Hadad Alwi Sholawat Nabi

PAI Kelas 4 Pelajaran 5: Aku Cinta Nabi dan Rasul

Mari kita bersalawat “Ya Nabi Salam Alaika”

  1. Ya Nabi Salam Alaika, Ya Rasul Salam Alaika, Ya Habib Salam Alaika, Salawatullah Alaika. Asyraqal Badru ‘Alaina, Fakhtafat Minhul Buduru, Misla Husnik Ma Roaina,  Khattu Ya Wajha Sururi.
  2. Ya Nabi Salam Alaika, Ya Rasul Salam Alaika, Ya Habib Salam Alaika, Salawatullah Alaika. Anta Syamsun Anta Badrun, Anta Nurun Fauqa Nuri. Anta Iksiru Waghali, Anta Misbahus Suduri
  3. Ya Nabi Salam Alaika, Ya Rasul Salam Alaika, Ya Habib Salam Alaika, Salawatullah Alaika. Ya Habibi ya Muhammad, Ya Arusal Khafiqaini, Ya Muayyad Ya Mumajad, Ya Imamal Qiblataini.

Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s.

Nabi Ayyub a.s. adalah keturunan Nabi Ishaq a.s. bin Ibrahim a.s. Beliau adalah seorang nabi yang kaya raya. Binatang ternaknya banyak. Meski ladangnya luas, beliau tidak pernah sombong.

Nabi Ayyub a.s. terkenal sabar dan dermawan. Suka menolong fakir miskin, yatim-piatu, dan orang-orang yang membutuhkan.

Nabi Ayyub a.s. pemah mendapat ujian dari Allah. Hartanya yang banyak hari demi hari berkurang sehingga ia jatuh miskin. Walaupun miskin, ia tidak mengemis, imannya tidak goyah karena ia ingat bahwa ketika lahir ke dunia pun tidak mempunyai apa-apa. Harta datang dari Allah dan kembalinya manusia pun karena Allah.

Kisah Teladan Nabi Musa a.s.

Nabi Musa a.s. lahir di zaman Raja Fir’aun. Di masa itu, Fir’aun meinerintahkan setiap bayi laki-laki yang lahir harus dibunuh karena pengaruh mimpinya. Menurut ahli nujumnya, mimpi Raja Fir’aun menandakan akan lahir seorang bayi laki-laki dari Bani Israil yang kelak akan membinasaan kekuasaannya. Raja Fir’aun terkenal sombong dan mengaku dirinya. sebagai Tuhan.

Kelak Nabi Musa a.s. yang penolong ini mampu mengalahkan Raja Fir’aun yang sombong beserta para pengikutnya. Raja Fir’aun dan bala tentaranya pun akhirnya ditelan oleh laut merah sebagai peringatan bagi siapa saja yang sombong.

Kisah Teladan Nabi Harun a.s.

Nabi Harun a.s. adalah kakak kandung Nabi Musa a.s.. Tutur katanya fasih, perilakunya santun, dan kesetiaannya kepada Nabi Musa a.s. sangat besar. Nabi Harun a.s. selalu mendampingi Musa a.s. ketika menemui Firaun.

Kesetiaan Harun a.s. diabadikan di dalam al-Qur’ “an. Ayat 47 surah Toha menceritakan bagaimana Nabi Harun a.s. dan Nabi Musa a.s. diutus untuk melindungi Bani Israil dari kejahatan Raja Fir’aun.

Kisah Teladan Nabi Zulkifli a.s.

Zulkifli a.s., nama aslinya adalah Basyar. Nama Zulkifli didapatkan ketika seorang raja bernama Ilyasa’ (Nabi Ilyasa’) mengumpulkan rakyatnya. Raja itu bertanya, “Siapakah yang sanggup berlaku sabar, jika siang berpuasa dan jika malam beribadah, maka ia akan diangkat menjadi raja”

Tak seorang pun berani menyatakan kesanggupannya. Akhirnya anak muda bemama Basyar mengacungkan tangan dan berkata, “Saya sanggup Tuanku.” Sejak saat itulah ia dipanggil Zulkifli, yang artinya “sanggup”.

Nabi Zulkifli a.s. adalah putra Nabi Ayyub a.s.. Seperti ayahnya, ia juga mempunyai sifat yang sabar dan teguh, serta taat beribadah.

Nabi Zulkifli a.s. kemudian diangkat menjadi raja. Pada masa kepemimpinannya, ia berjanji kepada rakyatnya untuk menjadi hakim adil. Di waktu malam, ia beribadah dan di waktu siang ia berpuasa. Ia melakukan salat seratus kali dalam sehari. Tidurnya di waktu malam hanya sebentar.

Latihan Soal PAI Kelas 4 Pelajaran 5

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Loading...

Latihan Soal PAI Kelas 4 Pelajaran 5

Untuk latihan soal PAI kelas 4 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 4

Latihan Soal PAI Kelas 4 Versi Android

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 4 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 4

NB:

Loading...

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Buku Digital PAI Kelas 4

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 4

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

Tinggalkan Balasan