STEP RECORDER, FITUR “TERLUPAKAN” YANG SANGAT MEMBANTU UNTUK MEMBUAT MODUL

Ketika membuat modul materi yang menunjukkan sebuah proses produktif kepada siswa, seringkali kita menyajikan tahapan-tahapan tindakan tertentu. Misalnya sebuah modul pengolahan data statistik menggunakan bantuan komputer yang sebagian besar berupa tahapan-tahapan proses yang dilakukan siswa secara mandiri. Bila kita ingin membuat modul tertulis baik dalam format cetak maupun elektronik untuk e-learning penggambaran tahapan ini sangat penting.

Silakan lihat contoh tahapan-tahapan pada artikel di link ini atau gambar tahapan membuka step recorder di bagian bawah tulisan ini. Untuk memudahkan kita dalam menangkap tampilan layar monitor komputer dan secara otomatis merekam tindakan kita dalam format gambar, di sistem operasi (OS) Windows sudah disediakan sebuah fitur yang sangat berguna oleh pengembangnya. Fitur ini dinamakan step recorder, dengan menggunakan fitur ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi penangkap tampillan layar atau screenshot. Kita juga tidak perlu mengedit gambar yang dihasilkan untuk menandai tombol atau bagian mana yang diklik. Di setiap tangkapan gambar yang dihasilkan juga sudah disertai keterangan tindakan yang dilakukan secara lengkap.

Kebanyakan pengguna windows tidak banyak yang tahu dengan fitur ini. Padahal step recorder ini sudah disediakan sejak lama. Saya tidak tahu persis sejak kapan fitur ini ada, namun sejak saya menggunakan Windows 7 atau tepatnya 10 tahun lalu fitur ini sudah tersedia.

Untuk membuka fitur ini silakan masuk ke menu “Search” di Windows Anda. Anda bisa langsung masuk di kotak “Search” di bagian kiri bawah layar Windows 10 Anda, atau dengan klik kanan gambar Windows lalu piih “Search”, atau bisa juga denga keyboard dengan menekan tombol Windows+S. Tahapan langkah ini bisa Anda lihat di gambar berikut ini yang juga menggunakan output dari step recorder.

Loading...

Bila panel step recorder sudah muncul, maka tinggal klik “Start Record” maka semua tindakan Anda di komputer Anda akan terekam. Setiap klik dan scrol mouse akan terekam, juga tombol keyboard yang Anda tekan.

Bila panel sudah berubah seperti gambar di bawah ini berarti proses perekaman sedang berlangsung. Anda bisa melakukan jeda (pause) atau Stop Record setelah proses selesai. Disarankan untuk tidak merekam terlalu panjang, karena selain tidak efektif dan sebaiknya tahapan dijelaskan perbagian, juga karena menghindari error yang mengganggu di tengah jalan.

Loading...

Ketika tombol “Stop Record” ditekan, maka Anda akan mendapatkan hasil perekaman seperti contoh di atas. Selain itu di bagian akhir akan diberikan tambahan detail hasil perekaman seperti gambar di bawah ini.

Adanya fitur ini telah banyak membantu saya untuk melakukan tangkapan layar yang mudah dan penting, terutama yang tidak bisa dilakukan oleh “Snipping Tool”. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memudahkan pekerjaan-pekerjaan Anda. Terimakasih….

Tinggalkan Balasan