Contoh Video Pembelajaran Untuk Aktivasi dan Meningkatkan Motivasi

Saya sudah sering menggunakan video sebagai media pembelajaran di dalam kelas jauh sebelum pembelajaran online banyak dibahas. Namun pada saat itu video saya gunakan lebih pada untuk meningkatkan motivasi belajar dan hanya sesekali untuk memperlihatkan urutan proses suatu kegiatan atau produksi. Pada saat itu saya banyak dicibir beberapa orang karena dianggap malas dan hanya mengandalkan alat.

Dulu, ketika kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Bandung Jawa Barat di tahun 2005-an salah satu dosen saya juga sering menggunakan video dalam pembelajarannya. Ketika itu saya belum banyak belajar tentang ilmu pendidikan jadi saya anggap itu biasa saja dan hanya sekedar pengurai kebosanan dalam belajar. Toh waktu itu saya hanya mengganggap video yang ditampilkan hanya video humor dan video motivasi yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran.

Semakin hari berjalan, ketika saya mulai untuk sedikit belajar tentang ilmu pendidikan, saya baru menyadari bahwa ternyata video mempunyai banyak sekali peran dalam mendukung pembelajaran. Ada tiga peran utama video dalam pembelajaran, yaitu: untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan keterampilan, menyajikan pengalaman, dan untuk memperbaiki motivasi dan perasaan.

Kali ini saya akan memberikan contoh bagaimana video dapat digunakan untuk memperbaiki motivasi dan perasaan peserta didik. Paling tidak ada tiga jenis video yang dapat digunakan untuk tujuan ini, diantaranya adalah:

1. Merangsang nafsu untuk belajar, misalnya dengan mengungkapkan daya tarik subjek

Orang dewasa akan tertarik untuk belajar ketika mengetahui hal-hal yang belum banyak orang lain ketahui namun dekat atau terkait dengan kehidupan atau pengetahuannya sebelumnya. Memberikan informasi atau pengetahuan yang baru pada peserta didik dengan cara yang menarik seperti menggunakan video di bawah ini adalah salah satunya.

Loading...

Siapa yang tidak tahu dengan ban karet yang jamak digunakan pada alat transportasi di seluruh pelosok penjuru tanah air, namun bagaimana kalau ban karet itu digunakan untuk pesawat terbang? Ternyata ada hal yang menarik dan penuh unsur sains di dalamnya. Memberikan informasi seperti ini dapat merangsang siapapun untuk belajar sesuatu mulai dari yang paling kecil dan sederhana, yang ternyata hal-hal kecil itu sangat menentukan kehidupan banyak manusia.

2. Memacu aksi, memprovokasi pemirsa untuk bangkit dan melakukan sesuatu

Masalah motivasi belajar anak adalah masalah yang paling umum. Tidak hanya di Indonesia, di seluruh belahan dunia manapun hampir sama. Video di bawah ini adalah salah satu video yang luar biasa, tentang bagaimana seseorang manusia yang mempunyai keterbatasan fisik namun tetap semangat belajar dan belajar. Ia ingin hidup seperti manusia normal, ia berusaha tanpa menyerah. Kegagalan baginya adalah hal yang biasa, namun ia tidak pernah menyerah. Hasil kegigihan dalam belajar itu membuatnya ia tidak lagi dipandang sebelah mata, bahkan saat ini ia bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh banyak orang normal.

3. Memotivasi penggunaan strategi dengan menunjukkan keberhasilannya, misalnya teknik ujian atau trik menjadi juara

Loading...

Menunjukkan cara menyelesaikan sesuatu yang sulit dengan pendekatan yang berbeda atau lebih menarik, akan memicu siapa saja untuk bisa melakukan hal serupa. Menunjukkan keberhasilan mengerjakan soal-soal yang sulit dari sebuah tes adalah salah satu contohnya. Video ini dapat digunakan untuk memotivasi siapapun untuk mulai belajar dan menemukan berbagai cara dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Video-video di atas dapat sangat efektif digunakan untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Kita bisa membuat video-video sejenis yang lebih cocok dengan situasi dan kondisi peserta didik kita. Kita juga bisa menggunakan banyak video hebat hasil karya orang lain yang bisa digunakan secara terbuka.

Tentu saja video ini bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran secara online, namun dalam pembelajaran di dalam kelas pun juga sangat bermanfaat. Melihat video-video tersebut di dalam kelas secara bersama-sama akan menimbulkan ikatan emosional antar peserta didik juga dengan gurunya.

Tinggalkan Balasan