Manfaat Belajar Filsafat dalam Kehidupan

Manfaat Belajar Filsafat dalam Kehidupan

Manfaat Belajar Filsafat dalam Kehidupan – Sebelum saya mengutarakan apa arti penting filsafat bagi manusia, kita perlu memahami dulu apa arti dari filsafat itu sendiri. Bagaimanakah pengertian filsafat ?

Kita sudah sangat sering mendengar kata filsafat dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah ada yang mengetahui kata filsafat secara harfiah apa arti dari filsafat? Kata “Filsafat” berasal dari bahasa Arab ‘falsafah’, yang berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘philosophia’ terdiri dari kata” philein” artinya cinta, mencintai, “ philos” pecinta, dan “sophia” kebijaksanaan atau hikmat.

Jadi filsafat artinya “cinta akan kebijaksanaan”. Cinta artinya hasrat yang besar atau yang berkobar-kobar atau yang sungguh-sungguh. Kebijaksanaan artinya kebenaran sejati atau kebenaran yang sesungguhnya. Filsafat berarti hasrat atau keinginan yang sungguh akan kebenaran sejati. Demikian arti filsafat pada mulanya.

Namun, sesuai perkembangan zaman arti filsafat berkembang. Seperti contoh berikut ini. Saya akan mengambil contoh, misalnya apa itu sepatu? Pasti akan ada berbagai macam pernyataan.

  • Pernyataan pertama: Sepatu adalah alat yang melindungi kaki dari benda berbahaya atau menjijikkan.
  • Pernyataan kedua: Sepatu adalah alat yang digunakan untuk berjalan atau melakukan aktivitas.
  • Pernyataan ketiga: Sepatu adalah alas kaki.

 

Nah dengan ilmu filsafat maka 3 pernyataan tadi dapat menjadi 1 pernyataan. Yaitu sepatu adalah alas kaki yang digunakan untuk berjalan atau berlari dan berfungsi melindungi kaki dari benda yang berbahaya atau benda menjijikkan.

Nah dari contoh di atas saya menyimpulkan (dibantu oleh beberapa referensi) bahwa filsafat adalah cara memahami atau menerjemahkan sesuatu sesuai dengan jalan kita berpikir sehingga kita dapat mencerna dengan baik maksud dari sesuatu tersebut.

 

Apa Manfaat Penting Belajar Filsafat

Sekarang pertanyaannya adalah apa pentingnya belajar filsafat bagi kehidupan kita sehari-hari?? Saya menyimpulkan (lagi-lagi dibantu oleh beberapa referensi) ada 3 poin arti penting kita belajar filsafat .

  1. Sebagai mana yang telah kita ketahui, Filsafat itu sendiri adalah induk dari seluruh ilmu di seluruh dunia ini. Dan untuk hidup di dunia ini kita perlu ilmu untuk bertahan hidup. Karena hidup perlu ilmu dan ilmu memiliki induk yaitu ‘si’ filsafat tadi. Apabila kita tidak belajar filsafat, maka kita berarti tidak belajar ilmu apa pun
  2. Diharapkan dengan belajar filsafat , para manusia diharapkan mampu menjadi orang yang berpikir sendiri (mandiri)
  3. Diharapkan manusia dapat mendidik, membangun diri dan pola pikir manusia itu sendiri. Biasanya orang yang belajar filsafat dan mengenal filsafat akan memahami tentang dirinya sendiri. Apabila manusia memahami dirinya sendiri, maka secara otomatis para manusia akan meminimalkan kekurangan atau sifat jeleknya dan akan meningkatkan atau mengoptimalkan sifat baik atau kelebihan dari diri manusia itu sendiri. Contoh, orang yang semula egois mencoba untuk tidak menjadi egois lagi.

Oh ya, ada satu lagi mengapa penting belajar filsafat? Ketika kita belajar filsafat maka kita akan diajari untuk berpikir secara komprehensif dan sampai ke akar-akarnya. Para ilmuwan mengatakan dengan istilah berpikir radikal.

Radikal dalam hal ini adalah bukan berarti ekstrem, namun berarti memahami sesuatu sejelas-jelasnya, sampai pada akar-akarnya. Tidak hanya memahami sesuatu dari permukaan atau tampilannya saja.

 

Nah, itu tadi bahasan kami tentang apa manfaat belajar filsafat untuk kehidupan. Tidak hanya dalam dunia akademis saja, ternyata banyak manfaat penting ketika kita mempelajari filsafat. Dan yang paling penting adalah akan menuntun kita pada pemikiran yang logis dan obyektif.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisan-tulisan berikutnya. Salam bahagia selalu dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan