Analisis Regresi Berganda Menggunakan Eviews 11

Bila Anda mengikuti Blog ini sebagian alat analisis yang digunakan adalah Gretl. Kurang lengkap rasanya bila kita tidak mencoba perangkat lunak berbayar, tentunya kita tetap mencoba yang versi gratisnya. Gak apa-apa kan… toh kita baru tahapan mencoba, bila tertarik dan punya dana kita akan membelinya hehehe.

Kali ini kita akan mencoba melakukan analisis regresi berganda menggunakan Eviews 11 Student Version. Langsung saja kita buka perangkat lunaknya. Bila muncul kotak dialog seperti di bawah ini abaikan saja karena memang saat ini aplikasi ini digunakan untuk belajar bukan kepentingan komersial. Ok, lanjutkan dengan klik “OK”.

Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Ada beberapa pilihan langkah yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah membuat workfile baru, membuka workfile yang sudah Anda buat sebelumnya, atau membuka file dari luar Eviews seperti format file Excel. Kita bisa menggunakan salah satunya atau tidak sama sekali.

Kotak dialog ini akan selalu muncul ketika Anda membuka Eviews, kecuali Anda menghilangkan tanda centang di samping tulisan “Show this screen on startup”. Baiklah, karena kita baru kali pertama mencoba Eviews ini, maka kita pilih untuk menutup jendela ini dengan melakukan klik tanda silang (x) pada kotak merah di bagian kanan atas.

Sekarang yang muncul adalah tampilan menu utama Eviews 11. Marilah kita mulai melakukan analisis regresi dengan cara memanggil data yang kita punya. Dalam hal ini kita akan menggunakan data dalam format Excel. Bila Anda belum mempunyainya maka buatlah terlebih dahulu, panduan membuatnya bisa dilihat DI SINI.

Menyiapkan Data

Bila data sudah siap maka panggillah dengan memilih menu “File” di bagian kiri atas menu utama Eviews seperti pada gambar di bawah ini.

Lanjutkan dengan memilih “Import” lalu pilih “Import form file…”

Cari file yang telah Anda buat, lalu klik dua kali atau “Open”.

Ketika muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini maka pilih Sheet mana yang akan Anda gunakan atau terdapat data yang Anda butuhkan. Dalam contoh ini saya menggunakan Sheet1. Jangan lupa cek jangkauan sel yang akan digunakan, apakah sudah sesuai atau belum. Anda juga bisa melakukan perubahan jangkauan sel sampai batas tertentu saja. Dalam contoh kali ini saya membiarkan keadaan defaultnya. Bila sudah dianggap sesuai maka lanjutkan dengan klik “Next”.

Kotak dialog berikutnya adalah menentukan bagian header dari data. Pada contoh di bawah ini header-nya menggunakan dua baris paling atas yang akan dibaca sebagai nama variabel. Lanjutkan dengan klik “Next”.

Kotak dialog yang muncul berikutnya adalah klarifikasi atau modifikasi nama variabel berikut deskripsinya. Anda bisa memilih tiap kolom variabel yang akan diubah namanya dan ditambahkan deskripsinya. Oh ya, ada satu lagi. Anda juga perlu melihat atau mengubah jenis skala pengukuran variabel tersebut. Secara default nama variabel adalah “series01” dan seterusnya bila pada sel bagian nama masih kosong, dan menjadikan tulisan pada sel nama menjadi nama default. Untuk skala pengukuran atau tipe data secara default juga dianggap sebagai data kuantitatif. Klik “Next” untuk melanjutkan ke langkah brikutnya.

Loading...

Konfirmasi terakhir terkait data adalah struktur data, pakah data cross section, time series, ataukah jenis lainnya. Anda juga masih bisa melakukan penamaan ulang seri data ini di sini. Klik “Next” membuat workfile Anda.

Masih ada stu konfirmasi lagi, yaitu apakah data dalam workfile Anda ini terhubung dengan data eksternal (Excel) Anda. Jika terhubung maka bila ada perubahan maka data di workfile akan ikut berubah. Sebaliknya jika Anda memilih “No” maka bila ada perubahan di file Excel maka data di Eviews tidak iut berubah.

Sampai di sini kita sudah berhasil membuka data yang akan di analisis. Variabel yang siap digunakan seperti dalam gambar di bawah ini.

Melakukan Analisis

Ada beberapa cara dalam melakukan analisis regresi di Eviews. Salah satunya menggunakan cara berikut ini:

Langkah pertama adalah dengan klik variabel dependent (Y), kemudian tekan tombol “CTRL” (control) pada keyboard dan jangan dilepaskan. Sambil menahan tombol “CTRL” pilih variabel X1 kemudian X2 secara berurutan.

Setelah semua variabel yang dibutuhkan dipilih maka lepaskan tombol “CTRL”. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Tahan atau arahkan kursor mouse di area warna biru atau vaariabel yang diseleksi, kemudian klik kanan lalu pilih “Open”, arahkan ke “as Equation” dan akhiri dengan klik kiri.

Loading...

Kotak dialog equation akan muncul seperti di bawah ini. Yang mencerminkan rumus berikut:

Y = b1 X1 + b2 X2 + a + e. Sepertinya ada yang janggal ya? Benar, konstanta (a) atau dalam equation Eviews adalah “c” berada di belakang.

Anda bisa memindahkan secara manual seperti gambar dibawah ini. Caranya seperti menulis di Ms Word, cukup hapus “c” yang ada di belakang kemudian tulis lagi diantara variabel Y dan X1 seperti gambar berikut ini. Jangan lupa untuk klik “OK” agar komputer melakukan penghitungan regresi.

Luaran penghitungan regresi yang dilakukan Eviews seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Mudah bukan?

Interpretasi koefisien regresi di atas sama saja dengan analisis menggunakan perangkat lunak lainnya. Silakan menuju Laman Ini bila Anda ingin membacanya lebih lanjut. Terimakasih……

One comment

Tinggalkan Balasan