Cara Register Akun di OJS 3

Untuk menjadi user aktif di laman jurnal online kita harus melewati tahap registrasi ini. Baik untuk menjadi penulis atau peran-peran lainnya, kita harus terdaftar di sistem jurnal online tersebut. Agar kita terdaftar kita bisa melakukan registrasi sendiri atau didaftarkan oleh pengelola jurnal yang berperan sebagai journal manager atau site administration.

Loading...

Berikut ini adalah salah satu contoh proses registrasi user di salah satu jurnal online yang menggunakan OJS versi 3.2:

  • Langkah pertama adalah mengunjungi laman jurnal yang kita tuju misalnya dalam contoh ini adalah Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) yang beralamat di url https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/ bila menu atau tombol “Register” belum tersedia di laman tersebut biasanya journal manager lupa atau belum mengaktifkannya, Anda bisa langsung ke halaman hostingnya, misalnya di contoh ini host jurnal tersebut ada di alamat https://ejournal.unesa.ac.id/  
  • Menu “Register” biasanya ada di sebelah kanan atas laman atau di bagian navigasi utama seperti gambar di bawah ini
  • Silakan klik “Register” maka Anda akan diarahkan pada laman registrasi seperti gambar di bawah ini.
  • Isikan nama lengkap Anda baik itu nama depan, tengah, dan belakang. Khusus untuk nama belakang jangan disingkat karena metadata yang diindeks oleh mesin pengindeks terutama adalah nama belakang kemudian nama depan. Bila nama Anda hanya terdiri satu kata silakan isi nama Anda di nama belakang, sedangkan di nama depan boleh diberi inputan yang sama dengan nama belakang atau hanya huruf depannya saja. Jadi sekali lagi yang terpenting adalah nama belakang.
  • Selanjutnya isi nama instansi sebagai afiliasi Anda. Silakan tulis nama resmi instansi secara tepat. Tidak perlu menerjemahkannya ke dalam bahasa Ingrris atau bahasa yang lain, seperti halnya nama Anda yang tidak perlu diterjemahkan.
  • Selanjutnya isi negara afiliasi Anda.
  • Untuk bagian Login, silakan isi email Anda dengan benar, dianjurkan untuk email yang terkoneksi dengan handphone agar bila ada notifikasi hasil keputusan editor bisa dengan cepat diketahui.
  • Isikan username yang Anda inginkan dan mudah diingat.
  • Isi password untuk login dan ulangi password tersebut di kotak “Repeat password”.
  • Bila Anda mendaftar di laman hosting maka Anda akan mendapatkan pilihan mendaftar di jurnal mana saja di site tersebut. Anda bisa memilih semua jurnal atau beberapa jurnal yang terkait dengan bidang Anda saja. Bila Anda melakukan registrasi di salah satu laman jurnal, maka Anda hanya akan teregister di jurnal tersebut dan bisa ngeditnya lagi di lain kesempatan untuk jurnal lain di host tersebut.
  • Silakan pilih peran Reader dan Author bila Anda hanya ingin berperan sebagai penulis. Banyak juga dari penulis yang melewatkan bagian ini dan mencentang sebagai Reader saja sehingga nanti tidak bisa melakukan submission artikel. Bila sudah terlanjur, Anda bisa menghubungi pengelola jurnal untuk dienrol sebagai author.
  • Bila Anda ingin mendaftar sebagai Reviewer juga silakan isi bidangn kelimuan dan minat Anda.
  • Setelah semua terisi dengan benar maka akhiri dengan klik “Register”.
Loading...

Demikianlah salah satu contoh tahapan melakukan registrasi di laman jurnal ilmiah yang menggunakan sistem pengelolaan OJS versi 3. Semoga bermanfaat…

One comment

Tinggalkan Balasan