Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya

Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya

Kebutuhan Dan Kelangkaan Sumber Daya – Manusia diciptakan oleh Tuhan telah dikaruniai alam semesta ini yang indah dan kaya sumber daya. Lalu mengapa manusia mengatakan sumber daya itu langka? Kebutuhan manusia itu tidak terbatas ? sedangkan alat pemuas kebutuhan atau sumber daya itu terbatas jumlahnya. Sungguh serakah kah manusia ini ?

Apa hubungan kelangkaan sumber daya alam dengan kebutuhan manusia ? Lalu bagaimanakah pemenuhan kebutuhan ini diajarkan dalam pembelajaran di sekolah?

 

Kebutuhan Manusia Tidak Tak Terbatas

Kebutuhan Manusia sifatnya tidak terbatas, sedangkan sumber daya yang tersedia jumlahnya terbatas. Itulah yang ditanamkan dalam benak dan pikiran siswa-siswa di Indonesia sejak sekolah dasar. Bila tidak percaya silakan cek buku-buku wajib pembelajaran IPS di tingkat SD dan SMP.

Kemudian coba bandingkan dengan referensi-referensi asli di tingkat internasional, silakan cari apakah memang menyebutkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas jumlahnya? Bisa dipastikan Anda tidak akan menemukannya.

Dalam referensi-referensi internasional tidak disebutkan bahwa kebutuhan manusia itu tidak terbatas. Mereka menyebutkan kebutuhan manusia itu sangat banyak, tapi tidak tak terbatas.

Secara logika itu juga masuk akal, apakah Anda butuh ratusan bahkan ribuan piring makanan per harinya. Pasti tidak, anda hanya butuh beberapa piring saja. Kebutuhan Anda ada batasnya. Volume lambung Anda punya dimensi yang sangat terbatas.

Yang tidak terbatas adalah nafsu kita, atau dalam bahasa kerennya keinginan (want) kita, bukan kebutuhan kita. Ini poin pentingnya.

 

Sumber Daya Alam Anugerah Tuhan

Alam disediakan oleh tuhan ini sudah sangat indah dan sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan manusia. Namun, tuhan menciptakannya tidak tak terbatas adanya. Manusia harus menjaganya agar manusia mau berpikir dan mengendalikan nafsunya.

Jadi, manusia wajib mengelola ketersediaan sumber daya alam agar bisa terus dinikmati oleh anak cucunya. Anggap saja sumber daya alam ini memang terbatas jumlahnya, ya karena agar manusia mau berpikir, namun jangan pernah mengurangi rasa syukur kita pada pemberian Tuhan.

Nah, bila alam semesta ini wajib kita jaga kelestariannya, lalu bagaimana memenuhi kebutuhan manusia yang semakin berkembang itu. Mari kita pelajari sedikit-demi sedikit di sini.

 

Faktor yang mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang di perlukan manusia dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup untuk mencapai taraf sejahtera. Pada prinsipnya, tentu saja kebutuhan seriap orang berbeda-beda dan terus berkembang sejalan bertambahnya usia. Kebutuhan manusia terhadap benda atau jasa dapat memberikan kepuasan kepada manusia itu sendiri, baik kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani.

Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia membutuhkan alat pemenuhan kebutuhan. Alat tersebut disediakan alam ataupun manusia melalui proses produksi. Upaya manusia dalam memenuhi kebutuhannya tidak pernah berakhir. Oleh karena itu, manusia perlu bertindak rasional agar tercapai pemenuhan kebutuhan hidup secara memuaskan.

 

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia

Ada pertanyaan menarik tentang Kebutuhan, Apa sih yang Faktor yang membuat kebutuhan timbul dan terus berkembang.? Kebutuhan timbul karena adanya tuntutan fisik atau psikis agar hidup layak.

Kebutuhan terus berkembang karena manusia memiliki sifat tidak puas atas pemenuhan kebutuhan hidup dan itu sangat ditentukan oleh keinginan (want). Keadaan ini mengakibatkan kebutuhan manusia menjadi terus berkembang.

Keberadaan manusia dalam hidup bermasyarakat membuat manusia satu dengan yang lain berbeda dalam memenuhi kebutuhannya. Mengapa kebutuhan manusia berbeda-beda? Untuk Menjawab Pertanyaan itu Marilah kita simak Faktor-faktor penyebabnya, Kebutuhan Manusia dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini.

  • Keadaan Alam (Tempat)

Yang pertama adalah Keadaan alam, Keadaan alam menyebabkan terjadinya perbedaan dalam mempengaruhi kebutuhan manusia. Orang yang tinggal di daerah kutub, membutuhkan pakaian yang tebal untuk menahan hawa dingin. Lain halnya dengan kita yang tinggal di daerah tropis, cukup memakai pakaian yang tipis.

Oleh karena itu, tampak di sini bahwa keadaan alam dapat mendorong manusia untuk menginginkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan.

  • Agama dan Kepercayaan

Dan yang kedua adalah Ajaran agama yang berbeda beda, ajaran agama yang berbeda dapat mengakibatkan kebutuhan yang berbeda pula. Kita Ambil Contoh, penganut agama Islam dilarang makan babi, sedangkan penganut agama Hindu dilarang makan sapi. Hal ini menunjukkan bahwa masing-masing agama memerlukan alat-alat pemenuhan kebutuhan tertentu yang harus dipakai dalam menjalankan ibadah.

Selain itu dalam hal perayaan keagamaan, masing-masing agama atau kepercayaan berbeda-beda, sehingga kebutuhan akan barang juga berbeda. Misalnya pada saat menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan akan pakaian muslim akan meningkat tajam. Berbeda halnya ketika hari raya Natal tiba, orang-orang Nasrani membutuhkan pohon Natal dan bingkisan-bingkisan Natal. Dengan demikian masing-masing agama atau kepercayaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

  • Adat Istiadat

Adat atau tradisi yang berlaku di masyarakat sangat memengaruhi kebutuhan hidup masyarakat. Alasannya, suatu adat atau tradisi akan memengaruhi baik perilaku maupun tujuan hidup kelompok masyarakat setempat.

Akibatnya tradisi yang berbeda akan menimbulkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya upacara perkawinan. Pelaksanaan upacara antardaerah akan berbeda-beda. Upacara pernikahan di Jawa Tengah dengan di Sumatra Barat akan memiliki ritual yang berbeda, sehingga kebutuhannya pun akan berbeda pula.

  • Tingkat Peradaban

Jika kita berbicara mengenai Tingkat peradaban, Maka makin tinggi peradaban maka Makin tinggi pula kebutuhan masyarakat dan makin tinggi pula kualitas atau mutu barang yang dibutuhkan. Pada zaman purba, kebutuhan manusia masih sedikit. Namun seiring berkembangnya peradaban, kebutuhan manusia semakin banyak.

Manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya agar mencapai kemakmuran. Dahulu manusia tidak membutuhkan sepeda motor, namun sekarang sepeda motor menjadi kebutuhan yang sangat penting, karena dapat mengefisienkan waktu sampai tempat tujuan. Selain itu cita rasa kebutuhan manusia modern juga semakin meningkat.

Manusia menuntut kualitas tinggi dari barang-barang atau jasa yang dibutuhkan. Dengan demikian membuktikan bahwa perkembangan peradaban akan menyebabkan kebutuhan akan berkembang dan beragam.

 

Selanjutnya Kebutuhan Hidup di pengaruhi oleh Faktor-faktor berikut ini, silakan di simak langsung ya.

  • tingkat usia
  • tingkat pendidikan
  • kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • tingkat pendapatan
  • jumlah penduduk
  • lingkungan sosial budaya
  • perbedaan kondisi geografis
  • agama dan kepercayaan

 

Nah, itulah tadi bahasan singkat kami mengenai kebutuhan dan kelangkaan sumber daya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan bersama (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan