menjaga berat badan saat liburan

Tips menjaga berat badan saat liburan

Loading...

Menjaga berat badan saat liburan kadang terlupakan. Akibatnya bisa-bisa saat pulang dari liburan pipi tambah tembem dan perut semakin maju ke depan. Hehehe..

Liburan bagi banyak orang adalah waktu yang paling ditunggu untuk dinikmati. Kita bisa melepas penatnya kerja, berkumpul dengan keluarga atau melakukan hobi yang kita suka.

Kegiatan selama liburan juga sebaiknya bersifat positif dan produktif. Karena kebanyakan orang memilih menghabiskan liburannya dengan bermalas-malasan.

Bermalas-malasan tentu tidak baik untuk kesehatan. Tubuh yang jarang bergerak beresiko mengalami kegemukan karena lemak yang tertimbun.

Kegemukan saat liburan bisa dicegah dengan berbagai tips menjaga berat badan saat liburan yang sudah dirangkum dalam artikel di bawah ini.

Lakukan kegiatan produktif

Liburan bukan berarti kita harus bermalas-malasan. Jika muncul hasrat seperti itu segera lawan. Jangan sampai bermalas-malasan menjadi kebiasaan. Karena akan sulit untuk merubahnya.

Lakukan kegiatan yang membuat badan kita bergerak. Seperti jogging, yoga, bersepeda dan yang lainnya.

Intinya tubuh harus bisa berkeringat untuk mengeluarkan lemak-lemak yang menumpuk. Jika hal ini sudah bisa kita biasakan, tubuh tidak akan mengalami kegemukan dan metabolisme berjalan lancar.

Makan makanan bergizi

Seringkali libur menjadi sumber naiknya berat badan karena naiknya nafsu makan kita. Karena waktu yang begitu luang membuat kita sering mengemil makanan.

Loading...

Kita harus mengatur siasat agar kebiasaan mengemil makanan tidak membuat perut kita gemuk.

Caranya hindari makanan-makanan yang kolesterol tinggi, berpengawet dan tinggi penyedap rasa. Hindari gorengan, junk food, permen, coklat dan dan sebagainya. Atau makan tapi dengan porsi yang sedikit.

Lebih baik rajin memakan sayuran, kacang-kacangan, atau camilan yang tidak berguna tinggi. Makanan bergula tinggi akan memicu naiknya lemak dalam tubuh.

Tidur yang cukup

Walau libur mungkin tidak memaksa kitab bangun pagi. Kita tetap harus memperhatikan waktu tidur kita. Jangan sampai kurang atau pun lebih. Dokter menyarankan waktu tidur terbaik adalah kurang lebih 8 Jam.

Kurang tidur akan membuat tubuh cepat lelah dan berdampak pada naiknya nafsu makan. Sementara sering tidur akan membuat metabolisme berjalan lambat yang akan memicu terjadinya berat badan.

Perbanyak makan berserat tinggi

Salah satu faktor untuk membuat tubuh tetap ideal saat berlibur adalah konsumsi makanan berserat. Kandungan yang ada di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh.

Banyak ahli kesehatan menyebut makanan berserat tinggi bisa meningkatkan fungsi organ vital, baik untuk pencernaan dan bisa menurunkan berat badan.

Loading...

Saat libur biasakan makan-makanan berserat tinggi seperti bayam, jagung, pepaya, pisang dan sebagainya. Makanan-makanan tersebut juga kaya akan vitamin, mineral, pektin dan sebagainya. Makanan-makanan ini bisa menjadi salah satu solusi dalam menjaga berat badan saat Anda liburan.

Kurangi Minuman tidak sehat

Mungkin kita tergoda dengan banyak jenis minuman dan berbagai rasa yang ditawarkan. Namun kebanyakan minuman-minuman tersebut memiliki kandungan gizi yang sedikit, berkalori tinggi dan berpengawet.

Hindari minuman beralkohol, bersoda, dan kopi apalagi saat kita libur. Minuman tersebut bisa memicu terjadinya obesitas.

Bahkan bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit seperti diabetes, kencing manis, penyakit jantung dan sejenisnya.

Asupan protein cukup

Agar kita masih bertenaga saat libur jangan lupa memakan sumber protein. Seperti daging sapi, ayam, telur, keju, dan kacang-kacangan.

Pilih protein rendah dan kombinasikan dengan makanan karbohidrat. Ini akan membuat kita tidak cepat lelah dan lapar. Sehingga kita bisa lebih mengontrol pola makan agar tidak berlebihan.

Oke, cukup segini saja ulasan saya tentang tips menjaga berat badan saat liburan. Semoga hidup Anda semakin sehat, menyenangkan, dan bahagia.

Loading...

Tinggalkan Balasan