TRANSFORMASI DATA KE Z-SCORE MENGGUNAKAN EVIEWS

Hai… jumpa lagi gaes….. dalam materi TRANSFORMASI DATA KE Z-SCORE MENGGUNAKAN EVIEWS.

Masih ingatkan apa itu Z-Score?, Ya…. Z-Score sering juga disebut dengan angka baku atau angka standar atau juga kadang-kadang disebut dengan angka normal. Bila anda ingin membaca lebih lanjut silahkan klik DI SINI. Nah kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan penghitungan transformasi data ke Z-Score menggunakan perangkat lunak Eviews.

1. Pertama siapkan datanya lalu buka di Eviews ya Gaes….

2. Cek datanya dengan cara pilih semua variabel yang akan ditransformasi, kemudian klik kanan lalu pilih “Open” dan klik “as Group” seperti ini

3. Gunakan menu “Genr” untuk melakukan transformasi, setelah itu masukkan rumus sebagai berikut:

Warna merah adalah variabel baru dan warna hijau adalah variabel yang akan kita transformasi, masukkan rumus tersebut ke kotak “Enter Equation” kemudian klik “OK” atau tekan “Enter” di keyboard.

4. Ulangi langkah tersebut untuk setiap variabel yang akan ditransformasi

5. Kita cek hasilnya

Selesai, hasinya sama dengan penghitungan menggunakan Excel kemarin kan gaes…. Silahkan Anda memilih menggunakan Perangkat Lunak apa saja, yang penting Anda suka dan tugas atau skripsi Anda cepat selesai……

Nah demikianlah TRANSFORMASI DATA KE Z-SCORE MENGGUNAKAN EVIEWS yang bisa kami sampaikan. Terimakasih telah sudi berkunjung ke blog kami. Semoga bermanfaat dan selamat belajar, bekerja serta berkarya (maglearing.id).

Loading...