ANALISIS FAKTOR MENGGUNAKAN AMOS

Menyiapkan Data

Langkah pertama adalah menyiapkan data yang akan dianalisis. Seperti yang telah diulas di awal Anda bisa menyiapkan data dalam format Ms. Excel atau SPSS. Untuk analisis faktor kali ini kita akan menggunakan data dalam format Excel. Penggunaan format ini hanya untuk latihan saja agar kita terbiasa dengan beberapa format data karena setiap format data mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda-beda.

Cara menyiapkan data dalam format Excel ini sama dengan di bab analisis jalur. Berikut tampilan data yang disiapkan:

Data ini adalah indikator dari variabel X1 yang terdiri dari 4 indikator atau faktor. Setelah data siap simpan data tersebut dengan format *.xls dengan cara “save as” sebab Amos belum bisa membaca file berformat *.xlsx.

Menyiapkan Analisis di Amos

Loading...

Setelah data tersimpan buka Amos Graphics Anda dan mulai dengan lembar kerja baru kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Memilih atau membuka data menggunakan menu “Select Data”
  • Pilih format data dengan mengubah format default SPSS menjadi Excel 8.0(*.xls)
  • Setelah data berhasil dibuka, mulailah menggambar bentuk oval (variabel laten), bentuk persegi untuk variabel manifes yang bisa diukur langsung.
Loading...

 menjadi

  • Setelah menggambar variabel laten, kemudian dilanjutkan dengan menambahkan indikator
  • Setelah semua indikator siap mulailah memberi nama variabel laten dan kemudian menarik indikator ke kotak yang telah digambar sehingga hasilnya seperti ini.
  • Setelah variabel dinamai tentukan output apa saja yang diinginkan
  • Setelah selesai, analisis siap di “run” dengan klik tombol “calculate estimates” atau Ctrl+F9
  • Hasil yang didapat sebagai berikut

Intrepretasi Hasil

Hasil ringkas dari analisis faktor ini seperti disajikan pada kanvas Amos. Sedangkan hasil lengkapnya Anda bisa membukanya melalui output teks. Pada bagian “estimates” Anda bisa melihat nilai signifikansi bahwa semua indikator signifikan dengan variabel X1.

Tinggalkan Balasan