Teori Kemagnetan Bumi (IPA Kelas 9)

Teori Kemagnetan Bumi (IPA Kelas 9)

Teori Kemagnetan Bumi (IPA Kelas 9) – Bumi adalah magnet raksasa. Sebagai magnet raksasa, bumi memiliki kutub magnet, yaitu kutub utara magnet dan kutub selatan magnet. Kutub utara magnet bumi berada di sekitar kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi.

Ketidaktepatan kutub utara dan kutub selatan magnet bumi disebut deklinasi. Selain adanya ketidaktepatan penunjukan arah kutub utara dan kutub selatan magnet bumi, ternyata medan magnet bumi juga membentuk sudut dengan horizontal permukaan bumi, atau yang disebut dengan sudut inklinasi.

Gambar Medan Magnet Bumi

Gambar Medan Magnet Bumi

 

Sebagai magnet raksasa, bumi memiliki medan magnet, yaitu daerah di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik magnet bumi. Tahukah kamu apa buktinya? Jika kamu meletakkan magnet batang secara bebas, misalnya meletakkan pada styrofoam di atas air, maka magnet akan bergerak dan menunjuk pada arah kutub utara dan kutub selatan.

Medan magnet bumi, sangat penting bagi kehidupan di bumi. Medan magnet bumi berfungsi untuk melindungi penduduk bumi dari radiasi kosmik (partikel listrik yang dihasilkan oleh matahari atau benda-benda langit lainnya) yang dapat membahayakan kesehatan.

Dengan adanya medan magnet bumi, partikel listrik tidak dapat masuk ke seluruh permukaan bumi, tetapi akan tertarik menuju ke kutub-kutub magnet bumi. Saat menabrak atmosfer bumi, partikel listrik tersebut terionisasi (peristiwa lepasnya elektron dari nukleon) dan membentuk plasma lemah (gas super yang dipanaskan agar elektron terlepas dari nukleon). Tampilan indah cahaya plasma inilah yang kemudian dikenal sebagai aurora.

 

Tempat Terbaik Melihat Aurora

Tahukah kamu di mana sajakah kita dapat melihat aurora?

Aurora hanya terlihat pada malam hari, dan biasanya hanya muncul di daerah kutub bawah. Aurora terlihat hampir setiap malam di dekat Lingkaran Arktik dan Antartika, yaitu sekitar 66,5 derajat utara dan selatan Khatulistiwa.

Di utara, tampilannya disebut aurora borealis atau cahaya utara. Di selatan, itu disebut aurora australis atau cahaya selatan.

Aurora adalah hasil dari emisi foton di atmosfer atas Bumi (di atas 80 km), dari atom nitrogen terionisasi yang mendapatkan kembali elektron, dan dari elektron dari atom oksigen dan nitrogen yang kembali dari keadaan tereksitasi ke keadaan dasar.

Lokasi terbaik melihat aurora adalah Alaska dan Kanada Utara, tetapi mengunjungi hamparan luas dan terbuka ini tidak selalu mudah. Lalu, di mana saja lokasi terbaik melihat aurora sesuai dengan Teori Kemagnetan Bumi ?

 

1. Abisko, Swedia

Abisko, Swedia merupakan lokasi terbaik melihat aurora. Pemandanganya adalah pegunungan, danau, dan hutan. Abisko sendiri adalah desa yang sangat kecil di tepi Taman Nasional Abisko di Swedia Utara. Hampir tidak ada polusi cahaya di sekitar karena sangat terpencil.

Namun walaupun berada di tempat terpencil, ternyata sangat mudah dijangkau dengan kereta api. Bandara terdekat ada di Narvik, Norwegia, Kiruna, Swedia. Bahkan dimungkinkan untuk naik kereta api dari Stockholm.

Waktu berkunjung melihat aurora baiknya antara 6 Desember dan 6 Januari karena matahari tidak terbit di sini. Abisko adalah area yang indah di sebelah danau Torneträsk dan dikelilingi oleh pegunungan.

2. Fairbanks, Alaska

Lokasi terbaik melihat aurora selanjutnya jatuh kepada Fairbanks yang terletak di Alaska. Pemandangannya yaitu pegunungan tinggi, hutan, sungai yang bisa dibilang tempat terbaik di Amerika Serikat untuk melihat aurora borealis.

3. Tromso, Norwegia

Tromso adalah kota terbesar di atas lingkaran Arktik di luar Rusia. Terletak di sebuah pulau, dikelilingi oleh pegunungan dan fjord yang indah dengan populasi 75.000 orang

4. Churchill, Manitoba, Kanada

Churchill adalah desa kecil berpenduduk 900 orang yang terletak di Teluk Hudson di Manitoba utara. Ini dikenal sebagai “Ibukota Beruang Kutub Dunia”, tetapi juga merupakan tempat yang sangat baik untuk melihat aurora.

5. Yellowknife, Wilayah Barat Laut, Kanada

Yellowknife adalah tempat bagus lainnya di Kanada untuk melihat aurora. Terletak di tepi Great Slave Lake di Northwest Territories. Meskipun dapat dicapai dengan mobil, jaraknya jauh dari sebagian besar tempat sehingga mungkin lebih baik untuk terbang ke sana.

Dengan populasi 19.569, polusi cahaya tidak terlalu buruk. Tapi mengemudi ke luar kota masih merupakan pilihan untuk ke lokasi terbaik melihat aurora di sini.

6. Nuuk, Greenland

Wilayah Greenland Denmark adalah salah satu tempat paling unik yang dapat kunjungi untuk lokasi terbaik melihat aurora. Nuuk adalah pulau terbesar di dunia, tetapi 75 persen darinya ditutupi oleh lapisan es sehingga semua kota dapat ditemukan di sepanjang pantai.

Dengan populasi hanya 56.000, itu adalah wilayah berpenduduk paling sedikit di dunia yang membuat polusi cahaya tidak menjadi masalah. Dengan gletser dan gunung es, pegunungan dan fjord, Greenland tidak kekurangan pemandangan.

7. Reykjavik, Islandia

Pantai, gunung, gletser, air terjun adalah alasan mengapa pariwisata ke Islandia meledak dalam beberapa tahun terakhir. Dengan gunung berapi dan gletser, pantai dan fjord, mata air panas dan air terjun, Islandia adalah negara yang indah. Banyak maskapai murah sekarang menawarkan penerbangan murah ke Reykjavik.

 

Video Pembelajaran Teori Kemagnetan Bumi

Berikut ini adalah video pembelajaran IPA kelas 9 materi teori kemagnetan bumi yang bisa kalian lihat untuk menambah wawasan kalian tentang kemagnetan dan pemanfaatannya. Silakan simak baik-baik dengan klik link berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=qweeOUobNrg

 

Latihan Soal Online

Setelah belajar jangan lupa untuk latihan soal menggunakan link soal online berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5bdf053627b824001baaa3b1/start

 

Demikianlah modul belajar online IPA kelas 9 SMP materi teori kemagnetan bumi yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu kembali di materi-materi lainnya (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan