masih rajin untuk terus belajar akan hal-hal baru? Jangan sampai mentang-mentang sudah merasa sukses malah menjadikan Anda lengah dan malas dalam belajar. Karena di sisi bumi yang lain bisa jadi pesaing Anda sedang rajin-rajinnya belajar dan bisa jadi akan mengalahkan usaha Anda. Baiklah langsung saja pengusaha yang malas belajar dapat mengakibatkan usahanya antara lain :

1. Usaha menjadi tidak berkembang

Seseorang yang rajin belajar, baik itu belajar teori, praktek atau belajar dari pengalaman, dia akan mampu melakukan sebuah inovasi dan kreatifitas. Selain itu pengusaha yang terus belajar akan memiliki pemikiran-pemikiran yang jitu jika mengalami sebuah kendala dalam menjalankan sebuah usaha. Namun sebaliknya jika sudah malas belajar. Hal-hal yang barusan saya sebut semuanya tidak akan terjadi. Justru perusahaan akan mengalami sebuah penurunan dari berbagai aspek yang akhirnya menjadikan sebuah usaha tidak berkembang.

2. Kalah dalam pesaingan pasar usaha

Akibat yang kedua jika seorang pengusaha tidak mau belajar lagi akan mudah terkalahkan dalam pesaingan pasar. Ini adalah sebuah fakta yang harus Anda terima sebagai pengusaha. Persaingan menuntut Anda untuk lebih cepat, lebih cerdas, lebih tepat sasaran dan peningkatan lainnya. Jika Anda tidak melakukan peningkatan-peningkatan tersebut, sudah pasti akan mudah dikalahkan dalam persaingan pasar.

Apalagi jika kompetitor bisnis Anda adalah orang yang rajin belajar dan meningkatkan kemampuan mereka. Kalau Anda malas belajar, maka habislah usaha Anda dikalahkan oleh mereka.

3. Rentan melakukan kesalahan yang sama dalam menjalankan usaha

Selain itu Anda harus belajar juga dari pengalaman yang Anda alami selama ini. Dengan begitu Anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama dalam menjalankan sebuah usaha. Seperti kata pepatah bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik, dan pengalaman Anda menjalankan usaha tersebut lah yang akan menjadikan Anda pengusaha yang lebih baik di masa depan. Dengan catatan mau mengambil pelajaran dari setiap pegalaman tersebut.

4. Mengalami penurunan kualitas produk maupun jasa

Hal lain yang akan terjadi ketika seorang pengusaha malas belajar, usahanya akan mengalami banyak penurunan kualitas, baik itu produk atau jasa yang dijual. Kenapa bisa begitu? Karena tidak mau belajar dari testimoni dan penjualan yang sudah berjalan. Padahal testimoni tersebut adalah sebuah peringatan bagi sebuah usaha untuk terus mempertahankan kualitas mereka. Jangan terlalu senang dengan review positif dan juga harus segera melakukan perbaikan jika mendapatkan review yang negative. Dengan begitu kualitas produk atau jasa yang Anda hasilkan akan mampu terjaga dengan baik dari waktu ke waktu.

5. Ditinggalkan para pelanggan

Seseorang yang tidak mau terus belajar tidak akan mampu melakukan inovasi dengan baik dalam menjalankan usaha. Akhirnya usaha akan berjalan biasa-biasa saja bahkan dengan pelayanan yang cukup membosankan. Hal ini akan menyebabkan sebuah usaha menjadi ditinggalkan oleh pelanggan mereka. Sebelum hal tersebut terjadi pada usaha Anda, maka belajarlah dari sekarang. Lakukan pembaharuan-pembaharuan sistem usaha Anda. Dengan begitu akan terus menjadi lebih baik. Dan juga jangan lupa untuk menjaga dan memberikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan Anda betah dengan usaha milik Anda tersebut.

6. Mengalami kebangkrutan usaha

Bisa disimpulkan dari beberapa point diatas, jika seorang pengusaha malas belajar maka usahanya akan mudah untuk bangkrut. Mulai dari usahanya yang tidak ada pembaharuan, kualitas menurun, kalah dalam persaingan, kemana lagi arahnya kalau bukan bangkrut. Makanya ini bisa menjadi sebuah pelajaran untuk kita bahwa belajar itu sangat penting untuk kita jalankan.

Sesibuk apapun Anda dalam melakukan sebuah usaha, coba sediakan waktu khusus untuk belajar. Misalkan 1 minggu sekali 2 jam atau bisa 1 minggu sebanyak 2 hingga 3 kali. Gunakan waktu khusus tersebut untuk belajar dengan baik, mulai dari membaca buku, melihat video bisnis, melihat video motivasi dan juga melakukan browsing di internet mengenai kabar-kabar terbaru tekait bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu belajar juga bisa dari catatan keuangan, catatan kegiatan usaha dan juga yang lainnya. Bisa disebut sebagai belajar melakukan evaluasi usaha. Dan belajar yang terakhir adalah dari pengalaman menjalankan usaha Anda selama ini. Dengan mengumpulkan semua materi pembelajaran yang sudah disebut tadi, InsyaAllah Anda akan menjadi pengusaha yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Demikian pembahasan kali ini mengenai akibat pengusaha yang malas belajar, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.(maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan