Tekanan pada Zat Padat

Tekanan pada Zat Padat

Tekanan pada Zat Padat – Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata tekanan ? sebelum belajar tekanan masih ingatkah ada berapa jenis zat ? yupz, dalam fisika zat dibedakan menjadi zat padat, zat cair dan zat gas. Begitu pun dengan tekanan. Dalam fisika kita akan belajar tekanan pada zat padat, tekanan pada zat cair dan tekanan pada zat gas. Dalam pembahasan kali ini hanya akan diuraikan tentang tekanan pada zat padat.

Rumus Tekanan Zat Padat

Dalam fisika tekanan diartikan sebagai banyaknya gaya yang bekerja pada setiap bidang luas. Tekanan dirumuskan :

P = F/A

Dimana :
P = tekanan (Pa / atau N/m2)
F = gaya (N)
A = luas permukaan (m2)

Dari persamaan di atas terlihat bahwa tekanan sebanding dengan gaya yang diberikan dan berbanding terbalik dengan luas permukaan. Semakin besar gaya yang bekerja maka tekanan juga akan semakin besar tetapi semakin besar luas permukaan maka tekanan akan semakin kecil.

Jika ada ayam dan itik berjalan bersama di atas lumpur, dengan menganggap gaya ayam dan itik besarnya sama. Jika kita amati maka bekas kaki ayam lebih dalam daripada bekas kaki itik ? hal ini karena luas permukaan kaki ayam lebih kecil daripada luas permukaan kaki itik sehingga tekanan kaki ayam lebih besar dari tekanan kaki itik.

Begitu pun dengan bekas kaki yang menggunakan sepatu hak tinggi akan lebih dalam jika dibandingkan dengan sepatu yang alasnya datar, jika keduanya berjalan di atas lumpur dengan gaya yang sama.

Tekanan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Aplikasi tekanan pada zat padat dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  1. Jarum dan paku di buat runcing pada bagian ujungnya
  2. Mata kapak maupun mata pisau dibuat tajam untuk memperbesar tekanan sehingga mudah digunakan saat membelah atau memotong. Orang yang memotong daging menggunakan ujung pisau yang tumpul akan lebih banyak mengeluarkan tenaga jika dibandingkan memotong dengan menggunakan ujung pisau yang tajam dengan gaya yang sama.
  3. Sirip ikan yang lebar memudahkan ikan bergerak dalam air. Sirip yang lebar mengakibatkan tekanan yang diberikan air terhadap sirip ikan besar sebagai reaksinya ikan mendapat gaya dorong air.
  4. Alas sepatu salju dibuat lebar pada bagian alasnya. Hal ini bertujuan untuk memperkecil tekanan ketika berjalan di atas salju.

Contoh Soal Tekanan Zat

Contoh soal tekanan zat padat adalah sebagai berikut :
1. Chacha memakai sepatu hak lancip, jika massa chacha 30 kg dan tekanan yang diberikan chacha pada lantai 1500 N/m2. Hitung luas permukaan sepatu chacha !

Diketahui :
m : 30 kg
F = mg = 30(10) = 300 N
P = 1500 N/m2

Ditanya :
A . . . ?

Jawab :
P = F/A
1500 = 300/A
A = 1/5 m2

 

Demikianlah bahasan singkat kami mengenai tekanan pada zat padat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan, selamat belajar dengan menyenangkan, kapan pun, di mana pun (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan