Analisis Jalur Menggunakan AMOS (Bagian 1, menggambar model)

Setelah data siap dianalisis buka program AMOS Anda dengan menggunakan menu “search” mengklik gambar icon “Amos Graphics”.  Setelah program Amos terbuka maka proses penyiapan model dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 atau

Membuka data yang akan digunakan cara memilih menu FileàData Files… atau melalui keyboard dengan menekan “Ctr+D”.

Selain itu juga bisa melalui tombol “Select Data File(s)” di kolom sebelah kiri program Amos.

Setelah keluar kotak dialog klik tombol “File Name”

Cari folder dimana Anda menyimpan file, kemudian lanjutkan dengan memilih file lalu klik dua kali atau tombol “Open”.

Bila sudah benar lanjutkan dengan klik OK

Bila Anda ragu, Anda bisa melakukan pengecekan dengan menekan tombol “View Data” maka Anda akan diarahkan ke Program statistik default untuk membuka data tadi

Loading...

Bila sudah klik “OK” dan proses membuka data sudah benar maka jika kita klik tombol “List variables in data set” akan muncul kotak nama-nama variabel.

Anda tinggal menggeser setiap variabel ke kanvas

Setelah semua variabel dimasukkan ke kanvas lanjutkan dengan menentukan arah jalurnya.

Setelah selesai menentukan arah jalurnya lanjutkan dengan menentukan output apa saja yang diinginkan melalui menu “Analysis Properties”.

Kemudian ketik di dalam kotak “Title” judul analisis anda dan teks seperti di bawah ini. Sesuaikan jenis dan ukuran huruf sesuai kebutuhan.

Loading...

Setelah selesai lakukan proses estimasi dengan cara klik menu AnalyzeàCalculate Estimates, atau Ctrl+F9, atau tombol “Calculate” di bagian kiri program.

Tunggu beberapa saat komputer akan melakukan penghitungan. Setelah selesai tombol “view output” akan aktif dengan warna panah berubah menjadi merah tua.

Bila pada gambar tersebut masih berwarna abu-abu berarti ada proses yang belum berhasil dieksekusi. Silahkan cek kembali apakah ada permasalahan satu per satu. Bila Anda mengalami kesulitan silahkan tulis di kolom komentar.

Bila sudah berhasil kita akan membahas outputnya di bagian 2 artikel ini. Sampai jumpa lagi…

Tinggalkan Balasan