Cara Membuat Media Pembelajaran Komunikatif (Video Conference) Gratis Tapi Powerfull

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini media pembelajaran komunikatif menjadi Andalan dalam pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Aplikasi konferensi video (video conference) menjadi sangat populer belakangan ini. Ada banyak pilihan penyedia jasa aplikasi video konferensi yang bisa di pilih secara gratis maupun berbayar. Tentu saja pilihan yang pertama memiliki banyak keterbatasan dan pilihan kedua sering terlalu mahal, apalagi bagi guru.

Loading...

Nah kali ini saya akan membahas pilihan pertama yaitu gratis, namun mempunyai fitur-fitur yang sudah sangat cukup bagi guru/dosen yang ingin menggelar kelas tatap maya bagi peserta didiknya. Mengapa bisa gratis namun powerfull dan bagaimana cara menggunakannya bisa Anda baca Di SINI. Kali ini saya akan mencontohkan bagaimana membuat ruang pertemuan tatap maya yang bisa kita gunakan secara fleksibel untuk mendukung pembelajaran kita sebagai guru/dosen. Baiklah, langsung saja kita mulai langkah-langkah sebagai berikut:

  • Selanjutnya buatlah nama ruang virtual yang diinginkan. Caranya dengan meletakkan kursor mouse di kotak nama room di bagian awal seperti gambar di bawah ini.
  • Buat nama room yang unik dan mencerminkan nama kelas yang kita ampu. Jangan menggunakan nama umum karena berpotensi adanya partisipan yang tidak kita inginkan masuk ke ruang virtual kita.
  • Contoh ruang virtual di bawah ini adalah salah satu nama unik yang masih jarang digunakan. Setelah itu silakan klik “GO”
  • Selanjutnya kita akan diarahkan ke laman start meeting yang berisi link ruang virtual kita. Silakan klik tanda copy (salin).
  • Berikut ini adalah link ruang virtual yang dihasilkan https://meet.jit.si/Kelas7cMatematika.
  • Langkah berikutnya adalah memasuki ruang virtual ini. Silakan klik tombol “Join meeting” untuk memulainya.
  • Ada baiknya kita memberi password untuk ruang virtual kita untuk menghindari partisipan yang tidak berkepentingan masuk ke ruang virtual kita. Silakan klik tanda/tombol perisai berwarna oranye atau “Security options” di pojok kiri bawah layar seperti gambar di bawah ini.
  • Silakan isi password dengan klik “Add password”.
  • Isi password lalu jangan lupa tekan “enter” sehingga tanda “CancelAdd” berubah menjadi “RemoveCopy”.
  • Berikut ini contoh pengisian password yang sudah benar. Setelah dianggap cukup maka silakan tutup jendela ini.
  • Bila berhasil maka tanda perisai (security) akan berubah menjadi berwarna hijau.
  • Bila Anda belum sempat copy link ruang virtual, Anda bisa mendapatkan melalui tombol add partisipan atau invite. Anda bisa melakukan pengiriman melalui email atau link url.
  • Link url yang dihasilkan adalah sebagai berikut https://meet.jit.si/Kelas7cMatematika tanpa disertai password karena password tidak tersimpan dan hanya bisa disetting ketika ruang virtual sedang digunakan. Jadi password ini bersifat tidak tetap, sehingga diperlukan kesepakatan atau informasi terlebih dulu kepada partisipan, juga sangat penting untuk membuat nama ruang virtual yang unik disertai penyebaran yang terbatas.
Loading...

Demikian tutorial singkat ini, tentu saja fasilitas ruang virtual ini tidak selengkap dan seprivasi ruang virtual berbayar, namun sudah sangat membantu bagi kita yang tidak mempunyai dana yang cukup untuk membeli ruang virtual yang berbayar. Tentu saja tutorial aplikasi ini memang tidak ditujukan bagi Anda yang sudah punya akun aplikasi konferensi video premium atau yang punya dana berlebih untuk rencana pembelian akun premium tersebut. Semoga bermanfaat….

Tinggalkan Balasan