Aplikasi Konferensi Video Super Simpel dan Gratis

Sudah menjadi janji saya dalam sebuah percakapan grup sosial media kerja saya, bahwa saya akan memberikan tutorial ringkas sekaligus sedikit review tentang aplikasi konferensi video yang gratis tis… Ya, gratis di sini dimaksudkan bahwa kita tidak menggunakan versi simpel, lite, trial atau apapun lah istilahnya karena aplikasi yang saya ulas nanti memang diberikan secara cuma-cuma dengan versi penuh (full version). Tidak seperti aplikasi gartis lain yang banyak sekali batasannya dan kita harus membayar sejumlah uang bila ingin terus menggunakan atau mengakses fitur versi penuhnya.

Aplikasi ini bernama “Jitsi”. Mengapa bisa gratis? Singkatnya aplikasi ini diciptakan oleh seorang mahasiswa bernama Emil Ivov dari Universitas Strasbourg Prancis. Jitsi kemudian dikembangkan oleh banyak pegiat pemrograman secara terbuka (open source) dan pada akhirnya diakuisi oleh sebuah perusahaan bernama Atlassian yang telah melakukan investasi jangka panjang agar proyek terbuka ini tetap berjalan terus.

Langsung saja untuk menggunakan aplikasi ini Anda cukup mengunjungi laman https://jitsi.org/. Anda tidak perlu melakukan instalasi bahkan registrasi untuk menggunakannya, kecuali bila Anda menggunakan perangkat mobile (Android atau iOS), Anda hanya perlu menginstall aplikasi Jitsi Meet tanpa perlu registrasi. Berikut tutorial singkat penggunaannya.

Memulai Konferensi Menggunakan Laptop (Web)

  • Buka Web Browser Anda lalu kunjungi laman https://jitsi.org/, tampilannya kira-kira seperti ini.
  • Anda bisa langsung memulai video konferensi dengan klik tombol “Start a Call”, tampilannya seperti gambar di bawah ini.
  • Berikutnya ada notifikasi ijin akses mikrofon dan kamera laptop Anda, pilih aja “Allow”.
  • Sekarang Anda sudah online. Selanjutnya Anda perlu memberitahu audiens Anda untuk bergabung.
  • Url kamar konferensi Anda ada di bagian Url browser Anda, misalnya Url ini  https://meet.jit.si/SlowOrganismsEmancipateImpartially, oh ya penamaan kamar ini dilakukan acak oleh sistem, kecuali bila Anda memulainya dari HP Android, Anda bisa membuat nama kamar sendiri.
  • Anda juga bisa mengetahui sekaligus menyalin url di bagian tombol informasi di sebelah kanan bawah layar
  • Selain informasi alamat URL kamar konferensi, Anda juga bisa menambahkan password untuk memproteksi kamar Anda dari audiens yang tidak dikehendaki
  • Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat kamar konfrensi Anda dan tunggu peserta bergabung di konfrenesi Anda.

Bergabung Sebagai Partsipan Menggunakan Laptop (Web)

Bila Anda sebagai audiens, maka Anda tidak perlu membuat kamar sendiri, Anda cukup bergabung dengan kamar yang telah dibuat oleh host konferensi Anda. Cara bergabungnya juga sangat simpel.

  • Anda cukup menempelkan alamat URL kamar konferensi yang Anda peroleh dari host Anda. Dalam contoh ini saya menggunakan https://meet.jit.si/PendidikanEkonomi karena saya memulai dari HP sehingga saya bisa membuat nama kamar sendiri.
  • Ketika Url tersebut dibuka, Anda akan langsung terhubung dengan konferensi yang sedang berlangsung.
  • Bila ada password, Anda tinggal memasukkan password yang diberikan Host.
  • Sampai di sini Anda sudah dapat dengan mudah bergabung dengan sebuah konferensi video.

Menginstall Aplikasi Jitsi Meeting di Android

Sebenarnya tutorial ini tidak begitu penting bagi Anda, karena saya percaya Anda sudah terbiasa menginstall aplikasi di Android, namun tidak ada salahnya saya juga ya saya contohkan di sini.

  • Langkah pertama tentunya adalah membukan Google PlayStore kemudian ketik “Jitsi”, maka akan keluar aplikasi “Jitsi Meet” seperti berikut ini.
  • Lanjutkan dengan sentuh tombol “Instal” lalu tunggu proses download selesai dan APK berhasil dipasang.
  • Setelah berhasil dipasang, buka aplikasi tersebut maka Anda sudah siap memulai atau bergabung pada sebuah konferensi. Oh ya, ada baiknya Anda mengatur nama online Anda dengan cara menyentuh tombol menu di bagian kanan atas layar.
  • Pilih “Settings” untuk mengganti nama dan email default.
  • Anda cukup mengganti bagian “Display name” dan “Email” saja
  • Sampai di sini Anda sudah siap memulai atau bergabung dalam sebuah konferensi

Memulai Konferensi atau Bergabung Sebagai Partisipan Menggunakan HP Android

Langkah memulai sebuah konferensi di Jitsi Meet juga sangat simpel. Langkah membuat kamar dan bergabung dengan konferensi yang sudah berjalan kurang lebih sama. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Aplikasi Jitsi Meet Anda
  • Buatlah nama kamar konferensi di bagian “Enter room name” pada contoh ini saya membuat nama kamar “PendidikanEkonomi”. Jangan lupa sentuh tombol “CREATE / JOIN”
  • Bila ada notifikasi perizinan akses perangkat Anda silakan pilih “IZINKAN”
  • Nah, sampai di sini Anda sudah berhasil membuat kamar konferensi atau bergabung dalam sebuah konferensi yang sudah berjalan.

Menampilkan Layar Presentasi

Anda bisa memulai presentasi dengan menampilkan layar yang akan Anda tampilkan. Caranya adalah dengan menekan gambar monitor di bagian kiri bawah layar.

Loading...

Kemudian Anda akan diminta memilih layar mana yang Anda tampilkan. Karena kebetulan saya menggunakan dua layar monitor sekaligus maka ada pilihan screen 1 atau screen 2. Anda juga bisa memilih hanya jendela aplikasi tertentu saja, misalnya PowerPoint. Selain itu Anda juga bisa memilih salah satu Tab di web broser Anda. Setelah Anda pilih jendela atau layar mana yang akan ditampilkan jangan lupa klik tombol “Share”.

Memberi Tanda Ingin Berbicara

Dalam sebuah konferensi siapapun yang akan berbicara memiliki aturan yang berlaku umum, dimana tidak setiap orang bisa bicara semaunya. Nah, dalam konferensi online juga seperti itu hanya peserta yang diberi kesempatan oleh moderator saja yang boleh berbicara. Bila Anda ingin berbicara atau menjawab sebuah pertanyaan Anda bisa memberi tanda Angkat tangan. Secara virtual Anda bisa mengankat tangan Anda dengan menekan tombol angkat tangan di sebelah tombol monitor.

Bila Anda sudah menekan tombol angkat tangan, maka di layar host akan muncul pemberitahuan dan di jendela tampilan akun Anda akan muncul tanda bahwa Anda sedang angkat tangan.

Bila Anda sudah selesai berbicara, Anda bisa menurunkan tangan virtual Anda dengan menekan tombol angakat tangan tersebut sekali lagi. Oh ya, sebaiknya setiap peserta tidak berbicara sebelum dipersilakan oleh moderator.

Memulai Chat

Loading...

Selain komunikasi lewat suara, konferensi online ini juga mendukung komunikasi lewat teks. Peserta bisa mengirimkan pesan secara umum melalui kotak pesan yang disediakan. Anda bisa memulai mengirim pesan dengan menekan tombol chat di bagian kiri bawah layar.

Setelah kotak chat terbuka, Anda bisa mulai mengetik isi pesan dan akhiri dengan menekan tombol “Enter” di keyboard untuk mengirimnya.

Tidak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan Jitsi ini. Saat ini memang fitur-fitur yang disediakan oleh Jitsi memang masih belum selengkap aplikasi yang berbayar, terutama yang versi Androi atau iOS. Namun saya kira fitur-fitur utamanya sudah lebih dari cukup untuk digunakan dalam kelas online. Terutama kestabilan dan ketersediaan bandwidth server, pengalaman saya ketika menggunakan termasuk yang paling dapat diandalkan. Selamat Mencoba……

2 comments

Tinggalkan Balasan