Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi – Banyak orang yang suka berorganisasi. Bahkan tidak hanya orang – orang dewasa saja yang berorganisasi, anak – anak sekolah pun juga banyak yang mengikuti organisasi.

Wadah – wadah untuk berorganisasi pun sudah disediakan, seperti halnya OSIS, Basket, Rohis, dan lain – lain. Semua itu adalah organisasi-organisasi yang sudah dibentuk di sekolah yang dibina oleh guru – guru sekolah tersebut. Di universitas-universitas pun juga banyak organisasi – organisasi yang sudah terbentuk.

Organisasi di sekolah sangat penting untuk membentuk karakter siswa siswi di sekolah tersebut. Terlebih lagi jika organisasi tersebut maju atau memiliki beberapa kegiatan yang positif, hal tersebut dapat membentuk pola pikir yang cerdas. Dalam masyarakat luas, organisasi juga ada seperti halnya RT atau RW, muda mudi atau karang taruna, dan juga pengajian.

Di dalam dunia yang lebih luas lagi ada yang dinamakan organisasi politik yang dapat disebut sebagai partai politik. Partai politik ini sudah banyak sekali bermunculan di Negara kita. Banyak sekali partai – partai politik yang baru saja didirikan. Ada juga partai politik yang sudah lama dikenal, yang sampai saat ini pun masih berjaya. Jadi apa pengertian, tujuan, fungsi partai politik menurut para ahli?

 

Pengertian partai politik menurut para ahli

Beberapa kandidat dari partai politik menduduki jabatan pemerintahan. Dapat dilihat hampir seluruh kursi di pemerintahan dipegang oleh orang – orang yang mengikuti partai politik. Jadi apa yang dimaksud dengan partai politik?

Pengertian Partai Politik menurut Sigmund Neumann

Sigmund Neumann berpendapat bahwa partai politik adalah organisasi dari aktivitas-aktivitas politik yang berusaha untuk menguasai kekuasaan pemerintahan, serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan dengan suatu golongan atau golongan lain yang mempunyai pandangan yang berbeda.

Pengertian Partai Politik menurut R.H. Soltau

R.H. Soltau berpendapat bahwa partai politik adalah sekelompok warga negara yang sedikit banyak terorganisasi, yang bertindak sebagai suatu politik, dan dengan memanfaatkan kekuasaannya untuk memilih dan bertujuan menguasai pemerintahan dan melaksanakan kebijaksanaan umum mereka.

Pengertian Partai Politik menurut Carl J. Friedich

Carl J. Friedich berpendapat bahwa partai politik adalah sekelompok manusia yang terorganisasi secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan penguasaan terhadap pemerintahan bagi pemimpin partainya, dan berdasarkan penguasaan ini memberikan kepada anggota partainya kemanfaatan yang bersifat ideal dan material.

Ada banyak sekali pendapat – pendapat tentang pengertian partai politik menurut para ahli yang lain, namun semua pengertian itu mengarah pada satu kesimpulan yaitu sebuah organisasi yang didirikan oleh sekelompok orang dengan visi dan misi yang sama, kehendak yang sama dan ideologi yang sama pula dan berusaha mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam pemerintahan melalui pemilu sehingga mencapai apa yang menjadi tujuan mereka melalui program – program yang sudah mereka susun.

 

Tujuan partai politik

Dari penjelasan di atas tadi sudah terlihat tujuan dan fungi partai politik yang didirikan. Adapun tujuan partai politik adalah untuk mencari kekuasaan di dalam pemerintah melalui pemilu dan mempertahankan kekuasaan tersebut juga melalui pemilu. Mencari dan mempertahankan kekuasaan untuk melaksanakan program – program yang sudah mereka susun demi masyarakat di dalam negaranya dengan ideologi tertentu.

Program – program tersebut selalu ditujukan untuk kesejahteraan rakyatnya. Namun jaman sekarang ini banyak sekali pemegang kekuasaan yang mengendalikan seluruh pemerintahan untuk keuntungan pribadi mereka, dan jika hal tersebut terjadi akan terlihat dengan jelas dan memicu adanya pemberontakan – pemberontakan oleh rakyat.

Berbeda dengan jaman dahulu kala sebelum Negara Indonesia terbentuk. Dulu negeri itu dipegang dan dikuasai oleh kerajaan. Sehingga belum ada partai politik yang didirikan. Sebelum Indonesia terbentuk, pada saat itu pemegang kekuasaan adalah kerajaan Majapahit, wilayah Indonesia sangatlah luas hingga Malaysia dan Singapura pun termasuk wilayah Indonesia.

Meskipun pemerintahan dipegang oleh kekuasaan raja yang otoriter, rakyatnya pun merasa sejahtera dalam kehidupannya. Berbeda dengan kehidupan sekarang, dikarenakan oleh perubahan cara berpikir yang kritis dan dapat membuat Indonesia semakin maju.

 

Fungsi partai politik

Adapun fungsi partai politik adalah sebagai sarana untuk komunikasi dengan pemerintahan yang tinggi, sehingga apa yang masyarakat inginkan dan butuhkan dapat tersampaikan dengan mudah, partai politik berfungsi sebagai sarana untuk sosialisasi. Sosialisasi di sini merupakan pengenalan program – program kepada masyarakat luas. Yang terakhir adalah sebagai sarana rekrutmen. Lahirnya tokoh – tokoh politik yang kompeten berasal dari partai politik.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai pengertian, tujuan, fungsi partai politik menurut para ahli yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

 

Loading...

Tinggalkan Balasan