Tips Konferensi Video Agar Kuota Tidak Jebol

Kuliah menggunakan aplikasi konferensi video memang menjadi salah satu solusi paling ampuh ketika sedang melaksanakan social distancing. Namun, ternyata banyak keluhan dari teman-teman guru yang siswanya tiba-tiba out gegara kuota internetnya habis. Saya juga banyak melihat status mahasiswa yang menjerit dalam diam ketika semakin banyak jadwal kuliah daring menggunakan konferensi video. Sebenarnya masalah ini tidak akan berarti apa-apa bila pakai kuota unlimited. Jadi buat kaum tajir kuota melipir dulu ya hahaha….

Baiklah di tulisan ini saya akan bahas bagaimana cara menghemat kuota atau tepatnya bandwidth ketika menggunakan aplikasi koferensi video. Aplikasi yang saya contohkan di sini adalah aplikasi Jitsi Meet yang tutorial penggunaannya sudah saya bahas DI SINI. Perlu diingat bahwa langkah pengehamatan bandwidth ini harus dilakukan oleh dua pihak, yaitu minimal antara presenter dengan Anda. Silakan simak langkah-langkah berikut ini ya….

Pihak Presenter atau Host

Loading...

Sebagai presenter sebaiknya menggunakan gawai PC/Laptop/Tab bersistem operasi Windows/Mac/Linux, tidak disarankan menggunakan Android karena fleksibilitasnya terbatas untuk saat ini. Berikut ini cara mengatur penghematan bandwidth dari sisi presenter:

  • Aktifkan menu piihan kualitas video dengan menekan tombol tiga titik di bagian kanan bawah layar monitor seperti pada gambar di bawah ini.
  • Pilih “Manage video quality” untuk memilih kualitas video yang Anda inginkan
  • Ada tiga pilihan kualitas video yang bisa Anda gunakan yaitu Low, Standard, dan High. Untuk menhemat kuota Anda bisa memilih yang paling rendah yaitu “Low definition”.
  • Sebagai presenter jangan memilih “Low bandwidth” karena Anda jadi tidak bisa menampilkan layar presentasi. Jangan lupa klik “Done” ketika sudah selesai memilih

Pihak Peserta

Sebagai peserta, bila menggunakan aplikasi yang sama dengan presenter yaitu menggunakan web browser maka langkah-langkah penghematan bandwidth sama dengan presenter. Bila menggunakan gawai telepon seluler maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Anda bisa memulai dengan menyentuh tombol tiga titik di sebelah tombol kamera pada sisi sebelah kanan bawah layar seperti berikut ini.
  • Setelah muncul kotak dialog pilihan aksi, maka pilih “Enable low bandwith mode”
  • Nah, sekarang Anda sudah pada mode hemat kuota. Jangan khawatir, tampilan presentasi yang sedang di-share oleh presenter tetap dapat Anda lihat dengan baik. Sejauh pengalaman saya aplikasi inilah yang tampilan videonya paling real time alias lag nya sangat sedikit di kelas aplikasi freemium.
  • Bila Anda ingin berbicara dengan mode video maka jangan lupa untuk mengembalikan ke mode normal (High Definition) dengan cara melakukan “Disable low bandwith mode”.
Loading...

Demikianlah tulisan singkat ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. See U……

Tinggalkan Balasan