BELAJAR DAN KEMAMPUAN MANUSIA

Belajar dan kemampuan berkaitan erat satu sama lain. Kemampuan yang didapat setiap manusia sebagian besar adalah hasil dari kegiatan belajar mereka. Banyak pembelajaran yang dilakukan manusia berkontribusi pada perolehan dan peningkatan kemampuan mereka.

Semua orang setuju bahwa belajar itu penting, tetapi kita tidak selalu mengapresiasi seberapa besar masing-masing dari kita pada kemampuan kita untuk belajar. Selain memungkinkan orang untuk mendapatkan semua jenis informasi dan keterampilan sehari-hari, mulai dari belajar cara makan hingga belajar sesuatu yang rumit, belajar sangat memengaruhi cara kita dalam mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Belajar sangat terkait dengan minat, sikap, visi, dan bagaimana menikmati proses belajar itu sendiri. Preferensi juga sering menentukan bagaimana kita belajar, mungkin sebagian dari kita tidak menyukai apa yang sedang dipelajarinya. Pilihan kita pada sumber belajar juga bermacam-macam, misalnya film yang kita dilihat, buku untuk dibaca, musik untuk didengarkan, memilih koran atau majalah, serta memilih saluran televisi. Semua itu sangat dipengaruhi oleh pembelajaran kita sebelumnya.

Selain membekali kita dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melanjutkan hidup kita, belajar memainkan peran besar dalam membentuk karakter setiap orang. Perbedaan diantara individu dalam apa yang telah mereka pelajari sebagian besar dapat menjelaskan mengapa mereka sangat bervariasi dalam cara mereka memandang dan memahami peristiwa yang terjadi di kehidupan sehari-hari, dan bagaimana mereka bereaksi terhadap berbagai jenis pengalaman.

Salah satu alasan mengapa peneliti mempelajari pembelajaran manusia adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kemampuan manusia diperoleh. Investigasi pembelajaran manusia mengarah pada wawasan praktis yang dapat diterapkan untuk membantu membuat orang menjadi pembelajar yang lebih efektif.

Loading...

Menemukan bagaimana pembelajaran memungkinkan individu memperoleh beberapa keterampilan yang dibutuhkan, serta mengeksplorasi cara setiap individu memperoleh berbagai jenis pengetahuan dan informasi yang membantu seseorang menjadi orang yang berkompeten menjadi sangat penting. Di dunia pendidikan terutama pendidikan formal hal ini menjadi kunci keberhasilan dalam menyeleggarakan pembelajaran.

Belajar memiliki banyak bentuk dan cara yang berbeda, tetapi pada umumnya terkait dengan bagaimana seseorang berubah dengan cara tertentu, dimana ia memperoleh kemampuan baru atau meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki. Dalam hal kemampuan baru, ada dua kategori umum dari perubahan yang sangat penting dipelajari oleh setiap orang, yaitu:

  • Pertama, belajar membuat seseorang memperoleh pengetahuan. Secara umum, pengetahuan seseorang sering didasarkan pada bahasa, untuk menyerap berbagai item informasi dan hal-hal lain yang diketahui individu tersebut. Setiap orang memperluas pengetahuan mereka dengan cara memperhatikan item-item informasi yang tidak dikenal tetapi tetap dapat dimengerti.
  • Kedua, belajar membuat seseorang memperoleh berbagai keterampilan mental dan fisik. Berbeda dengan pengetahuan, banyak keterampilan tidak berhubungan dengan bahasa. Keterampilan (skill) merupakan tindakan yang bisa dilakukan seseorang. Keterampilan sering diperoleh dengan melakukan suatu kegiatan atau dengan berlatih. Kadang-kadang keterampilan juga bisa diperoleh dengan cara meniru keterampilan orang lain.

Kenyatannya banyak pencapaian dan prestasi yang diperoleh individu melalui pembelajaran yang melibatkan kombinasi pengetahuan dan keterampilan. Kemampuan manusia seringkali melibatkan gabungan pengetahuan dan keterampilan. Kemampuan inilah yang disebut dengan kemampuan metakognitif.

Loading...

Banyak pertanyaan di dunia pendidikan tentang bagaimana pembelajaran membuat pebelajar atau siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berguna. Ada banyak hal terkait untuk menjawab pertanyaan seperti ini. Misalnya terkait dengan pendekatan, sumber belajar, media pembelajaran, motivasi siswa, bagaimana cara mentransfer skill, bagaimana melatih memori, dan masih banyak lagi.

Bila Anda tertarik dengan hal ini, silahkan ikuti terus blog ini ya…. Jangan lupa klik tombol follow setelah Anda mengisi email Anda agar sistem bisa mengirim notifikasi ke email Anda bila ada postingan terbaru. Selamat belajar…..

Tinggalkan Balasan