ANALISIS SEM MENGGUNAKAN AMOS

Menyiapkan Data

Langkah pertama dalam analisis SEM tentunya adalah menyiapkan data. Namun sebelum itu struktur yang akan dianalisis dalam SEM sudah dibangun dengan dasar teoritis maupun empiris. Setiap indikator untuk mengukur variabel laten juga sudah ditentukan dengan dasar yang jelas.

Data yang akan kita gunakan merupakan data yang sudah bersih dan sesuai dengan asumsi-asumsi analisis statistik multivariat. Berikut tampilan data yang akan kita gunakan.

Variabel yang kita gunakan adalah variabel X1, X2, Y dan Z. Semua variabel ini adalah variabel laten yang harus diukur menggunakan beberapa indikator. Setelah semua indikator kita cek tidak ada missing value atau outlier dan screening lainnya data tersebut bisa kita simpan dalam format *.xls.

Menyiapkan Grafik SEM

Langkah langkah menyiapkan analisis SEM ini juga tidak jauh berbeda dengan analisis jalur maupun analisis faktor. Yang membedakan hanyalah melakukan kedua analisis ini secara bersamaan.

  • Buka program Amos Graphics Anda kemudian buat lembar kanvas baru dan mulailah menggambar struktur analisis jalur sebagai struktur utama analisis SEM.
  • Beri nama setiap variabel latennya dan jangan lupa menambahkan unique varible untuk menampung error term (residual).
  • Setelah setiap varibel sudah diberi nama, buka file data yang sudah disiapkan tadi dengan prosedur yang sama dengan analisis faktor. Setelah data terbuka mulailah memasukkan indikator setiap variabel.
  • Gunakan fasilitas “Rotation” untuk mengatur letak indikator-indikatornya sehingga mudah dibaca.
  • Bila indikator selesai dimasukkan, pastikan semua variabel sudah diberi nama. Penamaan variabel tersebut tidak boleh ada yang sama.
  • Analisis siap dilakukan dengan menekan tombol “calculate estimates” atau Ctrl+F9.

Membaca Hasil Analisis SEM

Bila proes kalkulasi berhasil maka output grafik akan tampak seperti gambar di bawah ini. Output grafik ini adalah output versi ringkas sedangkan output lengkapnya disajikan dalam bentuk teks. Contoh output teks ini bisa dilihat di Lampiran.

Loading...

Unstandardized Estimates

Standardized Estimates

  • Sebelum melakukan intrepretasi pada hasil analisis jalur, yang perlu dilihat terlebih dahulu apakah setiap indikator sudah memenuhi kriteria indikator dari tiap variabel latennya. Dalam VB-SEM analisis ini dinamakan analisis outer model.
  • Sebagai contoh kita akan melihat indikator dari variabel Y.

Dari nilai P pada tabel di atas menunjukkan bahwa setiap indikator yang digunakan merupakan indikator dari variabel Y.

  • Analisis selanjutnya adalah melihat koefisien pengaruh dari setiap variabel dalam konstruk analisis jalur.
Loading...

Dari tabel di atas bisa dilihat bahwa hanya variabel X1 dan X2 saja yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Y.

  • Pengaruh Langsung, Tidak Langsung, maupun Pengaruh Total dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

Uji Kesesuaian Model (GOF)

Uji kesesuaian model dilakukan dengan membandingkan kriteria kesesuaian dengan hasil perhitungan. Seperti halnya pada analisis jalur, ringkasan penghitungan parameter uji kesesuaian dapat dilihat di bagian “Model Fit” pada output teks di Amos. Anda hanya tinggal memilih kreteria apa saja yang akan digunakan. Berikut ini adalah ringkasan hasil uji kesesuaian model pada model SEM ini

Tinggalkan Balasan