Ruang Lingkup Public Relation

Ruang Lingkup Public Relation Secara Garis Besar

Loading...

Ruang lingkup public relation saat ini semakin luas dan menyangkut berbagai sisi. Public relation tidak hanya dibutuhkan oleh lembaga, organisasi, atau perusahaan. Saat ini seorang pribadi pun membutuhkan sentuhan public relation. Ketika kita bersentuhan dengan masyarakat baik di dunia nyata maupun secara online di situlah public relations hadir.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, banyak perubahan yang terjadi dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana perusahaan mampu menghadapi perubahan tersebut?

Tentu saja, perubahan sangat mutlak dibutuhkan agar perusahaan dapat berkembang semakin maju. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berjiwa eksploratif. Sumber daya manusia ini haruslah memiliki banyak inisiatif dan sarat akan kreativitas dalam menghadapi tantangan.

Perusahaan yang memiliki Public Relations di dalamnya akan mampu meminimalkan terjadinya ketegangan di dalam perusahaan dan perubahan yang berasal dari luar perusahaan. Ini karena perusahaan tersebut senantiasa memiliki keterbukaan dan aktif mencermati hubungan (yang terintegrasi) antara perusahaan dengan publik internal maupun eksternalnya.

Pada dasarnya ruang public relation internal dan eksternal perusahaan sangat terkait. Ruang lingkup public relation internal menyangkut komunikasi perusahaan dengan stakeholder-nya, sedangkan public relation eksternal menyangkut komunikasi dan relasinya dengan masyarakat luas.

Komunikasi dalam Public Relations menjadi langkah sentral, baik yang bersifat tatap muka maupun komunikasi massa. Begitu pula dalam komunikasi internal maupun eksternal, para kelompok kerja harus memperhatikan situasi dan strategi untuk memecahkan masalah yang akan dihadapi.

Sebaiknya perusahaan telah menentukan jenis komunikasi yang akan digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam komunikasi. Dengan begitu, rasa kepercayaan sesama anggota perusahaan pun terbentuk. Hal ini akan membawa keseimbangan antara kebijakan dengan informasi yang menyebar di dalam perusahaan.

PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

Public Relations memiliki definisi yang berbeda-beda dari tiap tokoh. Akan tetapi, pada dasarnya, esensinya tetap sama. Berikut pendapat para tokoh tersebut:

1. Definisi dari The British Institute of Public Relations:

“Public relations practice is the deliberate, planned, and sustained effort to establish and maintain mutual understanding between an organization and its public.”(upaya yang sungguh-sungguh, terencana, dan berkesinambungan untuk menciptakan dan membina saling pengertian antara organisasi dengan publiknya).

2. Definisi yang lebih luas dari Public Relations News:

“The management function which evaluates public attitude, identifies the policies and procedures of an individual or an organization with the public interest, and executes a program of action to earn public understanding and acceptance.” (Fungsi/aktivitas manajemen berupa mengevaluasi tindakan publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur atas individu atau organisasi dalam kaitannya dengan kepentingan publik, dan melancarkan sebuah tindakan atau program agar dapat memperoleh pemahaman dan penerimaan dari publik).

3. Pernyataan Edward L. Bernays dalam bukunya, Public Relations:

“Public Relations has three meanings: (1) information given to the public, (2) persuasion directed to the public to modify attitude and actions of an institution, (3) efforts to integrate attitudes and actions of an institution.”(Public Relations memiliki tiga arti: (1) penerangan (informasi) kepada masyarakat, (2) persuasi (ajakan) untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat, (3) upaya untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan suatu institusi dengan sikap dan perbuatan masyarakat, dan sebaliknya).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa definisi Public Relations di atas memiliki beberapa kesamaan:

  1. Public Relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh goodwill, kepercayaan, saling pengertian, dan citra yang baik dari publik atau masyarakat.
  2. Sasaran Public Relations adalah menciptakan opini publik yang favourable (baik) dan menguntungkan semua pihak.
  3. Public Relations merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen untuk mencapai tujuan yang spesifik dari perusahaan.
  4. Public Relations adalah upaya untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara suatu institusi atau perusahaan dengan masyarakat melalui proses komunikasi timbal balik atau dua arah.

Pada hakikatnya, Public Relations adalah sebuah fungsi kepemimpinan dan manajemen yang membantu pencapaian tujuan sebuah organisasi atau perusahaan, membantu mendefinisikan filosofi, serta memfasilitasi perubahan organisasi atau perusahaan tersebut. Seperti disebutkan tadi bahwa ruang lingkup public relations mencakup internal dan eksternal organisasi atau perusahaan.

MEDIA KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS

Media Public Relations sangat beragam. Berikut beberapa media Public Relations dalam Mukarom dan Laksana (2015):

  1. Iklan. Iklan adalah sebuah pesan atau berita yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat luas mengenai suatu produk atau jasa yang dimiliki oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk diperjualbelikan atau pun disertakan dalam transaksi lainnya. Iklan berfungsi untuk memasarkan dan memperkuat kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk barang atau jasa.
  2. Internet. Kebutuhan manusia akan internet tidak perlu diragukan lagi. Banyak pemasaran produk barang dan jasa dilakukan melalui internet. Hal ini pun sering kali mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Dengan melakukan transaksi lewat internet, sebuah organisasi atau perusahaan dapat menghemat biaya dan anggaran mereka.
  3. Media cetak. Media cetak yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari (dalam kaitannya dengan humas) umumnya adalah koran dan majalah. Media-media cetak ini menyajikan beragam informasi, baik kuliner, mode, maupun kasus terkinidi masyarakat. Media cetak memperbarui beritanya tiap 24 jam. Media cetak juga melayani info lowongan kerja. Ketika tidak bisa mengakses internet, media cetak menjadi pilihan solusi dalam mencari informasi dan berita.
  4. Fotografi. Foto sangat diperlukan dalam kegiatan publikasi, laporan, berita, iklan, dan dokumentasi penting lainnya. Fotografi merupakan bagian dari PR karena posisinya sebagai bahan dokumentasi dan diperlukan dalam publikasi berita atau informasi.
  5. Pers. Pers adalah kelompok media massa, seperti radio, televisi, surat kabar, majalah, dan buku. Kegiatan yang dilakukan PR dalam pers adalah jumpa pers ketika hendak mengklarifikasi suatu masalah, mengadakan press tour, dan press clipping.

ETIKA DALAM KEGIATAN PUBLIC RELATIONS

Dalam hubungannya dengan kegiatan manajemen perusahaan, sikap etislah yang harus ditunjukkan oleh seorang Public Relations dalam profesinya sehari-hari. Menurut Soemirat (2010), seorang Public Relations harus mempunyai etika-etika yang umum dan tidak umum:

  1. Good communicator for internal and external public (komunikator yang baik untuk publik internal maupun eksternal).
  2. Tidak terlepas dari faktor kejujuran (integrity) sebagai landasan utamanya.
  3. Memberikan sense of belonging dan sense of wanted kepada para bawahan atau karyawan di perusahaan (membuat para bawahan atau karyawan merasa diakui atau dibutuhkan).
  4. Menjaga etika sehari-hari dalam berkomunikasi dan berinteraksi.
  5. Menyampaikan informasi-informasi penting kepada anggota dan kelompok yang berkepentingan.
  6. Menghormati prinsip-prinsip rasa hormat terhadap nilai-nilai kemanusiaan.
  7. Menguasai cara dan teknik penanggulangan kasus-kasus sehingga mampu memberikan keputusan dan mempertimbangkannya secara bijaksana.
  8. Mengenal batas-batas moralitas dalam profesinya.
  9. Penuh dedikasi dalam profesinya.
  10. Menaati kode etik Public Relations atau humas.

Media Pembelajaran Interaktif Public Relations

Anda bisa belajar dengan mudah secara offline menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Android yang telah kami sediakan di Android Play Store. Silakan unduh aplikasinya di SINI.

materi online ruang lingkup public relation

Sekian dulu pembahasan kami tentang ruang lingkup public relation secara garis besar. Semoga bermanfaat. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan