Masalah Pokok Ekonomi

Masalah Pokok Ekonomi Klasik dan Ekonomi Modern

Loading...

Materi pembelajaran dan latihan soal ini akan membahas tentang masalah pokok ekonomi. Secara umum masalah ini dibedakan menjadi masalah pokok ekonomi klasik dan ekonomi modern.

Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia dihadapkan pada berbagai masalah. Hal ini dimungkinkan karena jumlah dan macam kebutuhan manusia sangat banyak namun alat pemuas kebutuhannya tidak sebanding.

Kebutuhan manusia pasti ada batasnya, berapapun itu, namun jumlah kebutuhan ini tidak sebanding dengan sumber daya yang dimilikinya, atau kemampuan untuk mengolah sumber daya yang ada.

Pada dasarnya, masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia dibedakan menjadi dua macam, yaitu masalah ekonomi klasik dan ekonomi modern. Pemenuhan kebutuhan manusia ini dalam tingkat negara sangat terkait dengan sistem ekonomi.

Setiap negara pasti mengharapkan dan selalu berusaha untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang baik dan stabil. Negara harus memastikan bahwa sistem ekonomi yang diterapkan sudah sesuai dengan kriteria yang diharapkan, seperti:

  • memberikan kemungkinan untuk mencapai standar kehidupan yang tinggi,
  • menghormati kebebasan ekonomi para individu secara wajar,
  • memberikan kepastian ekonomi bagi seluruh anggota masyarakat,
  • menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (konsumen), dan
  • dapat mendukung tercapainya perkembangan kesejahteraan masyarakat.

Masalah Ekonomi Klasik

Pada lingkup Negara, masalah ekonomi ini dihadapi pasti dihadapi oleh setiap negara, baik oleh Negara maju maupun Negara berkembang. Negara berkembang berusaha mengatasi masalah ekonomi seperti:

  • bagaimana meningkatkan pendapatan perkapita,
  • bagaimana meningkatkan kesejahteraan penduduk yang masih terjerat kemiskinan,
  • bagaimana mengatasi jumlah pengangguran tinggi, dan
  • bagaimana meningkatkan ekspor.

Sedangkan negara maju, berusaha mempertahankan kemajuan ekonomi yang dicapai dan meningkatkan mutu konsumsi agar masyarakat semakin sejahtera. Semua Usaha tersebut pada dasarnya bermuara pada usaha manusia dalam mencapai kemakmuran, yang salah satu tolok ukurnya adalah tersedianya barang dan jasa yang dibutuhkan.

Menurut para tokoh ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi masyarakat dapat digolongkan menjadi tiga permasalahan yaitu produksi, disribusi, dan konsumsi.

  • Masalah Produksi adalah barang dan jasa harus tersedia agar dapat memenuhi kebutuhan manusia. Demi memenuhi hal ini, produsen harus mengetahui barang dan jasa apa saja yang dibutuhkan masyarakat.
  • Masalah Distribusi adalah bagaimana produk dan jasa bisa terdistribusi secara baik hingga sampai ke tangan konsumen yang membutuhkan. Sistem distribusi klasik adalah melalui transaksi langsung antara produsen dengan konsumen yang dilakukan di pasar.
  • Masalah Konsumsi adalah apakah barang dan jasa yang diproduksi akan dikonsumsi atau malah terbuang sia-sia karena barang yang tidak tepat, tidak dibutuhkan, tidak diinginkan, atau harganya tidak terjangkau.

Masalah Ekonomi Modern

Loading...

Hal yang berbeda dikemukakaan oleh para tokoh ekonomi modern, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi bukanlah masalah pokok ekonomi sehingga mereka mengajukan tiga permasalahan pokok ekonomi yang mereka anggap selalu terjadi di setiap perekonomian. Menurut mereka masalah ekonomi modern didasarkan pada kelangkaan dan pilihan

Masalah yang harus dipecahkan adalah:

  • Apa yang dapat diproduksi?
  • Bagaimanakah cara memproduksi barang dan jasa? Dan
  • Kepada siapa saja produksi tersebut akan dijual/didistribusikan?

Barang dan Jasa Apa yang Diproduksi dan Seberapa Banyak? (what?)

Masalah pokok pertama yang penting dalam ekonomi modern adalah bagaimana produsen dapat menentukan barang dan jasa apa yang diproduksi. Apakah akan memproduksi bahan makanan, obat-obatan, senjata, mesin industri, peralatan elektronik, mainan anak dsb.

Masyarakat tidak mungkin memproduksi semua jenis benda pemuas kebutuhan tersebut. Selain itu, banyaknya jumlah produk juga harus diperhitungkan. Karena kalau sampai salah perhitungan, produsen akan mengalami kerugian, bahkan, bisa bangkrut karena barangnya menumpuk sia-sia. Untuk dapat mengetahui secara tepat perlu dilakukan riset pasar.

Bagaimana Cara Memproduksi Barang dan Jasa? (how?)

Setelah ragam dan kuantitas barang dan jasa sudah ditentukan, maka masalah selanjutnya adalah bagaimana menentukan teknik produksinya. Dengan sumberdaya yang ada, produsen harus bisa menentukan teknik produksi yang paling efisien, berapa banyak jumlah karyawan, dan teknik apa yang digunakan.

Faktor-faktor penting yang dipertimbangkan antara lain:

  • Bagaimana memilih kombinasi sumberdaya yang digunakan, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya modal, sehingga diperoleh hasil optimal dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  • Bagaimana mengelola biaya produksi agar dengan biaya minimum diperoleh laba maksimum.
  • Manakah yang harus lebih dominan, intensifikasi modal (lebih banyak menggunakan mesin/peralatan) atau intensifi kasi tenaga kerja (padat karya)?
  • Bagaimana kestabilan harga dan nilai uang serta pengaruh ekonomi dunia.

Untuk Siapa Barang atau Jasa Diproduksi? (for whom?)

Loading...

Siapa yang memerlukan barang/jasa, dan, siapa saja yang akan ikut menikmati hasilnya?. Pada dasarnya, keuntungan dari barang dan jasa yang diproduksi bukan hanya untuk konsumen saja. Melainkan ada pihak-pihak lain yang menerima keuntungan.

Karyawan akan menerima pendapatan, pemilik bahan baku akan mendapat sewa atau upah, produsen juga akan menerima keuntungan dari hasil penjualan produknya. Oleh karena itu, masalah ini sangat berkaitan dengan “siapa saja yang mendapat keuntungan” dari diproduksinya barang dan jasa, sehingga produsen harus bisa menyelesaikan masalah ini.

Untuk merumuskan jawaban dari pertanyaan “untuk siapa barang atau jasa diprodiksi?” hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Siapa pengguna atau pemakai produk yang diproduksi?
  • Bagaimana cara distribusi agar barang atau jasa sampai pada konsumen?
  • Apakah angkatan kerja mendapat pekerjaan atau tempat mencari nafkah?

Setelah ada penentuan yang jelas tentang barang atau jasa apa yang akan diproduksi, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi (what, how, dan for whom) langkah selanjutnya adalah melaksanakan produksi sesuai rencana tersebut.

Latihan Soal Online Masalah Pokok Ekonomi

Setelah membaca rangkuman materi tentang masalah pokok ekonomi dari pembelajaran Ekonomi Kelas X SMA, lakukan latihan atau pengulangan pembelajaran melalui latihan soal online berikut ini:

Latihan Soal Masalah Ekonomi Klasik dan Modern

Loading...

4 comments

Tinggalkan Balasan