Cara Mensubmit Artikel di OJS 3

Untuk melakukan penyerahan (submit) naskah artikel di jurnal ilmiah yang menggunakan platform OJS, kita harus terdaftar dulu sebagai penulis di jurnal tersebut. Cara mendaftar sebagai penulis bisa Anda baca Di Sini. Bila sudah terdaftar, silakan login di laman jurnal tersebut kemudian mengikuti proses submission sampai selesai. Berikut ini adalah salah satu contoh langkah-langkahnya:

  • Ketika Anda sudah berhasil login, Anda bisa langsung klik tautan “Make a New Submission” atau cari di navigasi utama (navbar) di bagian “About” lalu klik “Submissions”.
  • Pilih section yang Anda tuju biasanya adalah section “Article” atau “review”. Bila ada informasi tabahan untuk disampaikan kepada editor silakan isi kotak komentar kepada editor. Bila tidak ada boleh dibiarkan kosong. Setelah selesai klik tombol “Save and continue”.
  • Setelah itu Anda akan langsung diarahkan ke kotak dialog “Upload Submission File”, silakan upload file naskah Anda dengan cara klik tombol “Upload File” lalu cari file di temapat penyimpanan atau tarik (drag and drop) file tersebut ke kotak dengan batasan garis putus-putus seperti di gambar di bawah ini. Setelah berhasil terupload maka tombol “Continue” akan aktif. Kita tidak bisa continue bila belum ada file yang berhasil diunggah, tidak seperti di OJS 2 yang tetap bisa melanjutkan proses submission walaupun file tidak berhasil diunggah.
  • Selanjutnya akan menuju ke kotak dialog review file unggahan. Kita bisa melihat kembali apakah file unggahan sudah benar. Klik tombol “Continue” bila sudah dianggap benar.
  • Selain naskah artikel, Anda juga bisa menambahkan file pendukung, misalnya output penghitungan atau data set. Untuk mengungah file tambahan tersebut, Anda bisa klik tombol “Upload File” dan kemudian mengunggah file-file yang diperlukan dengan tahapan seperti mengunggah naskah artikel tadi.
  • Misalnya di contoh ini saya menambahkan satu file pendukung yaitu data set, maka file yang akan diajukan sebanyak dua file yang kita bisa cek di bagian “Submission Files”. Setelah semua file yang akan kita kirimkan sudah terunggah semua, maka silakan klik tombol “Save and continue”.
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi metadata naskah artikel. Silakan ketik judul artikel Anda di kotak “Title”. Kemudian masukkan abstraknya di kotak “Abstract”.
  • Bila ada penulis kedua atau kontributor silakan klik tombol “Add Contributor”.
  • Silakan isi identitas author atau kontributor tambahan, diantaranya adalah nama lengkap, email, dan negara asal.
  • Pilih peran kontributor yang Anda masukkan, sebagai penulis atau penterjemah. Centang bagian korespondensi bila ia berperan sebagai penulis utama atau koresponden submission ini. Setekah semua data yang diperlukan diisi dengan tepat, akhiri dengan klik tombol “Save”.
  • Selanjutnya masukkan keyword artikel Anda per kata keyword lalu tekan “enter”, ulangi sampai semua keyword dimasukkan.
  • Pada kotak “References” masukkan semua referensi di artikel Anda. Perlu diingat hanya referensi yang disitasi saja yang dimasukkan, baik di kotak ini maupun di artikel Anda. Akhiri tahap ini dengan klik tombol “Save and continue”.
  • Selanjutnya adalah dialog konfirmasi bahwa naskah dan data sudah siap diunggah. Silakan silakan klik tombol “Finish Submission” untuk mengeksekusinya.
  • Kotak dialog konfirmasi terakhir akan muncul dan menanyakan apakah Anda yakin untuk melakukan submission?. Klik “OK” jika setuju.
  • Selamat, Anda sudah berhasil menyelesaikan seluruh proses submit. Sekarang Anda tinggal menunggu respons editor yang akan memproses ke tahap selanjutnya atau mendapat penolakan.
Loading...
Loading...

Demikianlah contoh singkat tentang proses submit artikel di jurnal ilmiah yang menggunakan OJS 3. Semoga artikel Anda diterima dan cepat diterbitkan.

Tinggalkan Balasan